- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Negara Ini juga menerapkan "Ganjil-Genap", Berhasilkah?


TS
gondolgandul
Negara Ini juga menerapkan "Ganjil-Genap", Berhasilkah?


Quote:
Peraturan kendaraan ganjil-genap ini mulai terkenal pas diterapkan di sepanjang jalan sudirman-thamrin Jakarta. Peraturan ini menggantingkan peraturan 3in1 yang sudah dianggap tidak efektif dan relevan. Peraturan ini diberlakukan untuk membatasi jumlah kendaraan yang melewati jalan tersebut dengan memberikan akses kepada pemilik kendaraan dengan nomor plat awal ganjil atau genap pada hari tertentu. Baru baru ini kebijakan ganjil genap diterapkan pada tol jakarta-cikampek. pada gerbang bekasi barat dan bekasi timur.
Sebelum di Jakarta ternyata kebijakan semacam ini juga diterapkan di negara lain. Berikut beberapa contohnya
Sebelum di Jakarta ternyata kebijakan semacam ini juga diterapkan di negara lain. Berikut beberapa contohnya
India, Delhi
Quote:

Di india, tepatnya di kota Delhi. pada awal Januari 2016 berdasarkan instruksi kementrian masa itu, memberlakukan ganjil genap. Namun peraturan itu hanya dilakukan selama 15 hari. Mulai dari 1 Januari sampai 15 Januari. Kemudian dilakukan pula pada 15-30 April. Mulai dari jam pagi sampai jam 8 malam. Berbeda dengan jakarta, peraturan ini lebih bertujuan mengurangi polusi kota Delhi. Akan tetapi peraturan tersebut ternyata tidak terlalu berdampak terhadap penurunan polusi kota Delhi.
China, Beijing
Quote:

foto: telegraph.co.uk
Kebijakan di Beijing dilaksanakan bertepatan dengan Olimpiade Beijing 2008. Tujuan utamanya ialah mengurangi polusi kota Beijing. Selain ganjil genap sebenarnya masih ada beberapa kebijakan pembatasan kendaraan lainnya. Hasilnya, polusi kota Beijing berkurang hingga 40%. Namun, berdasarkan sebuah penelitian kebijakan ini kepadatan kendaraan berkurang 20-40% dan kecepatan laju kendaraan bertambah 10-20%. Menurut penelitian tersebut, kebijakan ini hanya efektif jika diterapakan pada acara acara besar seperti olimpiade Beijing.
Perancis, Paris
Quote:

foto: dailymail.co.uk
Pada tahun 2014 dan 2016, Paris juga mencoba menerapkan kebijakan ini. Peraturan ganjil genap mulai berlaku sejak pukul 5:30 pagi hingga tengah malam. Kebijakan ini diterapak di pusat kota dan pinggiran kota Paris. Hal ini mulai diterapakan sejak kondisi polusi udara Paris yang mengkhawatirkan. Di Paris, peraturan ini tidak berlaku bagi mobil listrik, mobil hybrid, mobil kantor berita, dan mobil yang mengangkut lebih dari 3 penumpang atau lebih. Motor juga menjadi objek peraturan ini. Dan segala tranportasi umum di GRATIS-kan. Hasilnya partikel polusi berkurang 20% pada saat rush hour.
Kolombia, Bogota
Quote:

foto:latintravelguide.com
Bogota mulai memberlakukan peraturan ini pada tahun 2011. Berlaku setiap hari kecuali weekenda. Sejak jam 6-9 pagi dan 5-8 malam. Bogota membatasi kendaraannya lebih ketat, berikut jadwal plat dan harinya:
- 5,6,7,8: Senin
- 9,0,1,2: Selasa
- 3,4,5,6: Rabu
- 7,8,9,0: Kamis
- 1,2,3,4: Jumat
Beberapa tulisan menyatakan bahwa kebijakan ini gagal. Karena kebanyakan kendaraan digunakan bukan pada peak hour.
Italy, Roma dan Milan
Quote:

foto: thelocal.it
Meningkatnya polusi udara di Roma dan Itali menjadi alasan pemerintah menerapkan peraturan ganjil genap. Pada Desember 2017, kebijakan ini mulai diberlakukan. Peraturan ini hanya berlaku selama tiga hari selama enam jam.mulai dari 10 pagi hingga 4 sore. Selama tiga hari tersebut transportasi umum mendapat potongan harga.
Kesimpulan
Quote:
Kebanyakan dari negara yang menerapkan ganjil genap bertujuan utuk mengurangi polusi. Kebijakan ini juga nampaknya tidak efektif untuk jangka panjang. Selain itu adanya kebijakan macam ini juga harus didukung oleh sarana transportasi umum lain yang memadai.
Quote:
Okee sekian tit dari ane, semoga bisa menambah pengetahuan kaskuser semua. Jika ada yang mau nambahin atau berpendapat monggo gan








SUMBER
Spoiler for sumber:
ndtv.com
wikipedia.org (Beijing road rationing)
Li, Ruimin, and Min Guo."Effects of odd–even traffic restriction on travel speed and traffic volume: Evidence from Beijing Olympic Games." Journal of traffic and transportation engineering (English edition) 3.1 (2016): 71-81.
npr.org
the guardian
myspinny.com
indiatimes.com
independent.co.uk
bbc.com
wikipedia.org (Beijing road rationing)
Li, Ruimin, and Min Guo."Effects of odd–even traffic restriction on travel speed and traffic volume: Evidence from Beijing Olympic Games." Journal of traffic and transportation engineering (English edition) 3.1 (2016): 71-81.
npr.org
the guardian
myspinny.com
indiatimes.com
independent.co.uk
bbc.com
Diubah oleh gondolgandul 13-03-2018 01:31
0
9.2K
Kutip
60
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan