CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Pajak /
Tanya Jawab Pajak Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000904661/tanya-jawab-pajak-indonesia

Tanya Jawab Pajak Indonesia

Tampilkan isi Thread
Halaman 355 dari 403
Quote:


thanks gan respondnya.
sekilas ane baca2 di internet katanya kalo ada aset yang dijual, duit hasil penjualan tsb dilaporkan di SPT tahunan pribadi ya gan? jadi tidak dilaporkan sebagai harta tambahan di laporan pasca Tax Amnesty....

Quote:


untuk hardcopy nya sendiri gimana gan? katanya perlu disetor ke kpp juga ya? jadi 2 dokumen yang softcopy dan hardcopy.

Quote:


itu kalo lapor manual gan, kalo online ya cukup lewat ereporting saja
Quote:


emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul
Quote:


ada pph final gan 2% klien yg potong nanti minta bukti potongnya
Diubah oleh bajajzz
Quote:


ini nanti perlu dimasukin ke invoice ga gan??
biasanya klien udah paham kan y yg kayak ginian??
atau perlu diinfo??
Gan, mau tanya.. semoga ada yang bantu

Jadi ini lebih ke persoalan orang tua sih gan.. Jadi gini, ayah saya nggak ikut Tax Amnesty, sudah saya infoin tahun lalu tapi karena nggak ngerti jadinya dia gak ikut.

Nah, Ayah saya ini memang sudah tua dan pensiun, bahkan buat NPWP aja setelah pensiun (2017 kemarin) dan sudah mendapatkan Efin hari ini. Dia sih selalu bayar pajak tapi nggak pernah laporin gan, bagi dia pelaporan pajak&harta itu bener2 asing (dan saya baru tahu akhir2 ini juga setelah kerja). Ayah saya nggak pernah bisnis cuma karyawan. Yang jadi pertanyaan saya :

1. Apakah harus melaporkan harta yang diperoleh Ayah saya antara 1985-2015? jika iya, nilai yang dicantumin itu harga beli atau bukan?
2. Bagaimana cara laporinnya? buat laporan ditahun-tahun sebelum 2017? (jujur saya gak tau kapan laporan pajak seperti ini itu mulai di Indonesia) apa cukup isi SPT terakhir saja? Semua SPT sampai 2015 aja? atau gimana?

Sangat mohon pencerahannya gan.. makasih emoticon-shakehand emoticon-shakehand
Diubah oleh BabyCrawl
Hi agan2 perpajakan, mau tanya

jika PT A mau membeli barang dr perorangan, namun orang tersebut tidak mengeluarkan faktur, kita sebagai PT harus gmn ya gan? bagaimana cara perusahaan lapornya jika orang yg bersangkutan tidak keluarkan faktur, trims
Diubah oleh Indra Ramone
Quote:


minta surat pernyataan non pkp (bukan pengusaha kena pajak) ke pihak tsb gan sesuai dgn aturan UU PPN. otomatis dia gak menerbitkan faktur pajak.

cmiiw emoticon-shakehand


Quote:

Lalu misalkan harga rp. 1000/kg, di e-faktur (faktur masukan) apakah harga tersebut menjadi rp 909.09 +ppn gan? Trims
Quote:


gak menerbitkan faktur pajak gan, jadi gak perlu mengiput di e-faktur & melaporkan... karna faktur pajak tidak terbit
Quote:


ya diinfokan aja gan, takutnya customer lupa.
masukan di invoice tertera DPP + PPN (10 % x DPP) kemudian dipotong PPH 23 (2% x DPP) atas jasa emoticon-shakehand
saya baru sadar bahwa uang tunai dan tabungan itu beda kode harta ya,
saya sudah lapor spt 2017 pada feb 2018(yang jadi masalah,saya laporkan 81 juta itu sebagai uang tunai,bukan tabungan,padahal aslinya itu tabungan semua karena saya gak punya tunai)..salah nulis kode harta karena ketidak tahuan saya,dan kurangnya edukasi pajak selama ini,untuk usaha kecil seperti saya,
sudah saya sampaikan tadi saya menyampaikam spt pembetulan karena memang begitu keadaan real nya)..saya rinci dari masing masing rekening,jumlahnya sama,, beda beberapa ribu rupiah aja
saya daftar npwp 2016 (ikut amnesty juga saya tulis uang tunai)...
....tanggapam agan semua bagaimana?
Quote:


oke noted gan.. emoticon-Big Grin
nanti untuk pembayaran pajaknya sendiri gmna y gan??
apakah transfer atau cukup di laporin ke kantor pajak terus dibayarin??
maklum gan newbie. emoticon-Malu (S)
oiya, klo DPP itu apa y gan?? emoticon-Malu (S)
Quote:


menurut gw sih transaksi ini waktu lapor SPT masa PPN dimasukkan ke kolom Penyerahan Dalam Negeri dengan Faktur Pajak yang Digunggung, dulu soalnya pernah konsul sama AR di kantor pajak. karena kita tidak mengeluarkan faktur pajak. (cmiiw)
Halo mastah2, mau tanya tapi sorry kalau agak cupu pertanyaannya emoticon-Blue Guy Peace

Ane mau laporin Bukti Pemotongan PPH 21. Rincian pemotongan dari kantor udah ada di ane dalam bentuk lembaran dokumen resmi. Nah pas ane login ke DJP Online dan mau buat SPT, malah dikasih e-formulir yang agak njlimet dan pas ane coba isi malah hasilnya ga sinkron. emoticon-Malu

Ada tutorialnya gak ya cara laporin SPT online yang bener, kalau di sini udah ada boleh minta link threadnya? Ane udah ubek2 ga nemu.

Selain jalur online, ada gak cara laporin SPT? Kemana dan gimana caranya?

Thanks emoticon-Cendol (S)
Gan mau nanya nih, ane tahun lalu resign dipertengahan tahun 2017.. sebelum2nya taun 2015-2016 ane selalu isi form spt 1770s karena gaji ane dalam setahun lebih dari 60 juta.. sementara di tahun 2017 total gaji ane ga nyampe 60 juta soalnya ane kerja cuma 7 bulan sebelum akhirnya resign..
Sekarang ane mau lapor pajak, apa ane tetep pake form 1770s atau ganti jadi form1770ss?
Quote:


kalo ane sih mending jd 1 aja, drpd bikin 2 kode segala... kl punya uang ya tulis uang kas... kalo punya tabungan ya tulis tabungan... kl punya keduanya.. tulis aja tunai/uang kas toh masing2 uangnya likuid...
jd ga ribet sendiri gan... tp kl uda terlanjut ya uda diurut aja, tanyakan ke AR nya.. biar kl ada kesalahan bs langsung dikoreksi dan di acc... #capek
gan tanya donk, ane mau lapor spt 2017.. ane baru menikah di bln nov 2017
istri selama ini tidak punya npwp, statusnya bekerja.. ane lihat bukti potong 2017nya nomor NPWPnya 00.000.000.00 dan NIK kosong..
Pertanyaan ane :
1. setelah menikah harusnya NPWP suami istri gabung kan gan? kalo gitu istri tidak usah buat NPWP lagi kan? tinggal ksh nomor NPWP suami ke kantor istri buat dilaporin?
2. untuk pelaporan SPT 2017, statusnya bisa langsung sy ubah jadi menikah? dan penghasilan istri saya jadikan penghasilan Final gak gan?
3. apakah sy harus update data NPWP secara manual dl ke KPP dl kalau sy sdh menikah gan baru boleh lapor SPT 2017 gabung suami istri?

Thank you jawabannya, cendol menanti.. emoticon-Wink
Quote:


penghasilan di atas 60 juta setahun pake form 1770 s. kalo penghasilan di bawah atau sama dengan 60 juta pake form 1770 ss gan emoticon-shakehand

cmiiw
Halaman 355 dari 403


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di