Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

larina.adeliaAvatar border
TS
larina.adelia
Hats On, Seni Memakai Topi Sehingga Kita Terlihat Lebih Bergaya


Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita sekalian.


emoticon-Angpau

Hai Agan & Sista, bertemu lagi dengan Saya.

Kali ini Saya ingin berbagi beberapa informasi mengenai berbagai jenis topi,

yang mungkin saja kiranya Agan & Sista sedang bingung menentukan,

topi jenis apa yang hendak dibeli & pass untuk diri sendiri.

Tanpa harus berlama - lama, yuk langsung saja kita simak, cyuuss.


emoticon-Moon

Hats Off

Spoiler for spoiler:


Tidak dapat dipungkiri bahwasanya topi adalah pelindung kepala dari teriknya matahari, menutupi bad hair daydan yang paling penting, topi adalah aksesori yang dapat memberikan kesan chic bagi pemakainya.


Topi memiliki banyak cerita menarik dibaliknya, walaupun belum bisa dibilang sebagai topi, dahulu kala, kulit binatang dan bahan wool dipakai untuk melindungi kepala. Sebut saja pileusyang berbentuk kerucut, phrygian dan petasos yang dipakai pada zaman Yunani Kuno. Akhir abad ke 16 topi berstruktur tegas yang mirip dengan bentuk topi lelaki mulai dipakai oleh perempuan. Kata miliner yang berasa dari kota di Milan menjadi sebutan bagi pekerja wanita pembuat topi dan bonnet dengan berbagai potongan. Bonnet sendiri semakin berkembang pada awal ke 19 dengan berbagai dekorasi pita, bunga dan bulu.


Pada abad pertengahan, topi dipakai sebagai simbol status sosial atau grup tertentu. Seperti pada tahun 1215, bangsa Yahudi mengharuskan seluruh rakyatnya untuk menggunakan topi juden untuk mengenali rakyat anti semitism. Lalu topi menjadi simbol status sosial pada saat dimulainya acara pacuan kuda di Royal Ascot Inggrisoleh para anggota kerajaan dan juga bangsawan yang mengharuskan seluruh tamu untuk memakai topi sebagai dress code. Tradisi ini kemudian juga berlanjut ke benua Amerika. Topi menjadi pilihan utama para perempuan pada tahun 20an karena trend rambut pendek dengan tatanan finger wave yang mengharuskan menggunakan topi untuk melindungi tatanan rambut mereka.


Baru pada awal abad 21, lahirlah beragam topi extravaganza ciptaan para desainer muda yang sangat kompetitif pada masanya. Abad ini sering disebut sebagai abad dimana semua orang bereksplorasi dengan berbagai jenis topi untuk menunjukkan berbagai kepribadian unik. Lihat saja Lady Gaga yang sukses membawakan berbagai macam topi dengan bentuk yang aneh dengan bahan yang tidak biasa dari mulai rambut hingga akrilik.


emoticon-rainbow

Berbagai Jenis Topi :

1. Fedora & Bowler


Spoiler for Fedora:

 
Spoiler for Bowler:


Fedoramemiliki ciri khas lengkungan dibagian atas (crown) dan pinggiran topi yang pendek. Sedangkan bowler pertama kali dipopulerkan oleh Charlie Chaplin dengan ciri khas bulat menonjol pada bagian crown.


2. Beret & Bibi

Spoiler for Beret:

Spoiler for Bibi:


Topi ini lembut tapi bervolume. Dulunya topi ini merupakan ciri khas orang perancis. Bedanya beretbiasanya polos atau memiliki bandul pada bagian crown, sedangkan bibi memiliki ukuran lebih kecil dan lebih keras dengan embelishment yang sangat terlihat.

3. Platter & Sun Hat

Spoiler for Platter:

Spoiler for "Sun Hat":

Platterberbentuk lebar dengan bagian crown sedikit menonjol. Topi ini terlihat sangat elegan dan biasanya dipakai untuk acara bangsawan. Sun hat memiliki bagian crown lebih tinggi dan biasanya terbuat dari rafia untuk kesan lebih kasual.



4. Baseball & Trucker Cap

Spoiler for Baseball:

Spoiler for "Trucker Cap":


Bentuknya memang hampir mirip tapi perbedaannya adalah baseball capterlihat lebih polos dengan bagian belakang yang memiliki adjustment, sedangkan trucker cap memiliki bagian belakang yang menyerupai jala plastik dan bagian crown yang lebih naik.


5. Beanie & Snood

Spoiler for Beanie:

Spoiler for Snood:


Biasanya terbuat dari bahan rajut. Beaniesangat fleksibel dan ketat, sedangkan snood terlihat lebih longgar dan jatuh.


6. Sculptural & Fascinator

Spoiler for Sculptural:

Spoiler for Fascinator:


Sculpturalbiasanya berbentuk unik, kaku dan menyerupai sebuah karya seni. Sedangkan fascinator umumnya lebih halus dan cantik.


7. Turban & Boule

Spoiler for Turban:

Spoiler for Boule:


Turbanumumnya berbentuk seperti bungkusan dan ada efek ikatan kepala sehingga terlihat lebih etnik. Sedangkan boule bentuknya lebih polos dan menyerupai beanie dengan bahan yang lebih keras.


8. Newsboy & Cadet

Spoiler for Newsboy:

Spoiler for Cadet:


Newsboymemiliki 2 versi bentuk yaitu berpanel atau seperti baret pada bagian crown. Ciri khas dari newsboy adalah keras atau kaku pada bagian depan topi. Sedangkan cadet menyerupai topi militer dengan bagian crown yang datar.


emoticon-Moon

Fun Facts about Hats


Topi koki yang diciptakan oleh pakar masakan Marie- Antoine Careme and Auguste Escoffier sebagai metode menciptakan hirarki di dunia masak memasak. Topi ini memiliki 100 pleats yang mewakili 100 cara menyajikan telur.


John Hetheringtonmenggunakan top hat pertama pada tahun 1797 di jalanan dan ditangkap karena menakuti masyarakat.


Felt hatpertama kali diciptakan dengan menggunakan bahan merkuri yang beracun serta dapat menyebabkan rusaknya saraf, tremor dan hilang ingatan. Dari sinilah tercipta sebutan mad hatter.


Fedorapertama kali diciptakan untuk perempuan. Kemudian menjadi trend untuk para lelaki. Namun kini fedora dapat dipakai oleh siapa pun.


Pada perang dunia II, trend memakai topi sempat berhenti. Zaman ini disebut sebagai  barehead fashionyang disebabkan oleh gaya rambut baru, kendaraan bermotor, kacamata dan demobilisasi yang semakin digemari sehingga topi semakin terlupakan.


emoticon-Angpau

Bagaimana teman teman, sudah lebih memahami berbagai jenis topi kan sekarang.
Dan Saya kira sampai disinilah perjumpaan dan pembahasan kita mengenai topi.
Jika ada kesalahan penulisan dan informasi mohon kiranya Saya dimaafkan.

Akhir kata Wassalamualaikum Wr. Wb., dan Salam Sejahtera untuk kita semua.


Sumber informasi :

Majalah Herworlddengan Tagline Relationship Special.


Sumber ilustrasi :

Google Image.

Polling
Poll ini sudah ditutup. - 48 suara
Jenis Topi Manakah Favorit Agan & Sista ?
Fedora
6%
Bowler
0%
Beret
8%
Bibi
0%
Platter
0%
Sun Hat
2%
Baseball
23%
Trucker Cap
25%
Beanie
4%
Snood
0%
Sculptural
2%
Fascinator
4%
Turban
2%
Boule
0%
Newsboy
8%
Cadet
15%
nona212
nona212 memberi reputasi
1
11K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan