Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mr.trutAvatar border
TS
mr.trut
Terbongkar ! Rahasia Gelap Perusahaan Moonton (Mobile legend)
Terbongkar ! Rahasia Gelap Perusahaan Moonton (Mobile legend)
Terbongkar ! Rahasia Gelap Perusahaan Moonton (Mobile legend)

Mobile Legend : Bang Bang
Terbongkar ! Rahasia Gelap Perusahaan Moonton (Mobile legend)

Sedang ramai baru-baru ini tentang curhatan pegawai Moonton di Reddit yang mengeluh tentang keadaan kantor tempatnya bekerja, banyak rasisme, pelecehan, bahkan pembullyan disana.

Meskipun kita tidak tahu apakah itu benar atau tidak, kita dapat melihat, akun yang menuliskan cerita tersebut adalah akun official dari Mobile Legends. Namun curhatan tersebut sudah dihapus dan mereka menutup komentar disana, namun kami berhasil membukanya dengan bantuan histori cache dari Google dan menerjemahkannya.

Terbongkar ! Rahasia Gelap Perusahaan Moonton (Mobile legend)

Berikut hasil terjemahannya.


Dulu saya bekerja untuk Mobile Legends: Bang Bang, sebuah game yang paling terkenal karena dituntut oleh Riot Games (developer League of Legends) karena melanggar hak cipta mereka. Saya ingin mengungkapkan beberapa kebijakan diskriminatif perusahaan tersebut dan praktik buruk mereka lainnya.

Saya bekerja di Shanghai Moonton, pengembang Mobile Legends: Bang Bang, dalam waktu kira-kira lebih dari tiga bulan. Pekerjaan saya adalah menempatkan file game untuk pemain negara barat, mengelola media sosial dan sebagai pengisi suara. Jam kerjanya jauh lebih padat dibandingkan dengan negara asal saya di Australia, tapi saya tidak keberatan karena saya menginginkan sesuatu yang baru.

Diskriminasi

Kebijakan perekrutan pelamar kerja di Moonton sangat dipengaruhi oleh ras dan etinitas. Moonton ingin menyewa seorang penerjemah dari Malaysia dan Tiongkok. Sebagian besar pelamar magang mereka adalah orang Malaysia-Tionghoa, beberapa di antaranya memiliki latar belakang dan pengalaman yang sangat baik. Kami menolak semua orang dari mereka. Ternyata wakil direktur berpikir bahwa semua orang Malaysia-Tionghoa tidak benar-benar bisa mengerti tentang Malaysia sebagai sebuah negara. Mereka menginginkan orang Melayu asli untuk mengisi posisi ini.

Saya juga mendengar bahwa CEO perusahaan induk kami, Elex Tech, memberikan perintah langsung untuk tidak mempekerjakan orang kulit hitam karena menurutnya mereka adalah penjahat. Ini berarti bahwa semua staf yang berbicara dengan bahasa Inggris tidak boleh berkulit gelap, namun orang kulit putih diberi kemudahan atau kelebihan, karena mereka dianggap mendorong citra perusahaan.

Transanksi Online
Terbongkar ! Rahasia Gelap Perusahaan Moonton (Mobile legend)
Permainan ini benar-benar didanai oleh transaksi online. Sebagian besar pendapatan berasal dari penjualan skin dan hero. Beberapa skin dalam game bisa menghabiskan biaya hingga Rp. 2 juta lebih. Skin ini sebagian besar adalah perombakan kualitas rendah yang dilakukan dengan Unity 3D, mereka memberi beberapa tambahan stat ekstra namun hal tersebut nyaris tidak berefek.

Yang paling mengerikan adalah bahwa hero terbaru (mereka merilis satu setiap 2 minggu sekali) harus menjadi yang terkuat dalam game, jadi bisa dikatakan bahwa jika kamu tidak membelinya, kamu akan tertinggal. Meskipun permainan ini memiliki slogan 'Fair 5v5 MOBA' (yang mereka ambil dari versi Tiongkok Arena of Valor, Wang Zhe Rong Yao), kamu akan sangat dibujuk untuk membeli hero terbaru. Tentu saja kamu dapat membeli hero menggunakan sistem battle point mereka, tetapi jika kamu tidak memilikinya dengan cukup dan sudah sangat menginginkan hero tersebut, kamu mau tidak mau harus mengeluarkan uang jika kamu ingin tetap mengikuti permainan.

Salah satu hal yang paling menjijikkan adalah penekanan besar pada elemen pembelian 'Lucky Spin' dan 'Magic Wheel'. Kamu diharuskan untuk memutar roda agar mendapatkan item, hero atau skin, dan dengan ini banyak dari mereka yang membeli tiket dengan uang sungguhan. Game ini dimainkan oleh banyak anak muda dan benar-benar bersifat eksploitatif.

Moonton adalah perusahaan dengan lebih dari 10 juta pemain rata-rata harian. Saya melihat keuntungan mereka sekitar Rp. 8 miliar sampai Rp. 15 miliar perhari hanya dari item dalam game. Lalu, kemana uang tersebut pergi? Terkadang mereka menghabiskan sebagian besar pendapatannya untuk mengiklan di Facebook daripada untuk kepentingan pengembangan game.

Penyalahgunaan pekerjaan
Terbongkar ! Rahasia Gelap Perusahaan Moonton (Mobile legend)

Sifat kasar dari staf eksekutif membuat sulit bagi karyawan untuk membuat argumen balasan melawan kebijakan diskriminatif perusahaan. Departemen HR mengatakan bahwa mereka takut untuk berbicara menentang kebijakan tersebut, karena para eksekutif biasanya akan mengamuk.

Saya benar-benar mempercayainya mereka, karena setiap hari wakil direktur akan mencaci maki dan meneriaki karyawan. Dia terus-menerus memarahi salah satu karyawan kami yang lebih pendek dengan ketinggian 5'6 (168cm), meskipun dia sendiri hanya 5'7 (170 cm), bahkan pernah mengatakan bahwa dia mestinya memiliki penis kecil di depan semua orang sebagai lelucon.

Pegawai wanita tertentu juga dipekerjakan karena hubungan intim yang mereka lakukan dengan wakil direktur kami dan mereka cukup dikecualikan untuk melakukan pekerjaan yang benar, hanya memberikan beban pada pegawai dengan gaji yang lebih rendah, yang segera melepaskan diri karena harus melakukan dua kali lipat beban kerja. Membiarkan karyawan tersebut melanjutkannya bukanlah masalah besar, tapi lebih banyak pelecehan dan penganiayaan mental yang mereka alami dari atasan, menanyakan mengapa mereka tidak dapat melakukannya dengan lebih baik.

Mobile legend adalah Game terlaris yang gue tau gan .... tapi abis liat begini gua jadi bingung apa yang ada di benak mereka?emoticon-Cendol Gan



Diubah oleh mr.trut 23-03-2018 14:43
0
10K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan