komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Ini Nih Caranya Agar Tetap Sehat Saat Menginap Di Kamar Hotel
Saat berwisata ke kota maupun daerah lain, kecuali jika Jalan2ers memiliki opsi menginap di jenis akomodasi lain, menginap di hotel biasanya menjadi pilihan akomodasi utama. Saya pribadi termasuk salah satu yang hobi menginap di hotel. Bukan untuk mencari kemewahannya (pada kenyataannya saya sangat jarang menginap di hotel mewah), namun karena faktor suasana baru dan aneka fasilitas yang bisa ditemukan dalam sebuah hotel (seperti kolam renang dan room service) yang membuat hotel menjadi opsi menginap yang menarik.

 

Namun, beberapa waktu lalu saya cukup shock menemukan aneka fakta seputar isu kebersihan dalam sebuah kamar hotel. Ternyata, dibalik kamar hotel yang terlihat rapi dan nyaman itu tersimpan beberapa fakta yang berpotensi mendatangkan kuman penyakit. Yah, mungkin ini tidak menimpa semua hotel, karena bisa jadi standar kebersihan antara satu hotel dan hotel lainnya sangat berbeda. Walau begitu, tak ada salahnya kita mewaspadai sumber kuman dalam hotel yang bisa mendatangkan aneka penyakit. Hitung-hitung kita melakukan usaha untuk tetap sehat saat wisata, setuju? Berikut beberapa poin yang perlu diperhatikan, yang saya sarikan dari berbagai sumber.


 

1. Waspada akan kebersihan bedcover, sprei, dan pelapis sprei.

 

Sepintas, kasur di hotel terlihat begitu menggoda untuk langsung ditiduri. Bedcover yang terlihat bersih, begitu juga dengan selimut dan sprei yang sama terlihat bersihnya, ditambah dengan kasur yang empuk dan nyaman. Wuih, rasanya pingin langsung buru-buru merebahkan badan di atas kasur sesampainya di kamar hotel.

 

Tunggu dulu, ketahui dulu fakta seputar kebersihan bedcover, selimut, dan sprei hotel. Untuk sprei, biasanya memang dicuci setiap hari oleh pihak hotel. Namun belum tentu dengan bedcover dan selimut. Begitu juga dengan kain tipis yang memisahkan antara sprei dengan bedcover. Tak sedikit lho hotel yang hanya mencuci bedcover/selimut kira-kira 1 mingu sekali. Apalagi untuk kain tipis di atas sprei. Konon kain tersebut baru akan dicuci jika ada noda yang kelihatan! Mungkin Jalan2ers tak langsung mempercayai kabar ini (dan itu bagus karena menandakan Jalan2ers berpikir kritis), namun tak ada salahnya kita memastikan kebersihan penutup tempat tidur sebelum menggunakannya. Mencegah lebih baik dari mengobati, bukan?



Kamar hotel di Bang Saray Beach Condominium [foto: Tomwild/wikimedia]

 

2. Gelas di kamar hotel

 

Sudah lazim sekali jika di setiap kamar hotel ada gelas untuk minum dan cangkir untuk membuat teh maupun kopi. Namun adakah yang bisa menjamin kebersihan cangkir dan gelas tersebut? Siapa tahu kamar yang kita tempati sudah beberapa hari kosong, dan sudah selama itu pula gelas-gelas tersebut menghuni kamar dan mengundang aneka kuman penyakit untuk menempel padanya. Jadi, sebagai bentuk pencegahan, tak ada salahnya untuk membersihkan dulu aneka gelas yang ada dalam kamar hotel sebelum Jalan2ers memutuskan untuk menggunakannya.

 

3. Perhatikan kebersihan bathtub dan jacuzzi

 

Dalam kamar mandi hotel, toilet mungkin saja cukup sering dibersihkan. Namun bathtub dan jacuzzi? Belum tentu. Terkadang bathtub dan jacuzzi tidak dibersihkan secara maksimal, apalagi jika tidak ada noda yang kelihatan. Saya nggak menyarankan teman-teman untuk selalu berbekal peralatan membersihkan kamar mandi setiap kali akan menginap di hotel (karena toh kita akan pergi berlibur dan bukannya jadi cleaning service), namun nggak ada salahnya memastikan kebersihan bathtub dan jacuzzi di hotel sebelum mengisinya dengan air panas dan berendam didalamnya. Jika diperlukan, berbekallah cairan antiseptik (seperti D*tt*l) yang bisa dituangkan di atas bathtub/jacuzzi untuk membersihkan kuman.



Contoh bathtub/jacuzzi hotel [foto: HRJCI/wikimedia]

 

4. Sofa hotel pun tak luput dari kuman

 

Beberapa jenis kamar menyediakan sofa tambahan untuk tempat duduk tamu hotel. Sekilas sih kelihatannya sofa relatif aman dari kuman ya. Namun jika kalian termasuk pecinta kebersihan, ada baiknya melapisi dulu sofa hotel dengan sesuatu sebelum duduk diatasnya. Kita tak pernah tahu siapa yang sudah duduk disana dan aktifitas apa yang pernah dilakukan diatasnya (dan apakah yang duduk diatasnya mengenakan pakaian atau tidak), karena berbeda dengan sprei hotel yang dicuci sesering mungkin, sofa termasuk item yang jarang sekali dicuci dan dibersihkan.

 

5. Remote control TV dan AC

 

Sebenarnya, sudah jadi pengetahuan umum jika benda-benda yang sering kontak dengan tangan merupakan agen kuman penyakit yang sangat baik. Mouse dan laptop komputer pun tak luput jadi sarang kuman, dan untuk kasus kamar hotel, itu berarti remote control TV dan AC. Namun jangan terlalu parno ya. Selama Jalan2ers rajin mencuci tangan, insya Allah kebersihan tangan terus terjaga.

 

6. Waspada kutu kasur

 

Ya, betul. Waspada kutu kasur. Bahkan kasur hotel yang super empuk dengan standar kebersihan tinggi pun kadang-kadang tak luput dari kutu kasur lho! Memang sih agak sulit untuk mengamati kasur mana yang terkena kutu kasur. Salah satu tips yang bisa dicoba adalah dengan memperhatikan bagian bawah dan tengah-tengah kasur. Jika ada titik-titik coklat kemerahan, bisa jadi itu merupakan jejak dari kutu kasur. Perhatikan juga ujung-ujung karpet hotel, dan juga sofa. Jika kalian menemukan kutu kasur, sebaiknya segera lapor pada petugas hotel dan jika memungkinkan, mintalah untuk ganti kamar.

 

Sekali lagi, tidak semua hotel bermasalah dalam hal kebersihan, namun itu juga berarti tidak semua hotel memiliki standar kebersihan yang baik. Dan jangan langsung parno untuk menginap di hotel, karena saya pribadi percaya jika sedikit kuman itu bagus untuk merangsang sistem imun (karena kalau terlalu steril juga malah nggak sehat), hehe. Jalan2ers bebas mau percaya atau menganggap poin-poin di atas itu betul atau hoax, namun tak ada salahnya kita waspada untuk meminimalkan kemungkinan jatuh sakit saat tengah berwisata. Setuju?



zharki
zharki memberi reputasi
1
7K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan