deacon23Avatar border
TS
deacon23
Udah Tau Belum Gan? Johnny Jaiyah Saelua, Pesepakbola Transgender Pertama di Dunia


Pesepak bola berjenis kelamin pria dan wanita memang sudah biasa kita saksikan berlaga di lapangan hijau. Namun, bagaimana dengan pesepak bola transgender atau seseorang yang merubah jenis kelaminnya?

Ini dia Jaiyah Saelua, pesepak bola transgender pertama di dunia.



Jaiyah Saelua sejatinya berjenis kelamin pria. Namun, dia kemudian merubah jenis kelaminnya menjadi wanita. Tak hanya itu saja, dia pun merubah namanya dari Johnny menjadi Jaiya Saelua. Dia pun menjadi Waria (wanita-pria) pertama yang memperkuat Amerika Samoa di Kompetisi resmi. Jaiyah jelas mempunyai kepribadian unik.

Pemain yang berposisi Bek itu secara biologis lahir sebagai lelaki tapi agak sedikit "melambai" atau dengan kata lain, lemah gemulai. Maklum hal itu terjadi karena pemuda yang kuliah di Universitas Hawaii ini punya perilaku seperti wanita.



Kemenangan 2-1 atas Tonga pada tahun 2011 membuat nama Jaiyah, yang menjadi kapten saat itu, diakui oleh dunia.

Di pertandingan itu ia berhasil menjadi dinding tebal yang sulit dilewati barisan depan timnas Tonga. Ia pun berhasil menyelamatkan gawang American Samoan dari kebobolan setelah ia menjadi pemain terakhir yang menyapu bola dimulut gawang.



Sepp Blatter pun kemudian menyuratinya dan mengucapkan selamat atas keberhasilannya memimpin timnas American Samoa.

Dan kemudian Presiden FIFA ini melabeli Jaiyah sebagai pesepakbola transgender pertama di dunia.


Jaiyah memang memiliki kecintaan berlebih terhadap sepakbola. Dan dengan kecintaannya tersebut, ia juga ingin membantu negaranya, American Samoa, menjadi tim sepakbola yang lebih baik lagi.



"Ini bukan masalah transgender dan bukan juga masalah laki-laki atau perempuan. Di sini hanyalah masalah bermain dan tetap bermain sepakbola," ungkap pemain kelahiran 19 Juli 1988 itu.

Saat ditanya apa sebenarnya cita-cita dia, Saelua menjawab dengan cepat bahwa dirinya ingin jadi penari. "Pokoknya tari modern. Jazz boleh juga. Atau bisa juga sedikit balet," kata Saelua seperti diberitakan New York Times.



Kisah American Samoa dan kisah Jaiyah ini pun kemudian diangkat ke sebuah film yang berjudul Next Goals Wins dan tayang di beberapa negara Britannia

TKP 1

TKP 2
Diubah oleh deacon23 17-03-2018 01:37
0
3.2K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan