Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dishwalaAvatar border
TS
dishwala
Harga Rp 57 Jutaan, Begini Kecanggihan Kendaraan "Ndeso" Jokowi


Jakarta - Salah satu model kendaraan khusus pedesaan yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) diproduksi oleh CV Karya Hidup Sentosa (KHS).

Walau belum diluncurkan secara resmi, namun produk yang diberi nama Quick Truck itu telah diproduksi bahkan dipasarkan.

Direktur Utama CV Karya Hidup Sentosa Hendro Wijayanto menceritakan awal mula perusahaannya bisa memproduksi kendaraan pedesaan tersebut. Mulanya, KHS hanya memproduksi berbagai jenis traktor pangan yang membantu alat pertanian serta perkembunan.

Seiring berjalannya waktu, konsumen pun secara mandiri mulai menambahkan berbagai perintilan seperti bak untuk mengangkat hasil produksinya dari traktor pangan yang diproduksi oleh KHS. Dari situ, KHS mulai mencoba mengikuti keinginan konsumen dengan mendesain alat pertanian/perkebunan roda empat dengan menggunakan bak belakang.

"Kemudian dari situ kami mendesain. Dari situ kami mulai mendesain kendaraan angkutan roda empat, ini yang diberi nama Quick Truk. Itu semua kami desain sendiri untuk memenuhi keinginan konsumen," kata pria yang akrab disapa Binbin kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Binbin mengungkapkan butuh waktu sekitar tiga bulanan sejak akhir 2016 lalu untuk bisa mendesain kendaraan atau alat yang sesuai. Semua itu, kata Binbin, dikerjakan oleh tenaga-tenaga anak bangsa. Tak lama, prototype yang diinginkan pun selesai dikerjakan.

Lebih lanjut Binbin mengatakan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun tertarik dengan produk Quick Truck milik KHS. Kemenperin kemudian memasukan alat itu menjadi kategori program kendaraan pedesaan yang digagas oleh Jokowi. Berikut fakta-fakta seputar kendaraan pedesaan ini.

1. Harganya Rp 57 Jutaan

Kendaraan pedesaan ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 57 jutaan. Dindin mengatakan harga tersebut dinilai sudah cukup terjangkau terutama untuk para petani.

"Ini harganya sekitar Rp 57 jutaan. Masih di bawah Rp 60 jutaan, ini masih terjangkau para petani," kata Dindin.

Binbin menjelaskan, kendaraan ndeso tersebut sepenuhnya diproduksi oleh anak bangsa. Bodi Kendaraan bertenaga 500 CC itu dibuat Karya Hidup Sentosa. Namun mesinnya masih menggunakan mesin dari pabrikan Jepang, Kubota.

"Semua desain segala macam memang karya anak dalam negeri. Kemarin membutuhkan sekitar tiga bulan untuk kami menyelesaikan prototype ini," terang Binbin.

2. Baru 4 Bulan Diproduksi, Sudah Dipesan 200 Unit



Dindin mengatakan dalam empat bulan terakhir setelah dipasarkan, Quick Truck telah dipesan hingga 200 unit.

"Kita mulai produksi sekitar empat bulan lalu, itu dari akhir 2017 kalau tidak salah. Nah sampai sekarang sudah terjual kurang lebih 200 unit," kata Dindin.

Binbin menjelaskan, sebetulnya produk terbarunya ini belum secara resmi diluncurkan. Quick Truck yang merupakan karya anak bangsa ini rencananya diresmikan tahun 2018 oleh pemerintah, bersamaan dengan beberapa model kendaraan pedesaan lainnya.

"Jadi istilahnya trial dulu sebelum diluncurkan, dan memang dalam empat bulan ini dan belum diluncurkan tapi kami sudah menjual sekitar 200 unit," kata Binbin.

3. Diminati Malaysia Hingga Afrika



Selain diminati oleh dalam negeri, ternyata mobil 'ndeso' tersebut juga diminati konsumen mancanegara.

"Kemarin Malaysia sudah menyatakan minatnya, mereka tertarik dengan Quick Truck ini. Selain itu Afrika juga menyatakan tertarik," ucap Binbin.

Walau kedua negara tersebut telah menyatakan minatnya, namun Hendro atau yang akrab disapa Binbin itu mengaku belum ingin mengekspor produk terbarunya itu. Binbin mengaku masih ingin fokus mengembangkan di pasar dalam negeri dulu.

"Kami konsentrasi pasar juga diuji ke pasar agar lebih kuat. Memang ekspor itu cita-cita kami tapi kami masih harus kembangkan dulu di dalam negeri, harus dijaga kualitasnya," terang dia.

4. Bisa Dipakai Offroad Hingga Melaju di Kebun Sawit

Quick Truck ini menggunakan mesin penggerak diesel Kubota 14 HP dengan penggerak bagian roda belakang. Dimensinya cukup kecil untuk sebuah truk yakni hanya memiliki panjang 3,5 meter lebar 1,4 meter dan tinggi 2,1 meter.

Kecepatan maksimal dari kendaraan 'ndeso' ini 20 kilometer/jam dengan radius putar 3,7 meter. Meski tergolong kecil, namun truk ini cukup kuat dengan kapasitas angkut 600 kg. Truck ini diklaim kokoh dan awet karena menggunakan rangka Model Ladder dan nyaman dioperasikan dengan Ground Clearence 250 milimeter serta didukung roda besar.

"Ini bisa digunakan untuk medan offroad, yang medannya berat sekali. Makanya desainnya harus yang kuat. Makanya kami basic desain tractor roda 4. Karena bentuknya unruk angkutan jadi kendaraan," ujar Binbin.

Quick Truck dilengkapi beragam fungsi untuk membantu para pekerja di sektor pertanian. Para petani, kata Binbin, banyak memanfaatkan kendaraan ini untuk beragam hal, mulai dari logistik hasil panen, hingga untuk pengairan.

Dengan harga yang dinilai cukup terjangkau ini, para petani dinilai bisa mendapatkan keuntungan serta kemudahan dalam melakukan pekerjaan menggunakan Quick Truck tersebut.

"Pemakainya macam-macam, ini multi fungsi. Ada yang banyak perkebunan sawit, untuk ambil rumput untuk makan sapi. Untuk berbagai macam. Ada juga yang beli untuk bisa digunakan menyebar pupuk, semprot dan sebagainya," tutur dia.

5. Diluncurkan Tahun Ini



Walaupun telah dipesan sebanyak 200 unit dalam empat bulan, ternyata kendaraan ndeso ini belum diluncurkan secara resmi.

Quick Truck yang merupakan karya anak bangsa ini rencananya diresmikan tahun 2018 oleh pemerintah, bersamaan dengan beberapa model kendaraan pedesaan lainnya.

"Pak Airlangga (Menteri Perindustrian) minta untuk diluncurkan pada 2017, namun batal entah kenapa. Akhirnya tahun ini (2018) rencananya bakal diluncurkan," jelas dia.



(dna/dna)

https://finance.detik.com/industri/d-3870257/harga-rp-57-jutaan-begini-kecanggihan-kendaraan-ndeso-jokowi

MANTAPLAH GA PAKE APBN BISA TETAP KLIATAN INOVASI
ADA YG DULU KOAR2 ..KATAKAN TIDAKK !
ADA SI BHOCOR HALUS BILANG THN 2030 INDONESIA UDAH BUBAR
emoticon-Leh Uga

nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
6.8K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan