Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bringharjoAvatar border
TS
bringharjo
Soal Ikan Makarel Bercacing, KKP: Diduga Berasal Dari China


Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberi kesimpulan sementara bahwa ikan makarel bercacing yang ditemukan pada 27 merek makanan olahan bersumber dari laut China dan diekspor ke Indonesia dari negeri tirai bambu tersebut.

"ini kan diduga berasal dari hasil penangkapan ikan oleh armada perikanan China, karena sarden yang terkontaminasi dalam keadaan jadi, berasal dari China," kata Direktur Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Makarel yang mengandung cacing pun bukan hanya menyerang produk impor. Makarel olahan dalam kaleng yang diproduksi di dalam negeri pun juga mengandung cacing. Setelah ditelusuri, ikannya dipasok dari China juga.

"Ternyata cacing dalam makanan kaleng tadi bukan hanya ditemui dari produk impor tapi juga dari produk di dalam negeri. Produk di dalam negeri ditelusuri ternyata bahan bakunya diimpor dari China," ujarnya.

Jika dugaan tersebut benar, artinya makarel bercacing berasal dari China, dia mengatakan KKP akan melakukan pembicaraan dengan pihak China yang terkait dengan itu.

"(Pembicaraan dengan China) tergantung nanti hasilnya. Apabila mengerucut, tentu kita ingin mempelajari lebih jauh. Maksudnya mengerucut memang (makarel tersebut) berasal dari satu titik yang sama yang diimpor dari China," tambahnya.

Hingga kini, pihaknya pun masih menelusuri lebih lanjut kasus mengenai 27 merek ikan makarel kalengan yang mengandung parasit cacing. KKP bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Jadi intinya kita sekarang KKP dengan BPOM, KKP lintas eselon 1 sedang mempelajari mengenai karakteristik cacing ini," jelasnya. (/zlf)

Sumber


selalu bikin susahemoticon-Najis
0
2K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan