Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

selldombaAvatar border
TS
selldomba
Sebut Cacing Ikan Sarden Berprotein dan tak Bahaya, Dokter Ini Suruh Menkes Kasih Con
Sebut Cacing Ikan Sarden Berprotein dan tak Bahaya, Dokter Ini Suruh Menkes Kasih Contoh Memakannya

Muncuatnya kasus ikan dalam kemasan kaleng yang mengandung cacing membuat resah dan khawatir para masyarakat sebagai konsumen yang dirugikan. Namun Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menilai temuan cacing parasit dalam makanan kaleng jenis makarel bukanlah satu hal yang berbahaya .
“ Cacing itu sebenarnya isinya protein , ” ujar Nila ketika ditemui sebelum Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR , Senayan , Jakarta , Kamis (29 /3 ) seperti dilansir fajar.co .id .
Nila menyebutkan selama masakan kaleng tersebut kembali diolah sebelum dikonsumsi , maka cacing yang ada akan akan mati . Sehingga makanan tersebut aman untuk dikonsumsi . “ Setahu saya itu kan enggak dimakan mentah , kita kan goreng lagi , atau dimasak lagi , cacingnya mati lah ,” jelasnya.
Menkes Nilla juga mengakui cacing parasit dalam ikan sarden itu akan berkembang biak , bila lingkungan perut manusia cocok . “ Kalau lingkungannya cocok di perut kita , dia akan berkembang biak , tapi kalau nggak sesuai ya tentu dia mati juga , ” ucap Menkes .
Menanggapi pernyataan Menkes , sejumlah warganet , termasuk dokter menanggapi negatif . Seorang dokter yang bernama Gunawan malah menantang Menkes memberi contoh dulu dengan memakan ikan sarden yang ada cacingnya .
Sementara itu , dilansir dari jurnal Foodborne Pathogens and Disease tahun 2010 , ada dua hal yang mungkin terjadi bila Anda mengonsumsi cacing di sarden atau makarel kalengan , baik cacing mati maupun hidup . Yang pertama adalah gangguan pencernaan , dengan gejala mual , muntah, dan diare .
Hal kedua yang mungkin terjadi adalah reaksi alergi terhadap cacing Anisakis . Kemungkinan munculnya reaksi ini juga telah diperingatkan oleh Badan POM , sehingga akhirnya produk -produk tersebut ditarik dari pasaran.***

http://m.riau24.com/berita/baca/87129-sebut-cacing-ikan-sarden-berprotein-dan-tak-bahaya-dokter-ini-suruh-menkes-kasih-contoh-memakannya/

Ini menteri apa tim ses ya.
Monggo makan bu kasih contoh
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
18.1K
185
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan