sorrynotsorryAvatar border
TS
sorrynotsorry
Aktris Pemeran Utama FFI Era Dekade 2000-an, Kemana ya Mereka?



Aktris cantik para pemenang piala citra untuk kategori pemeran utama wanita terbaik seolah tak pernah terlihat lagi di layar lebar dewasa ini..



Ajang penganugerahan Piala Citra bisa dibilang sebagai ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia. Bahkan Screen International sendiri pernah menyebut ajang penghargaan perfilman ini sebagai penghargaan setara Oscar bagi perfilman Indonesia. Acara penghargaan yang bermula pada tahun 1955 ini sempat vakum dari tahun 1993 - 2003 sampai pada tahun 2004 ajang ini kembali digelar. 


Salah satu penghargaan paling presigius adalah untuk kategori pemeran utama wanita terbaik, sebuah penghargaan yang mungkin menjadi mimpi bagi hampir semua wanita yang menekuni dunia perfilman sebagai aktris. Tapi anehnya, para pemenang Piala Citra untuk kategori ini yang dianugerahkan pada dekade awal setelah vakum lama justru seperti mendapatkan kutukan, pasalnya beberapa tahun setelah menerima piala kebanggaan ini, karir perfilman mereka justru meredup. Berikut daftarnya:


(2009) Titi Sjuman



Titi Sjuman berhasil meraih gelar pemeran wanita utama terbaik pada tahun 2009 saat membintangi film Mereka Bilang, Saya Monyet!. Sebuah film yang menggambarkan tentang realita memprihatinkan adanya kekearasan terhadap perempuan dan anak-anak. Setelah mendapatkan penghargaan tertinggi bagi aktris Indonesia tersebut, Titi sempat membintangi beberapa film selanjutnya sebagai pemeran pembantu sampai akhirnya kembali dipercaya untuk menjadi pemeran utama dalam film Rayya, Cahaya Diatas Cahaya. Setelahnya nama Titi Sjuman seolah meredup di dunia perfilman Indonesia. Untungnya, Titi kemudian justru menjadi persona dunia pertelivisian setelah menjadi juri di beberapa ajang pencarian bakat. 

Film terbaru: The Widow (2016)




(2008) Fahrani



Aktris yang memulai karirnya sebagai model ini berhasil meraih piala Citra pada tahun 2008 untuk perannya dalam film Radit dan Jani. Setelahnya ia kemudian membintangi beberapa film hingga tahun 2013. Bahkan antara tahun 2010 hingga 2013 namanya sama sekali tak terdengar di dunia perfilman.

Film terbaru: Wanita Tetap Wanita (2013)



(2007) Dinna Olivia



Lewat perannya dalam film komedi Mengejar Mas-Mas, Dinna menyabet gelar tertinggi ini. Tapi setelah memenangkan piala citra Dinna hanya sempat memerankan sebuah film lagi. 

Film terbaru Takut: Faces of Fear (2008)




(2006) Nirina Zubir



Aktris yang populer setelah membintangi film 30 Hari Mencari Cinta pada tahun 2003 ini baru mendapatkan piala Citra pada film keempatnya yakni Heart. Setelah menjadi aktris terbaik versi FFI, karir Nirina memang sempat makin populer selama beberapa tahun. Sampai saat ini Nirina masih sering berlalu lalang di dunia perfilman meskipun film-filmnya tidak sebooming dahulu.

Film terbaru:  Keluarga Cemara (2018)



(2005) Marcella Zalianty



Aktris keturunan tionghoa dan batak ini mulai dikenal masyarakat setelah membintangi sinetron Sephia. Setelahnya aktris cantik ini berlalu lalang di dunia perfilman dan akhirnya menyabet gelar pemeran wanita utama terbaik di Festival Film Indonesia pada tahun 2005 untuk perannya dalam film Brownies. Setelah pergantian ke dekade 2010-an namanya tak lagi terdengar sekencang dahulu. bahkan beberapa perannya dalam film hanya sebagai cameo.

Film terbaru: Insya Allah Sah (2017) - Cameo




(2004) Dian Sastrowardoyo



Dian Sastro mungkin merupakan alumnus pemenang piala Citra untuk pemeran wanita utama terbaik era dekade 2000-an dengan nasib terbaik dalam karirnya. Meski sempat vakum pada tahun 2009 hingga 2013. Dengan kemunculan sekuel Ada Apa Dengan Cinta? yang sangat populer pada masanya, nama Dian Sastro kembali melambung.

Film terbaru: Kartini (2017)



Sebagai penghargaan paling bergengsi untuk para aktris wanita, tak sedikit yang setelah menerimanya karirnya alih-alih naik layaknya para aktris peraih piala oscar yang makin laris dan rata-rata mendapatkan kenaikan bayaran sekitar 500ribu dollar, aktris-aktris ini justru malah meredup. Kira-kira kenapa ya? 



Spoiler for referensi::


0
9.5K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan