CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Kumpul Hok Lo Pan / Kue Terang Bulan Enthusiast
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58add345925233d94c8b4567/kumpul-hok-lo-pan---kue-terang-bulan-enthusiast

Kumpul Hok Lo Pan / Kue Terang Bulan Enthusiast

Tampilkan isi Thread
Halaman 98 dari 151
Quote:


Quote:


maaf ni sy msh awam dr segi visual hehehe... ciri2 kl lihat dr gambar itu sehingga di sebut bantat itu apanya ya? apakah dr kulit kelihatan agak tebal atau seratnya yg kekar berdiri? atau malah keduanya? kl lihat foto bang adrian yg bagian bawah kelihatan lemes stlh di timpa isian beda dengan foto mbak irma msh berdiri tegak...

Quote:

wuih jadi kepo nih... sy skr msh hanya sekedar pembaca dari tread yg lama sampai skr msh ingat ID kaskus master2 disini.... tp utk kasus ini hehehe beneran gak tau... PM in dong mbak jd penasaran siapa...emoticon-Big Grin dl sy sempet baca di tread lama ada yg di jual peralatan perangnya tp sempet bikin2 lagi dan share disini, apa msh jualan apa nggak ya...

Btw yg sdh pada jualan di share donk pengalamannya... suka duka pas jualan di situasi ekonomi yg sepi ini (di daerah sy ya)...
mau tanya nih agan agan semua , gimana sih caranya buat loyang iu panasnya merata , apa di bagian bawah loyang iti di tambagin seperti seng atau besi play
[quote=putukaca;5aaf3b529a09514c0e8b456d]maaf ni sy msh awam dr segi visual hehehe... ciri2 kl lihat dr gambar itu sehingga di sebut bantat itu apanya ya? apakah dr kulit kelihatan agak tebal atau seratnya yg kekar berdiri? atau malah keduanya? kl lihat foto bang adrian yg bagian bawah kelihatan lemes stlh di timpa isian beda dengan foto mbak irma msh berdiri tegak...


maksudnya bantet itu yg punyaku ada beberapa bagian yg ngk jd seratnya gan... benar gt y mksdnya para suhu??
Quote:


biar seratnya bs misah2 gt caranya gmn gan andrian? agan pke sk aja ato +bp?
Quote:


bukan sis....diliat dari tekstur kulitnya...harus solid, tipis n crispy....ga ada bolong2nya
kalau ada bolong2 kulitnya dipastikan bantat....adonan gagal...salah teknik ngadon...salah komposisi resep dll
kalau adonan ok....hubungan dengan panas loyang ...panas kurang....kulit tetap solid...kurang ngembang
kalau overheat...kulit solid...warna agak gelap...ngembang tinggi
masalah serat...skip dulu sis...kalo ngebentuk serat halus dah level advanced
ntar kalo saya dah nemu ngebentuk serat halus...dikasih deh kisi2nya
perkiraan... adonan harus benar2 halus (adonan enteng)...penggunaan bs seminimal mungkin

Quote:


"...bolong2 kulitnya..." maksudnya bolong2 gede apa nyebar banyak kecil2 gan? alnya disini pernah sy lihat foto2 hasil buatan teman2 disini kulitnya ada bolong2 kecil2 gt tp seratnya bagus dan penampakannya lemes...

ntar kalo saya dah nemu ngebentuk serat halus...dikasih deh kisi2nya ditunggu gan emoticon-Big Grin

"...adonan harus benar2 halus (adonan enteng)..." yang di maksud dengan adonan enteng tu kayak gimana ya gan? maaf blm paham sy...
mgkin mksud gan vandros bolong parah,itu biasanya overheat,klo bolong2 sdikit tu tidak bantat biasanya,tergantung kita cara teknik ngadon,kulut itu biasa ny pengaruh teknik adonan,setiap adonan memiliki karakter masing2 saat dimasak,tidak bisa dijadi patokan,permainan api pun mempengaruhi
Cara manggang pakai kompor rumahan gmn y. Ane gagal trs. "Bantet" pkai loyang ukuran 24/26 ini contoh hasil.nyaKumpul Hok Lo Pan / Kue Terang Bulan EnthusiastKumpul Hok Lo Pan / Kue Terang Bulan Enthusiast
Diubah oleh wahyusoviant130
bantet parah
Siang gan, mau minta masukan nih untuk buatan ane.

Spoiler for foto martabak ane:


Beberapa kasus terkadang ketika martabak jadi, tekstur jadi sedikit seperti Bolu, jadinya malah seperti makan roti emoticon-Hammer, apakah salah di pengapiannya atau resepnya ya gan?
Ane pakai sedikit vanili & bubuk susu ketika adonan dibuat dirumah, penggunaan soda kue saya kasih waktu di stan, bersamaan dengan telur.
Mohon petunjuknya ya agan-agan, terima kasih atas waktunya.
Quote:


Kulitnya tebal. Terlalu lama masaknya. Susu bubuknya dikurangi krn bisa bikin serat kayak bolu.

Ganti cara ngaduk

Kumpul Hok Lo Pan / Kue Terang Bulan Enthusiast
Diubah oleh irma.v3ana
Quote:


kenapa aq gk bs upload foto yg berwarna y?? ada yg bs bantu?? selalu jdinya hitam putih gini
Quote:


soda kue kebanyakan kayak juga bisa menyebabkan tekstur bolu, soal nya buat martabak gk pernah pakai susu, beberapa kali kayak bolu.
Quote:


Quote:


Ok siap gan, terima kasih banyak atas masukannya, akan ane coba update lagi di kesempatan mendatang.
Terus untuk vanilinya sendiri tidak masalah ya? dan saya juga pakai tepung tapioka sih agar bisa tetap empuk teksturnya sampai besoknya, atau apakah tepung tapioka & vanili ini punya efek samping lain ke adonan kita?
Diubah oleh christianrio
Quote:


kompor rumahan high pressure ya? ada api kecil di tengahnya nggak? coba fotoin kompornya
Quote:


masi sama hasilnya,pelajari panas loyang,dan permainan api
Quote:


Yap. Bener skali bang . Solusi nya gmn y
Diubah oleh wahyusoviant130
Quote:


kalo ada api tengahnya kenapa ya gan ?
kompor ane tengahnya ada apinya gitu, kompor high pressure.
klo bikin pake loyang ukuran 24/26 hasilnya persis gitu.
baru kalo pake loyang 16/18 hasilnya lumayan bagus
Quote:


Quote:


kue terang bulan itu aslinya kan dibuat dengan menggunakan arang, nah si arang ini kan bagian panas apinya nutup ke semua bagian bawah loyang, makanya panas api jadi rata ke seluruh bagian loyang. sedangkan kompor standar rumahan kan lingkar apinya tidak sebesar ukuran loyang, apalagi loyang ukuran besar seperti 24/26.

ketika kita menggunakan loyang ukuran 24/26, lalu gunakan api kecil atau sedang, bisa dilihat bagian loyangnya yang tercover api hanya sampai tengah saja, bagian pinggirnya nggak. kalau dipaksa apinya dibesarkan, yang terjadi api bakalan melebar sampai ke pinggir, tapi bagian tengah tidak tercover apinya, jadi pilihannya:

api sedang: tengah panas, pinggir nggak (panas nggak rata)
api besar: pinggir panas, tengah nggak (panas nggak rata)

belum lagi kompor standar rumahan itu high pressure, yang cocoknya buat bikin makanan yang ditumis kayak nasi goreng, mie goreng, dll. ketika dipakai untuk kue terang bulan, ya kulitnya bisa tebal atau keras, juga jarak antara tungku dengan loyang itu sempit, hanya 1 cm. solusinya kalau ingin menggunakan kompor rumahan bisa menggunakan ukuran loyang lebih kecil, misal 18/20 atau 20/22, juga baiknya ditambahkan adapter atau ganjelan biar kasih jarak lebih antara api dan loyang, jadi kulitnya bisa tipis.

kalo masih kekeuh mau pake loyang 24/26 buat kompor rumahan, solusinya harus mainin api, jadi panaskan dulu loyang dengan api sedang, setelah kira-kira siap loyangnya, tuang adonan, setelah itu langsung besarkan api sampe full, sampe nyentuh bagian pinggir loyang. dari sini perhatiin deh kuenya, kan itu mulai mateng dan membentuk serat gelembung dari pinggir, sejalan dengan ngebentuk seratnya itu api mulai kecilin ngikutin gelembungnya itu (makin ke dalam / tengah). nanti ketika dirasa sudah mulai 3/4 terbentuk gelembung dan ngembang, api stabilin di tengah, kalau kira-kira udah mau mateng baru apinya dikecilin banget dan tutup loyang.

nah, kalo nanti abis ngangkat kuenya, trus mau lanjut manggang, jangan langsung tuang, panasin dulu sekitar 1 menit (kira-kira) dengan api sedang, baru tuang adonannya ke loyang, ulangi permainan api pake cara di atas.

*kompor dengan api kecil ditengah itu lebih enak, karena bisa buat panas loyang lebih stabil. buat akhir-akhir manggang kuenya, ketika mau matang bisa dimatikan api yang besar, gunakan api kecil aja.

memang cara di atas ini ribet, dan belum bisa sesempurna dengan menggunakan arang, atau kompor low pressure dengan lingkar api yang lebar (sesuai dengan loyang), tapi kalau mau memaksimalkan apa yang udah ada ya memang harus kreatif, jangan lupa diingat2 settingannya. karena beda orang, beda peralatan, beda setelan / settingan.
Halaman 98 dari 151


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di