mthayayayaAvatar border
TS
mthayayaya
Pintu Norman dan Bagaimana Desainnya Mengecoh Kita
Pernahkah kamu mengalami momen memalukan ketika melakukan kesalahan saat membuka pintu Gan?
Ketika harusnya menarik pintu tersebut, kamu justru mendorongnya. Begitupun sebaliknya. Ketika harus mendorong, kamu malah menarik pintunya.



Agan yang kurang fokus atau memang salah si pintu sih?

Tenang Gan.. Tenang. Mungkin pintu yang hendak Agan buka itu adalah pintu Norman.


Foto: Urbandictionary

Norman door atau pintu norman sendiri adalah sebutan untuk pintu yang desainnya kerap memberikan sinyal yang keliru pada penggunanya Gan. Desain Pintu Norman tersebut biasanya menyuruh pengguna untuk melakukan hal yang berlawanan dari yang seharusnya dilakukan. Itu sebabnya terkadang pada pintu Norman ada label instruksi pull dan push atau tarik dan dorong pada kedua sisinya. Karena tanpa tanda instruksi pengguna kerap terkecoh dan dibiarkan menebak-nebak apakah harus mendorong atau menarik si pintu tersebut.

Contoh saja pintu yang satu ini. Jika Agan dihadapkan pada pintu ini, apa yang akan Agan lakukan untuk membuka pintunya? Tarik atau dorong?


Foto: .internetrix.com.au

Pintu ini bisa dibuka dengan cara mendorong. Padahal penempatan ganggang pintu dengan model seperti ini justru kerap membuat orang berpikir untuk membuka pintu dengan cara menariknya. Sebuah desain pintu yang mengecoh penggunanya kan!


Don Noorman

Istilah Norman Door sendiri pertama kali digunakan oleh Don Noorman dalam bukunya The Design of Everyday Thingssetelah menemukan banyaknya fenomena desain-desain gagal dalam keseharian yang kerap membingungkan para pengguna seperti desain pintu-pintu ini. Menurut Don Norman, pintu Norman merupakan sebuah desain yang tidak dipertimbangkan dengan bijaksana. Sebab seharusnya dengan melihat ke pintu, Agan harusnya langsung bisa mendeteksi apa yang harus Agan lakukan dengannya. Apakah mendorong atau menariknya.

Ah cuma masalah desain pintu doang.

Mungkin beberapa orang akan memberikan komentar seperti ini terkait pintu Norman. Tapi tahukah Gan. Desain-desain gagal yang tak ramah pengguna seperti yang ada pada pintu norman juga bisa merugikan. Pada tahun 1903, Teater Iroquois yang baru dibangun di Chicago terbakar. Lebih dari 600 penonton teater sempat terperangkap di dalam gedung karena para penonton panik dan saling mendorong pintu ke arah luar sementara pintu tersebut sebenarnya dirancang untuk ditarik ke arah dalam. Andai desain pintu tersebut dibuat dengan lebih jelas dan tidak membingungkan pengguna, maka di saat-saat darurat seperti ini tidak akan ada kendala bagi para pengunjung untuk keluar dari gedung kan?




Diubah oleh mthayayaya 14-03-2018 14:11
2
30.2K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan