Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

everesthomeAvatar border
TS
everesthome
Tak Ada Rumah Tapak Dalam Program DP Rp 0
Tak Ada Rumah Tapak Dalam Program DP Rp 0

Rabu, 14 Mar 2018 15:08 WIB

Jakarta - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan memastikan, tak ada rumah tapak dalam program DP Rp 0 yang dicanangkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Pasalnya, akan sangat sulit membangun rumah tapak di Jakarta dengan harga yang masuk dalam skema subsidi pemerintah.

Batasan rumah tapak subsidi FLPP di Jakarta misalnya, ditetapkan maksimal dengan harga Rp 147 juta. Hal itu akan sulit ditemukan di Jakarta karena untuk rumah dengan luas tanah 45 m2 saja, harga tanahnya sudah mencapai Rp 135 juta dengan asumsi harga per meter perseginya Rp 3 juta.

"Kenapa kita nggak mau rumah tapak, karena harga rumah tapaknya itu besar sekali. Rumah tapak subsidi itu maksimal harganya Rp 140 juta per unit, di Jakarta harga tanahnya sudah berapa? Jadi kalau rumah tapak di DKI itu nggak mungkin dengan FLPP. Tapi kalau nggak FLPP, ya bisa saja," katanya saat ditemui di Gedung G Balai Kota, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Baca juga: Program DP Rp 0 Masih Belum Jelas

Hal ini pula yang mengkonfirmasi kenapa Pemprov DKI Jakarta tak masuk dalam pembangunan rumah tapak DP Rp 0 di rorotan.

"Di rorotan itu, luas bangunan 27 m2, tanah 45 m2. Tanahnya saja sudah 135 juta, belum bangun rumahnya lagi. Oleh karena itu kita hindari rumah tapak. Jadi nggak bisa kita rumah tapak karena melampaui FLPP yang Rp 147 juta," katanya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, nantinya selain memberikan rumah vertikal, pihaknya juga akan menyediakan rumah tapak dalam program DP Rp 0. Namun rumah tapak yang akan disediakan hanya dijual satu per satu alias tak dalam skala besar lantaran minimnya lahan di Jakarta yang bisa dibangun rumah tapak dalam skala besar.

"Jadi kalau ada pemilik rumah tapak yang mau jual, yang masuk kriteria di dalam pembiayaan kita, maka kita bisa beli dan kita bisa tawarkan kepada peserta program," ujar dia beberapa waktu lalu dalam wawancara khusus dengan detikFinance. (eds/dna)

https://finance.detik.com/properti/d...rogram-dp-rp-0


Dulu kata Sandi ada yang jual rumah murah online emoticon-Ngakak (S)
0
2K
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan