alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Beberapa Hal yang Dapat Kamu Lakukan saat Insomnia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a97ca2198e31b5a778b4570/beberapa-hal-yang-dapat-kamu-lakukan-saat-insomnia

Beberapa Hal yang Dapat Kamu Lakukan saat Insomnia

Beberapa Hal yang Dapat Kamu Lakukan saat Insomnia
Halo Juragan, ane balik lagi nih. Biasa gan, ane cuma mau sharing aja di sini. Mudah-mudahan bermanfaat ya gan heheheemoticon-Winkemoticon-Wink


Tidur merupakan kebutuhan untuk semua orang. Tidur normal untuk manusia khususnya usia 18 - 25 tahun adalah 7 - 9 jam perhari. Namun setiap orang memiliki waktu tidur yang berbeda-beda. Itu bukan karena kemauan mereka, namun memang banyaknya kegiatan ataupun batas mengantuk dari orang tersebut. Ada yang tidur malam lebih awal yaitu 9 PM atau 10 PM, karena pada saat pukul tersebut mereka sudah merasa sangat mengantuk. Namun, ada juga yang baru mulai tidur pukul 12 AM atau bahkan 1 hingga 3 AM baru memulai untuk tidur. Agan termasuk yang mana nih?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation (NSF) bersama 18 ilmuwan medis dan beberapa peneliti, mereka melakukan 300 penelitian tentang tidur. Di penelitian tersebut, mereka mencoba mencari waktu tidur yang tepat berdasarkan usia. Hingga akhirnya, NSF beserta ilmuwan dan peneliti merekomendasikan tidur yang tepat sesuai dengan usia. Oya, berita tentang peneletian ini bisa kamu baca juga di CNN Indonesia.

- Bayi yang baru lahir (0 - 3 bulan), waktu tidur yaitu 14 - 17 jam per hari
- Bayi (4 - 11 bulan) waktu tidur yaitu 12 - 15 jam per hari
- Anak pra-sekolah (3 - 5 tahun) waktu tidur yaitu 10 - 13 jam per hari
- Anak sekolah (6 - 13 tahun) waktu tidur yaitu 9 - 11 jam perhari
- Remaja (14 - 17 tahun) waktu tidur yaitu 8 - 10 jam per hari
- Orang dewasa muda (18 - 25 tahun) waktu tidur yaitu 7 - 9 jam per hari
- Dewasa (26 - 64 tahun) 7 - 9 jam per hari

- Orang dewasa yang lebih tua (di atas 65 tahun) waktu tidur yaitu 7 - 8 jam per hari

Namun kebanyakan orang sekarang atau bahkan sudah dari dulu tidak dapat tidur tepat sesuai yang telah dianjurkan. Karena beberapa orang memiliki sebuah gejala sulit untuk tidur cepat atau biasa disebut insomnia. Insomnia sendiri terjadi karena ada suatu penyebab seperti kelainan emosional, fisik dan pemakaian obat-obatan. Emosional di sini lebih mengarah mengenai kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan (ini menurut yang saya baca di Wikipedia ya gan.

Biasanya saat seseorang terkena insomnia, mereka merasa tidak nyaman dan sangat terganggu. Apalagi kalau keesokan harinya mereka harus berangkat pagi untuk kerja, sekolah ataupun kegiatan lainnya. Pasti beberapa orang saat insomnia, berusaha untuk memejamkan mata sampai nanti mereka tertidur atau menonton acara-acara tv. Namun memaksakan tidur itu tidak baik untuk kesehatan agan loh. Lebih baik agan melakukan sesuatu yang produktif atau lebih berguna pada saat insomnia menyerang.

1. Menyelesaikan Tugas Sekolah atau Kampus
Pasti agan mempunyai banyak aktifitas yang membuat agan merasa sangat sibuk dan melupakan beberapa tugas yang belum diselesaikan kan? Entah itu tugas dari sekolah ataupun kampus. Nah dari pada menonton acara tv, lebih baik menyelesaikan tugas yang belum selesai atau belum sempat dikerjakan. Karena biasanya, saat seseorang sedang belajar, rasa ngantuk akan mudah datang. Gak tau kenapa alasannya, memang itu yang terjadi di kebanyakan orang .

2. Merencanakan dan Memikirkan Masa Depan
Apakah agan pernah mengatur kegiatan-kegitan yang akan dijalani? Atau Apakah agan pernah berpikir ingin jadi apa nantinya? Saat insomnia, agan bisa mencoba memikirkan hal-hal tersebut dan membuat listnya di catatan. Agar kehidupan lebih teratur dan tau dengan jelas ingin kemana dan jadi apa agan nantinya. Sehingga agan punya acuan atau pedoman. Namun jangan jadi sebuah list atau rencana saja ya, tapi harus dijalanin di kehidupan nyata. Agar hal tersebut dapat terelasiasikan.

3. Menonton Film
Kalau agan sudah berusaha keras untuk tidur dan tidak bisa juga. Segera bangun dan setel koleksi film-film yang agan punya. Namun jangan sembarang film yang kamu tonton, apalagi film... (sensor) #IYKWIM. Pilih lah film yang memaksa otak untuk berpikir atau juga bisa menonton film yang bergenre inspiration. Karena, dengan menonton film-film dengan genre inspiration dan yang memaksa agan untuk berpikir lebih. Dapat membuat mindset menjadi lebih baik, dibandingkan kamu menonton film yang.... ah sudahlah.emoticon-Embarrassment

4. Membaca Buku atau Artikel
Kalau tidak mau menonton film, agan juga bisa mengisi waktu saat terkena insomnia dengan membaca artikel-artikel yang bermafaat di internet. Jika tidak memiliki koneksi internet, agan bisa baca buku pelajaran sekolah atau kuliahan yang nanti pagi akan dibahas. Jadi agan menjadi lebih paham, saat nanti akan dibahas oleh guru atau dosen di kelas. agan juga bisa membaca novel yang belum sempat diselesaikan.emoticon-Peace

5. Bermain Game yang Mengasah Otak
Agan juga bisa mengisi waktu saat insomnia dengan bermain game nih. Namun pilihlah game yang memaksa untuk lebih berpikir atau yang memaksa agan untuk menambah kemampuan dalam diri. Seperti contohnya bermain game dengan genre teka-teki untuk mengasah otak atau game RPG yang mengasah kemampuan bahasa Inggris. Tapi tidak harus game yang saya sebut juga sih. Apabila agan punya game favorit, agan bisa memainkan game tersebut.


6. Membersihkan Kamar
Membersihkan kamar akan menjadi hal bermanfaat lainnya, untuk mengisi waktu agan saat insomnia. Agan bisa mulai menyingkirkan sesuatu yang tidak berguna atau merapikan sesuatu yang terlihat berantakan di kamar. Sehingga kamar terlihat tampak lebih baik dari sebelumnya. Apabila agan sudah mulai lelah membersihkan dan merapikan kamar, mulai lah beranjak ke kasur dan istirahatkan diri agan.emoticon-Smilie

Itu dia gan, beberapa hal bermanfaat yang bisa dilakukan saat insomnia. Informasi di atas hanya pendapat dari saya. Kalau agan punya sesuatu hal yang biasa dilakukan sendiri, itu tidak masalah. Tapi yang terpenting adalah lakukan lah hal-hal yang lebih produktif ya. Agar kita menjadi lebih baik dan kreatif dari sebelumnya. Kalau agan punya saran lain, yuk share gan. Semoga bermanfaat gan, kalo bermanfaat yaudah gpp hahaha
emoticon-Jempol

Mampir ke sini juga ya gan : panji saputro
Diubah oleh panji9979
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
coli bray, dijamin bikin lemes terus ngantuk emoticon-Cool
Beberapa Hal yang Dapat Kamu Lakukan saat InsomniaBeberapa Hal yang Dapat Kamu Lakukan saat Insomnia

olah raga biar capek trus tdr nyenyak
mata panda yg ane dapet kalo insomnia emoticon-Leh Uga
Tidur bree biar mimpi basah trus kekenang deh keesokan harinya.....emoticon-linux2

emoticon-Cool
warna fontnya emoticon-Najis
biasanja sih saija ngejang emoticon-Leh Uga
Kalo Ane sih nelpon sampe kuping panas Gan...
emoticon-Goyang
Quote:


Waaah... Ane juga Gan... Khususnya kalo ada trit yang mo dirobohin...
emoticon-Ngakak
Diubah oleh adolfsbasthian
Quote:


nah itoe boleh djoega .... emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Quote:


Apalagi diiming-imingi bonus menggiurkan Gan...
emoticon-Goyang
gangguin gadis tetangga
Kalo melakukan apa saat insomnia sih banyak & macem2, tapi diluar itu menurut (pengalaman) ane lebih banyak bahaya nya, yaitu kurang tidur. Ya kalo pagi nya ga ada kegiatan, nah kalo banyak kegiatan & harus pagi, ngeri.
olahraga malem
situp atau pushup
coli gan nanti juga ngantuk tidur deh
kalo gue paling ngaskus sambil browsing apa aja gitu emoticon-Malu (S)
Baca judul, ane kirain yang mesti dilakuin biar kagak jadi insomnia emoticon-Hammer2
susah tidur buat yg muslim coba baca Al-Qur'an aja dijamin cepet ngantuk
ane biasanya nulis gan, tau2 ketiduran di dpan layar. .
Olahraga apa nih gan?emoticon-Malu

Quote:


Kurang-kurangin kalo gitu gan hahahaemoticon-Leh Uga

Quote:


Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di