Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dybala.maskAvatar border
TS
dybala.mask
RI Disebut Butuh Pemimpin seperti Putin, PDIP: Fadli Rindu Orde Baru
JAKARTA, iNews.id – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyindir keras situasi bangsa sekarang ini. Menurut politikus Partai Gerindra itu, Indonesia butuh pemimpin seperti Vladimir Putin. Selain itu tidak banyak berutang dan plonga-plongo.

Pernyataan yang diunggah di akun Twitter-nya, Jumat (30/3/2018) itu pun direaksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno justru melihat Indonesia tak butuh pemimpin seperti Putin di Rusia. Yang dibutuhkan Indonesia adalah pemimpin merakyat.

"Pemimpin otentik, yang mampu mendayagunakan semua kekuatan bangsa untuk kemajuan dan keadilan," ujar Hendrawan kepada iNews.id, Jumat (30/3/2018).

Hendrawan mengaku tak aneh dengan komentar Fadli Zon. Menurutnya, Fadli kerap membuat sindiran terhadap pemerintah, baik dengan komentar langsung maupun lewat puisi.

"Tidak tahu apakah itu menyindir Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo). Mungkin demikian mengingat beberapa kali Fadli Zon membuat sindiran melalui puisi," ujarnya.

Politikus kelahiran Cilacap, Jawa Tengah ini mengingatkan, Putin adalah pemimpin otoriter. Lawan politiknya yang potensial pun tak segan-segan dijegal. Semua instrumen pemenangan, termasuk tentara dan intel digunakan, dan rakyat tidak diberi pilihan leluasa.

Karena itu dia mempertanyakan apakah pemimpin yang dimaksud Fadli Zon sebagai pemimpin diktator yang murah hati (benevolent dictatorship) dalam sistem politik hegemonik seperti Indonesia pada era Orde Baru.

"Fadli Zon lupa bahwa Indonesia sudah masuk era demokrasi di mana partai politik pemenang suaranya tidak lebih dari 20%," kata dia. Hendrawan juga mempertanyakan apakah yang dimaksudkan Fadli Zon adalah ingin kembali ke masa-masa Orde Baru.

Adapun mengenai utang, menurut dia bukan masalah sepanjang pengelolaannya bagus. Dengan demikian utang tersebut digunakan secara transparan, bertanggung jawab, dan produktif.

"Utang-utang berbunga tinggi harus ditukar dengan yang bunganya lebih rendah. Penggunaannya juga harus ekstra hati-hati, enggak sembarangan," ujar ahli ekonomi ini.

http://www.inews.id/news/read/ri-dis...indu-orde-baru

Fadli Zon Sebut RI 'Butuh' Putin, NasDem Terbahak-bahak

Jakarta - Pernyataan Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon yang menyebut RI butuh sosok pemimpin seperti Presiden Rusia Vladimir Putin mendapat atensi tersendiri dari NasDem, partai pengusung Joko Widodo di 2019. Mereka menertawakan Fadli.

"NasDem mendengar komentar Pak Fadli merasa lucu dan terbahak bahak," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate kepada wartawan, Jumat (30/3/2018).

Baca juga: PSI Anggap Fadli Hina Jokowi soal Tweet Pemimpin Seperti Putin

Menurut Johnny, pemimpin seperti Putin bukanlah sosok ideal untuk bangsa ini. Kultur Indonesia dan Rusia, katanya, sangat jauh berbeda. Jadi, seorang Putin--ataupun yang sifatnya mirip--dianggap Johnny kurang pas memimpin Indonesia yang menganut demokrasi.

Jika Fadli 'butuh' Putin, Johnny punya satu saran. Fadli sebaiknya pindah negara saja.

"Kalau ingin seperti Putin, pindah saja ke Rusia. Indonesia kepemimpinan kultur nusantara, kultur membangun perekonomian kita dengan cara gotong royong, relasi internasional dengan pendekatan soft power, pendekatan-pendekatan nonmiliter. Yang halus, bukan kasar," tutur Johnny.

Baca juga: Fadli Zon: RI Butuh Pemimpin Seperti Putin, Nggak Planga Plongo

Bola panas RI 'butuh' Putin dilontarkan Fadli dalam akun Twitter-nya. Fadli ingin Indonesia dipimpin sosok yang tidak plonga plongo.

"Klu ingin bangkit n jaya, RI butuh pemimpin spt Vladimir Putin: berani, visioner, cerdas, berwibawa, nggak byk ngutang, nggak planga plongo," cuit Fadli di akun @fadlizon yang dikutip detikcom.
(gbr/gbr)
https://news.detik.com/berita/d-3945629/fadli-zon-sebut-ri-butuh-putin-nasdem-terbahak-bahak

RI Disebut Butuh Pemimpin seperti Putin, PDIP: Fadli Rindu Orde Baru
0
2.5K
36
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan