Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Perhatikan Lima Hal Berikut Saat Mendaftar Umrah
Perhatikan Lima Hal Berikut Saat Mendaftar Umrah


Saat ini travel umrah nakal masih menghantui para jamaah, untuk itu Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengatakan akan menindak tegas jajaran Aparatur Sipil Negara Kementrian Agama jika terbukti terlibat.

Hal tersebut dikatakan Menag saat mebghadiri Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Selasa (27/3/2018). Ia mengatakan bahwa akan menindak para ASN yang yang kedapatan terlibat dengan para travel umrah nakal sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Menag mengatakan hal tersebut karena selama ini ada yang mengatakan keterlibatan oknum Kementrian Agama perihal kasus biro perjalanan umrah yang terjadi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Menag telah membentuk tim gabungan lintas kementrian dan lembaga. Tim ini diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan tentang travel umrah nakal, selain itu dalam tim tersebut juga akan melibatkan beberapa kementrian dan juga Polri.

“Jadi ini yang sekarang sedang ditangani oleh aparat penegak hukum kita terkait dengan aset-aset yang dimiliki oleh travel yang bersangkutan yang sudah dicabut izinnya oleh Kementerian Agama,” ujar Menag.

Menag juga mengatakan bahwa Kementrian Agama juga telah membuka pelayanan bagi para jemaah yang menjadi korban dari para travel umrah nakal.

“Kami di Kementerian Agama juga membuka semacam pelayanan bagi jemaah yang menjadi korban dari praktik-praktik tidak terpuji ini,” kata Menag.

Dirjen Penyenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali dalam jumpa pers mengajak masyarakat untuk memperhatikan lima hal berikut saat akan mendaftar umrah, yaitu:

1. Pilih travel umrah berizin resmi (cek di web Kemenag atau tanyakan ke Kankemenag Kab/Kota setempat).

2. Menakar harga paket umrah yang ditawarkan (mendekati atau sama dengan harga referensi).

3. Pastikan saat mendaftar memperoleh nomor registrasi untuk mengecek proses pemberangkatan melalui SIPATUH.

4. Pastikan paket yang ditawarkan sesuai standar pelayanan minimal yang meliputi: bimbingan ibadah, transportasi, akomodasi dan konsumsi, kesehatan, perlindungan jemaah, serta perlindungan jemaah.

5. Segera melapor jika menemukan masalah melalui SIPATUH.


0
608
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan