wenyindAvatar border
TS
wenyind
Ini Dia Empat Puncak dengan Salju Abadi di Indonesia


SPORTOURSIM -Jawajiya, Papua jadi salah gunung tertinggi di Indonesia, dengan mendan yang cukup berat. Menariknya, di puncak gunung ini terdapat salju abadi yang kerap jadi incaran para pendaki.

Bagi Sahabat Sporto yang pernah atau ingin mendaki gunung satu ini, tentunya mengetahui terdapat empat puncak yang ada di sini. Dan sama-sama memiliki salju abadi. Nah, apa saja?

Puncak Jaya



Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl), dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global. Akibat pemanasan global, salju di puncak ini perlahan mulai hilang.

Puncak Sumantri Brodjonegoro



Tingginya mencapai 4,870 mdpl. Puncak Sumantri Brodjonegoro jaraknya sekitar dua kilometer dari sebelah utara Piramid Carstensz. Puncak ini cukup tajam, di sekitarnya dikelilingi jurang yang sangat curam. Di sini juga terdapat es yang menyelimuti bagian atas Puncak Sumantri Brodjonegoro.

Puncak Carstensz Timur



Selain puncak Jaya dan Sumantri Brodjonegoro, Carstensz Timur juga memiliki jalur yang sangat sulit dilalui. Sahabat Sporto yang ingin mendakinya, yaitu harus menggunaka krampon atau sepetu es demi keamanan saat melewatinya. Di atas puncak ini, terdapat bongkahan es yang sangat besar.

Puncak Mandala



Ketika masa penjajahan Belanda, Puncak Mandala dinamakan Juliana Top atau Puncak Juliana. Tingginya mencapai 4.760 mdpl, Puncak Mandala adalah gunung tertinggi ke-2 di Indonesia setelah Puncak Jaya. Medan di sini sangat lah sulit untuk sampai ke puncak, jadi Sahabat Sporto haruslah berhati-hati ketika melintasinya.


Diubah oleh wenyind 14-03-2018 10:36
0
16K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan