Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

p0congkaskusAvatar border
TS
p0congkaskus
Impor Gandum Indonesia Terbesar di Dunia, Semua Diam

Impor Gandum Indonesia Terbesar di Dunia, Semua Diam


RILIS.ID, Jakarta— Pengamat Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa menyebutkan, pemerintah telah melakukan impor gandum di atas 12 juta ton sepanjang 2017. Angka tersebut, dinilai terlampau tinggi jika dibandingkan dengan Mesir. Bahkan, Indonesia telah mencetak rekor impor gandum Indonesia terbesar di dunia.

"Di belakang layar impor beras, ternyata ada impor gandum yang sudah di atas 12 juta ton pada 2017 dan saat ini menempatkan Indonesia sebagai importir gandum terbesar di dunia," katanya dalam diskusi Politik Ekonomi dan Tata Kelola Perberasan serta Dampaknya Terhadap Stabilitas Nasional di Puri Denpasar Hotel Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Sayangnya, lanjut Andreas, peristiwa impor gandum ini tidak ada yang diributkan oleh masyarakat. Padahal, kata Andreas, gandum tidak bisa di tanam di Indonesia.

"Kenapa kok impor gandum yang sudah di atas 12 sekian juta ton semuanya diam? Kita tahu persis, gandum ini 100 persen tidak bisa tanam di Indonesia," ungkapnya.

Andreas menjelaskan, pada 2015, konsumsi gandum tehadap porsi pokok pangan nasional berkisar 21 persen. Sementara, sekarang sudah mencapai 25 persen. Menurutnya, angka tersebut sudah di ambang krusial bagi pokok pangan nasional.

"Saya khawatir, angka 25 persen ini sudah ambang kritis. Negara-negara di Arab dan Afrika jatuh gara-gara pangan, mereka jatuhnya karena ketergantungan mereka terhadap impor sangat tinggi," jelasnya.
"Sehingga, ketika 2011 food price indeks meningkat sampai 240, forex koleps semua negara di sana, dan kita tahu namanya Arab Spring. Itu merupakan krisis global kedua," tandasnya.

Editor: Intan Nirmala Sari

sumber: http://rilis.id/impor-gandum-indones...nia-semua-diam



1
5.6K
72
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan