jqwertyAvatar border
TS
jqwerty
Mau Migrasi ke Linux? Rencanakan Dulu Gan!
WELCOME IN MY THREAD







[/CENTER]
Quote:




Di thread ini ane mau bahas soal migrasi ke Linux, atau lebih tepatnya dari Windows ke Linux. Kenapa? Karena ane rasa masih banyak yang bingung dan ragu untuk hijrah dari 'jendela dunia' ke OS open source ini. Ane bahas dari sudut pandang ane sendiri sebagai seorang pemula, jujur ane baru beberapa harian ini pake Linux setelah kurang lebih setahun pake Windows sebagai sistem operasi di lepi kesayangan ane. Oke, tanpa banyak basa basi langsung aja ke point nomor 1.



1. Kenali diri, keperluan, dan kemampuan kamu
Spoiler for mengenali diri:

Kembali ke judul thread ini, kenapa harus direncanakan? Point pertama ini adalah salah satu alasannya. Sebelum kamu pindah ke Linux, kenali dulu keperluanmu nanti. Apa kamu hanya untuk mengerjakan tugas-tugas kantor? Multimedia? Software developing?
Linux punya puluhan bahkan ratusan distribusi (distro) dengan karekteristik yang beragam, mulai dari distribusi untuk pemula hingga mastah tingkat god dewa vape. Di internet banyak kok tentang tingkatan-tingkatan distro Linux berdasarkan tingkat kesulitannya, sebagai contoh gambar di bawah ini.
Spoiler for tier:


Sudah punya bayangan? emoticon-Big Grin

Masih bingung? Ane kasih beberapa rekomendasi distro Linux buat pemula, sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Quote:




2. Linux itu ga susah kok!
Spoiler for susah:

Mantapkan hatimu seperti kamu sedang menatap harapan di masa depan (kenapa ane mendadak puitis giniemoticon-Hammer)
Point ketiga ini lebih kepada keyakinan untuk migrasi sih, karena nantinya kamu akan berada di 'rumah baru' yang tentu saja kamu perlu adaptasi selama beberapa saat untuk menyesuaikan diri.



4. Linux ga jauh beda sama Windows kok!
Spoiler for pintasan:

Beberapa distribusi Linux ga jauh beda sama Windows kok, ga jauh beda termasuk dalam pintasan keyboardnya. Untuk copy file masih bisa pakai CTRL + C, blok semua file bisa pakai ALT + A. Atau mau delete file secara permanent juga bisa pakai SHIFT + DEL.

Jujur ane sendiri ngrasain kalau Linux ga ada perbedaan yang berarti selain status 'open source' dan 'close source'emoticon-Hammertapi disisi lain tetep ada sisi lain yang sangat menarik untuk digali lebih dalam lagi.



Gimana? Udah tentuin sikap? Jadi migrasi ke Linux atau tidak? Semua pilihan tersebut ada di pilihan ente. Yang jelas ane tekankan lagi, Linux adalah OS untuk orang-orang yang mau belajar, dan kata susah itu muncul ketika niat belajar seseorang mulai memudar atau memang belum adaemoticon-shakehand
Diubah oleh jqwerty 10-03-2018 03:57
zharki
zharki memberi reputasi
1
26.2K
293
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan