Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

veefarhanAvatar border
TS
veefarhan
Emansepasi Wanita dan Moral Pria abad ini... what happen?
sekarang ini kita sering denger tentang kampanye kesetaraan gender. ane ga jarang denger kaum perempuan minta disamakan haknya. tapi yang disayangkan, seiring makin besarnya emansepasi wanita dan kesetaraan gender, kita makin sering juga liat moral laki-laki terhadap perempuan semakin ga bener ya walaupun ga semua. gausah sampe ke pelecehan dulu deh, kita udah sering nemuin hal-hal yang lumayan simple yang di jaman dulu itu wajar banget. contoh: bukain pintu untuk perempuan, ngasih tempat duduk, dll. tapi banyak dari kita laki-laki yang ga melakukan itu ke perempuan(manapun). apa ini salah kita laki-laki jaman sekarang yang mungkin terlalu egois? atau salah perempuan jaman sekarang yang mungkin terlalu banyak nuntut? 

ane rasa kalo masalah agak turunnya respect laki-laki ke perempuan mungkin cuma karena banyak dari kita yang salah mengartikan "emansepasi wanita" atau "kesetaraan gender" yang kebanyakan dari kita mengartikan ini sebagai kaum wanita dan pria itu sama. kalo yang ane pahamin dari emansepasi wanita dan kesetaraan gender: wanita tidak boleh dikebiri haknya untuk menyampaikan pendapat, berkontribusi terhadap bangsa negara agama dan dunia, dan berkarir di bidang-bidang yang selama ini di dominasi pria(olahraga, pemerintahan, politik, militer, kepolisian, dll.), mendapatkan hak yang sama di mata hukum, dsb. 
tapi, bukan berarti kita harus nganggep perempuan itu sama 100% dengan laki-laki dalam segala hal. soalnya dari fisik dan psikis, sekuat apapun, perempuan tetep beda sama kita. contoh: perempuan lebih cenderung menilai sesuatu pakai perasaan, walaupun nalarnya berfungsi. itu sebabnya, sebenernya perempuan jauh lebih emosional daripada kita. itu sebabnya kita selalu denger orang ngomong "mbok ya ngalah sama cewek". ditambah lagi, secara fisik kita jauh lebih besar dan lebih tangguh di kehidupan sehari-hari. masa iya timbang bukain pintu atau ngasih tempat duduk aja gabisa(tapi jangan dipake buat modus ya, gan..ntar cewe cantik dikasih tapi lansia atau ibu hamil ngga lagi..jangan sampe begitu, ya).

"terus? pelecehan sexual terhadap perempuan? kekerasan terhadap perempuan? gimana tuh?" oh, gosh.. those things really pissed me off! kekerasan paling simple aja dulu deh, kekerasan secara verbal. masih banyak banget perempuan yang jadi korban(kalo cuma ngatain "ngehe", "kampret", atau sejenisnya dengan nada bercanda mah ok lah). tapi kalo sampe maki-maki ngomong kasar ke perempuan apalagi sampe bawa-bawa kebun binatang segala, atau lebih parah lagi sampai ngatain (sorry)"pramuria". that pissed me off, man. apalagi kekerasan fisik, nampar, nendang, bahkan ga segan mukulin pake benda tumpul. bukannya dulu kita sering diajarin: "boys who hit girls are worse than sisies"? terus kenapa masih dilakuin juga? 
oh iya, pelecehan sexual? oh, itu lebih parah lagi.. yang paling simple, pelecehan secara verbal, kayak ngomongin "gituan" ke perempuan, dsb. yang lebih parah dari itu? pelecehan sexual secara fisik. megang bagian vital, apalagi di tempat umum ke perempuan yang ga dikenal. ane pengen banget nanya ke orang2 itu "what is wrong with your libido, guys?!". pemerkosaan, kadang bahkan perempuan dirudapaksa rame-rame, beberapa kasus yang lebih parah lagi abis dirudapaksa dibunuh terus mayatnya dibuang. apa yang pelaku-pelaku diatas pikirin? kesenangan? apa mereka ga mikir gimana kalo misalnya mereka punya anak perempuan terus digituin orang? atau apa mereka ga sadar yang ngandung dan ngelahirin mereka juga perempuan? terus ada yg bilang "lagian perempuannya juga sih cara berpakaiannya aja begitu". oh, come on..wake the hell up, guys! did you know beberapa bulan kemarin perempuan yang jadi korban pelecehan sexual itu pake hijab syar'i? masih mau nyalahin pakaian perempuannya kalo udah begitu? get real, guys. 

intinya, sebagai laki-laki, emang perempuan harus hormat sama kita, tapi bukan berarti kita harus ngerasa superior terus bisa ngelakuin hal apapun ke perempuan. tapi juga jangan anggep perempuan sama kita itu sama. contoh: kita biasa ke temen laki-laki cara bercandanya atau sikapnya agak kasar, terus ke perempuan sama. ya kita lebih banyak pakai logika kan? coba dinalarin kesitu aja dulu.

btw, thanks agan2/sista2 yang udah mau mampir ke trit ane, moga2 ada manfaatnya..kalo ada yang salah tolong dimaafin(berasa lebaran) sama kalo ga keberatan, diingetin lewat comment, atau kalo mau nambahin, silahkan..ane malah seneng
silahkan komen,
 kasih  emoticon-Cendol Gan atau emoticon-Lempar Bata.. terserah agan2/sista2 aja sih

(we all have our rights to express our opinion)
Diubah oleh veefarhan 26-03-2018 21:45
0
6.8K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan