- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- Film Indonesia
Uniknya Promosi Film Indonesia di Era Milenial Ini


TS
phannu.ari
Uniknya Promosi Film Indonesia di Era Milenial Ini
Selamat pagi,siang,sore dan malam agan dan sista. Dalam rangka Hari Film Nasional, ane mau berbagi info mengenai gaya promosi Film Indonesia yang menarik perhatian penonton terutama di era milenial saat ini. Penasaran? Yuk disimak gan sis
Spoiler for Intro:
Seiring bertambahnya minat penonton film di Indonesia, strategi dan gaya promosi untuk menggaet penontonpun beragam. Cara – cara yang unik memang bisa menambah daya Tarik sebuah film.
Beberapa film yang baru saja dirilis juga membuat promosi yang tidak kalah unik untuk mendongkrak jumlah penontonnya. Jika berkunjung ke bioskop, pasti agan dan sista akan melihat promosi unik ini. Yuk kita lihat Film Indonesia yang memiliki promosi yang unik.
Beberapa film yang baru saja dirilis juga membuat promosi yang tidak kalah unik untuk mendongkrak jumlah penontonnya. Jika berkunjung ke bioskop, pasti agan dan sista akan melihat promosi unik ini. Yuk kita lihat Film Indonesia yang memiliki promosi yang unik.
Spoiler for Ini Filmnya Gan:
Quote:
1. Benyamin Biang Kerok

sumber : kapanlagi.com
Film yang dibintangi actor papan atas Indonesia, Reza Rahradian ini memiliki gaya promosi yang unik. Mereka menggunakan lantai bioskop untuk melakukan promosi dengan teknologi 3D art floor bergambarkan wajah Reza Rahardian. Sontak pengunjung bioskop yang rata – rata lagi mau nonton film Dilan menjadi terheran – heran dan penasaran lalu berselfie ria. Sayangnya jumlah penonton film ini baru mencapai 731.780 penonton.

sumber : kapanlagi.com
Film yang dibintangi actor papan atas Indonesia, Reza Rahradian ini memiliki gaya promosi yang unik. Mereka menggunakan lantai bioskop untuk melakukan promosi dengan teknologi 3D art floor bergambarkan wajah Reza Rahardian. Sontak pengunjung bioskop yang rata – rata lagi mau nonton film Dilan menjadi terheran – heran dan penasaran lalu berselfie ria. Sayangnya jumlah penonton film ini baru mencapai 731.780 penonton.
Quote:
2. Warkop DKI Reborn

sumber : kumparan.com
Film yang disutradari oleh Anggi Umbara dan diproduksi oleh Falcon Pictures ini adalah adaptasi dari film – film Warkop DKI. Salah satu promosi unik yang mereka lakukan yaitu membranding badan sebuah pesawat dengan gambar para pemeran film mereka Tora Sudiro (Indro), Vino G. Bastian (Kasino) dan Abhimana Aryasatya (Dono). Tak khayal pihak Falcon Pictures rela merogoh kocek hingga Rp 15 Milyar untuk biaya promosi. Biaya tersebut lebih banyak dari ongkos pembuatan film yang menghabiskan dan Rp 10 Milyar. Gayung bersambut, jumlah penonton film ini menembus 1 juta penonton hanya dalam tempo tiga hari sejak tayang perdana 8 September 2016. Dalam 22 hari penayangannya, film ini telah menggaet 6,5 juta penonton.

sumber : kumparan.com
Film yang disutradari oleh Anggi Umbara dan diproduksi oleh Falcon Pictures ini adalah adaptasi dari film – film Warkop DKI. Salah satu promosi unik yang mereka lakukan yaitu membranding badan sebuah pesawat dengan gambar para pemeran film mereka Tora Sudiro (Indro), Vino G. Bastian (Kasino) dan Abhimana Aryasatya (Dono). Tak khayal pihak Falcon Pictures rela merogoh kocek hingga Rp 15 Milyar untuk biaya promosi. Biaya tersebut lebih banyak dari ongkos pembuatan film yang menghabiskan dan Rp 10 Milyar. Gayung bersambut, jumlah penonton film ini menembus 1 juta penonton hanya dalam tempo tiga hari sejak tayang perdana 8 September 2016. Dalam 22 hari penayangannya, film ini telah menggaet 6,5 juta penonton.
Quote:
3. Pengabdi Setan

sumber : Facebook fans film box office
Film yang satu ini layak diberi penghargaan sebagai Film Horor ‘’Masa Kini’’ yang berhasil meraup penonton sekitar 4,2 juta. Promosinya pun dibungkus dengan cara yang unik yaitu dengan menyodorkan beberapa poster filmnya lalu di buat meme dan dikompetisikan di sosmed. Alhasil, meme – meme pengabdi setan berseliweran di beranda semua sosmed dan menjadi viral terutama sosok Ibu yang diperankan oleh Ayu Laksmi. Sang sutradara, Joko Anwar juga memancing kreativitas netizen dengan mengunggah foto adegan ibu sedang duduk di ranjang yang kemudian viral setelah di buat meme lucu oleh beberapa netizen. Joko merasa penonton itu kalau diikutsertakan dalam suatu campaign, mereka akan merasa ini film bareng – bareng. Dia tak mau men-treat penonton sebagai konsumen saja. Selain itu promosi unik yang dilakukan adalah menghadirkan keranda jenazah di bioskop.

sumber : Facebook fans film box office
Film yang satu ini layak diberi penghargaan sebagai Film Horor ‘’Masa Kini’’ yang berhasil meraup penonton sekitar 4,2 juta. Promosinya pun dibungkus dengan cara yang unik yaitu dengan menyodorkan beberapa poster filmnya lalu di buat meme dan dikompetisikan di sosmed. Alhasil, meme – meme pengabdi setan berseliweran di beranda semua sosmed dan menjadi viral terutama sosok Ibu yang diperankan oleh Ayu Laksmi. Sang sutradara, Joko Anwar juga memancing kreativitas netizen dengan mengunggah foto adegan ibu sedang duduk di ranjang yang kemudian viral setelah di buat meme lucu oleh beberapa netizen. Joko merasa penonton itu kalau diikutsertakan dalam suatu campaign, mereka akan merasa ini film bareng – bareng. Dia tak mau men-treat penonton sebagai konsumen saja. Selain itu promosi unik yang dilakukan adalah menghadirkan keranda jenazah di bioskop.
Quote:
4. Headshot

sumber : kapanlagi.com
Film yang dibintangi Iko Uwais, Chelsea Islan dan Julia Estelle ini punya cara unik untuk mempromosikan filmnya. Mereka melakukan branding di commuter line jalur Bogor-Jakarta Kota, Bekasi-Kota dan Serpong-Kota dan usaha tersebut terlihat efektif dengan antusiasme masyarakat untuk menyaksikan filmnya. Mereka juga memanfaatkan netizen dengan mangadakan lomba foto di gerbang commuter line bergambar poster Headshot lalu mengupload ke sosmed, peserta yang beruntung pun dapat memenangkan marchendise. Jumlah penontonnya pun bisa dibilang banyak dengan total sekitar 684.000 penonton.

sumber : kapanlagi.com
Film yang dibintangi Iko Uwais, Chelsea Islan dan Julia Estelle ini punya cara unik untuk mempromosikan filmnya. Mereka melakukan branding di commuter line jalur Bogor-Jakarta Kota, Bekasi-Kota dan Serpong-Kota dan usaha tersebut terlihat efektif dengan antusiasme masyarakat untuk menyaksikan filmnya. Mereka juga memanfaatkan netizen dengan mangadakan lomba foto di gerbang commuter line bergambar poster Headshot lalu mengupload ke sosmed, peserta yang beruntung pun dapat memenangkan marchendise. Jumlah penontonnya pun bisa dibilang banyak dengan total sekitar 684.000 penonton.
Quote:
5. Danur

sumber : hipwee.com
Film yang dibintangi Prilly Latuconsina dan di sadur dari buku Risa Sarasvati ini sangat unik. Pada saat premiere film Danur di salah satu bioskop di Bandung terdapat 5 bangku kosong yang ditutup kain putih. Diatas kain tersebut diletakkan beberapa barang seperti buku tangga nada lagu, bunga, mainan berbentuk bebek dan benda kecil lainnya. Foto yang dibagikan Prilly di akun IG nya sontak viral dan mengundang rasa penasaran netizen. Total 2,7 juta penonton telah menyaksikan Danur dan saat ini Prilly sedang menyiapkan sekuel kedua dari film Danur.

sumber : hipwee.com
Film yang dibintangi Prilly Latuconsina dan di sadur dari buku Risa Sarasvati ini sangat unik. Pada saat premiere film Danur di salah satu bioskop di Bandung terdapat 5 bangku kosong yang ditutup kain putih. Diatas kain tersebut diletakkan beberapa barang seperti buku tangga nada lagu, bunga, mainan berbentuk bebek dan benda kecil lainnya. Foto yang dibagikan Prilly di akun IG nya sontak viral dan mengundang rasa penasaran netizen. Total 2,7 juta penonton telah menyaksikan Danur dan saat ini Prilly sedang menyiapkan sekuel kedua dari film Danur.
Quote:
Itulah beberapa Film Indonesia yang memiliki strategi promosi yang sangat menarik. Sampai jumpa di thread ane selanjutnya gan sis.
sumber lainnya :
brilio.net
showbiz.liputan6.com
filmindonesia.or.id

sumber lainnya :
brilio.net
showbiz.liputan6.com
filmindonesia.or.id
Diubah oleh phannu.ari 24-03-2018 21:06
0
1.4K
Kutip
7
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan