Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

annisaputrieAvatar border
TS
annisaputrie
Penyebar Hoax Bisa Dipidana 10 Tahun,
Penyebar Hoax Bisa Dipidana 10 Tahun, 
Kapolres Sidrap : Bijak di Medsos Yah!
Maret 20, 2018



KATASULSEL.COM, SIDRAP — Masyarakat diminta agar tetap berhati-hati dalam memberikan informasi atau menyebar berita di Media Sosial (Medsos)

Penyebarluasan informasi secara personal (Bukan lembaga resmi penyiaran, red), yang berkonten bohong dan atau tidak benar alias hoax, adalah pelanggaran

Itu merupakan pelanggaran Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan pelakunya bisa dipidana sepuluh tahun penjara.

Menyikapi maraknya berita hoax di medsos itu, jajaran TNI-Polri bersama sejumlah elemen masyarakat di Sidrap gencar melakukan deklarasi anti hoax.

Kapolres Sidrap, AKBP Ade Idrawan, membenarkan maraknya berita hoax di medsos. “Banyak, bahkan ada penyebar hoax sudah kami amankan,” ujar Ade, Senin, 19 Maret.

Menurutnya, deklarasi anti hoax harus terus dilakukan mulai tingkat kabupaten hingga desa dan kelurahan. 
“Mudah-mudahan dengan deklarasi ini, tingkat kesadaran masyarakat bisa makin tinggi untuk tidak menyebar berita bohong,” kata Ade Indrawan.

Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf Eko Paskah HN yang mengatakan bahwa perlu disadari bahwa kita adalah bangsa Indonesia yang dilahirkan dari beberapa perbedaan baik dari segi agama, suku, bahasa dan lain-lain, karena itu kita sudah dibingkai dalam suatu lambang Pancasila yang sudah mutlak yaitu Bhineka Tunggal Ika.

“Kita boleh berbeda akan tetapi kita tidak boleh menjelekkan satu sama lain atau membagikan berita-berita yang belum tentu kebenarannya,” ujarnya.

Maka dari itu, kata Eko Paska mengajak sama-sama perangi berita-berita bohong atau hoax khususnya diwilayah Sidrap dengan satu tujuan untuk memajukan daerah ini yang aman, damai dan tentram. (yas)
https://katasulsel.com/2018/03/20/pe...di-medsos-yah/


Quote:



----------------------

Dunia maya ... memang adalah dunia HOAX. Kata orang BIN isi medsos di Indonesia itu banyak yang  HOAX sehingga pihak intelejen menganjurkan ditutupnya hingga 760.000 situs di medsoskarena suka menyebarkan informasi HOAX.


0
1.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan