Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LANGI7Avatar border
TS
LANGI7
Serba Serbi Hydrant
Selamat DatangDi Thread ini...



Spoiler for Permulaan:


Awal mula dari thread ini moga-moga ga repost ya ... 

Spoiler for TKP:


Saat ini sudah jarang sekali orang perduli dengan benda yang dimaksud. Hydrant. itulah yang akan TS bahas. Apakah agan yang termasuk orang yang mengabaikan benda ini? Jika tidak, beruntunglah Agan karena masih perduli dengan lingkungan. Kenapa, karena walaupun benda ini kelihatan kaku dan bentuknya juga ga NOW ya. Tapi tahu ga, ada sejarah dibalik itu semuanya loh. Mulai dari warna dan fungsi lainnya. Berikut akan coba TS sampaikan.


Spoiler for Iklan:


Coba bisa dilihat sebelumnya dari video itu? apa yang bisa ditangkap. Petugas yang biasa ngurusin kebakaran, atau biasa disebut DAMKAR. Perlu banyak latihannya. Mulai dari bagaimana menggulung selang, menggelarnya dan lain sebagainya. Semua itu ada ilmunya loh, ga sembarangan. 


Begitupula dengan warna. Aturan ini mengacu pada peraturan mengenai warna, Untuk pewarnaan pipa ada dokumen yang mengatur yaitu SNI 19-3778-1995, yang salah satu acuan standartnya adalah Australian Standart Colour AS 2700 – 1985 warna Merah untuk Pipa Hydrant Kebakaran. Apapun yang berkaitan dengan Hydrant baik  baik pompa, pipa, hydrant aksesoris (box, pillar) menggunakan warna merah agar mudah diidentifikasi. 


Lain halnya dengan warna hydrant di negara lain, mereka menggunakan warna yang berbeda pada jenis hydrant yang digunakan dan seberapa banyak pasokan air yang dialirkan. Apa fungsinya, agar dapat mengidentifikasi jumlah pasokan airnya. Karena hal terkait kebakaran sangatlah genting. 1 detik saja salah ambil keputusan maka dapat merugikan banyak hal, baik materil maupun non materil.


Berdasarkan  standar National Fire Protection Association (NFPA), pewarnaan pada alat-alat fire hydrant disesuaikan dengan aliran. Warna kuning merupakan warna standar untuk badan hydrant. Selain warna kuning, NFPA juga menstandarkan warna silver (perak) pada badan hidran.


Jika Agan melihat hydrant di Indonesia kenapa sering dikasih palang, itu karena fungsinya. Jika terjadi kecelakaan di sekitar hidrant maka tidak langsung menabrak yang berakibat bocor atau pecahnya hydrant tersebut. Nah, bagaimana dengan box hydrant? biasanya terletak di mall dan ada tulisan "DILARANG MELETAKKAN BENDA APAPUN DI DEPAN BOX HYDRANT" ini fungsinya jika terjadi kebakaran, petugas bisa langsung mengeluarkan selang dengan segera.



Spoiler for "Jangan ditiru!":




Buat yang punya info lainnya bisa bagi-bagi ya terkait masalah hydrant. Kekurangan TS banyak banget.

Mohon jangan di emoticon-Bata (S) ya... 


SR yang baik biasanya akan berikan emoticon-Rate 5 Star

Apalagi emoticon-Toast


Terimakasih sudah mampir ya ...emoticon-Cool


Spoiler for Sumur:

0
1.8K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan