Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

situtuAvatar border
TS
situtu
Tips Cerdas Membeli Mobil dengan Finansial Jangka Panjang
Membeli  mobil baru tentunya membawa banyak keutungan. Mulai dari dengan dijaminnya kondisi mobil yang masih sepenuhnya 100% sempurna, sampai dengan kebanggaan dari segi moril sang pemilik mobil. Tentunya, dibali itu semua pasti ada sisi buruknya. Apalagi dalam segi penyusutan nilai modal ketika dijual. Perlu diingat, bahwa penurunan harga purna jual mobil dapat mencapai 10-20% per tahunnya.
Oleh karena itu, banyak dari Anda memilih cara lain untuk bisa mendapatkan mobil yang bekualitas tetapi dengan harga yang tak sama dengan harga mobil baru. Dengan cara membeli mobil bekas atau mobil second hand dengan usia pakai yang tentunya belum terlalu tua. Melalui cara ini, Kerugian akan penyusutan nilai dapat dikurangi, berbanding terbalik dengan keuntungan yang di dapat dari pemakaian mobil dengan usia yang relatif tua dan tentunya masih menyisakan garansi pemakaiannya.
Kenali mobil bekas yang akan Anda beli:
1.     Membeli Secara Tunai atau Kredit
Membeli dengan tunai tentunya membawa keuntungan tersendiri, yaitu Anda tidak perlu bimbang memikirkan cicilan tiap bulannya. Ada kondisi yang perlu diperhatikan juga bila Anda ingin membeli secara tunai, kondisi tersebutdiantaranya adalah:
·        Berapa dana yang tersedia?
·        Berapa pendapatan yang Anda perlukan untuk dapat
menyokong kebutuhan hidup Anda ?
Jangan samapai Anda telah melakukan pembayaran mobil yang sesuai dengan ke inginan Anda, tetapi seluruh tabungan Anda terkuras habis dan pendapatan Anda jadi berkurang untuk memenuhi kebutuhan lainnya.Pertimbangkan juga dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih dengan cara kredit bila Anda menginginkan mobil yang Anda impikan. Salah satunya dengan pastikan berapa cicilan yang perlu Anda keluarkan setiap bulan tidak boleh lebih dari 1/3 penghasilan Anda tiap bulannya. Pastikan terlebih dahulu berapa sisa pendapatan yang Anda punya agar dapat menutup dari seluruh keseluruan beban cicilan perbulannya.
2.     Memiliki Asuransi
Asuransi tentu penting untuk mobil, agar kendaraan Anda dapat terlindungi secara finansial seandainya terkjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan untuk mengetahui bahwa mobil yang telah Anda beli telah diansuransikan terlebih dahulu oleh pemilik asuransi sebelumnya. Bila ada, ini adalah suatu keuntungan buat Anda, karena masih ada sisa waktu asuransi dari mobil tersebut yang dibayarkan oleh pemiliknya.Bila belum ada, mulailah berpikir untuk mengasuransikannya. Agar Anda tidak perlu keluar banyak biaya perbaikan, apalagi yang menelan dengan biaya yang jumlahnya cukup besar. Ingat, mobil merupakan salah satu asset yang bergerak dengan harga yang relatif mahal dan
sangat berisiko apabila terjadi kecelakaan dan kehilangan.
3.     Anda Perlu Perhatikan Pajak Per Tahunnya
Selain Anda harus membayar harga mobil tersebut, Anda juga harus mengurusi beberapa dokumen kelengkapan seperti biaya untuk balik nama, biaya pajak tahunanya, dan lainnya. Apabila belum mendesak sebaiknya ditunda terlebih  dahulu. Pastikan kondisi keuangan kembali membaik.Perhatikan pula pajak tahunan dari mobil tersebut, tipsnya dengan memilih untuk membeli dari pemiliknya dan perhatikan besar pajaknya. Apabila memungkinkan, pilih yang masih berumur 6 bulan sebelum jatuh tempo, dengan cara inilah Anda bisa menghemat biaya hingga waktu pembayaran berikutnya. Besarnya dari pajak tahunan sesuai dengan harga dari kendaraan, jadi pastikan terlebih dahulu apakah Anda tidak merasa keberatan ketika Anda membayarkan pajak.
4.     Kondisi Fisik dari Mobil Tersebut Masih Baik atau Tidak
Jangan sampai ketika Anda sedang membeli mobil dengan kondisi fisik dibawah 80%. Ini sangat berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan selain harga belinya.Untuk itu, lakukan cek fisiknya bersama orang yang berpengalaman, entah itu montir kepercayaan Anda atau bengkel kepercayaan Anda. Pastikan Anda tidak mengeluarkan lebih banyak uang hanya untuk perbaikan,karena dapat berpengaruh pada kemampuan ekonomi kedepannya Jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam melihat kondisi kendaraan yang akan dibeli, maka mintalah bantuan kepada orang yang lebih paham akan bagaimana kondisi dari kendaraan Anda agar tidak terdapat kerugian saat Anda membelinya. Kendaraan dibawah usia 5 tahun biasanya masih memiliki standar servisdari bengkel resmi yang baik. Di luar itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilihnya.
5.     Lakukan Test Drive Terlebih Dahulu, dengan Kecepatan Tertentu
Sebelum Anda melakukan pembayaran, ada baiknya  lakukan test driveterlebih dahulu. Dan cek kondisi mobil dengan kecepatan tertentu, dan mulailah dari kecepatan sedang hingga kecepatan tinggi. Ini perlu dilakukan agar kerusakan yang terjadi tidak berkaitan dengan kondisi fisik mobil tersebut sehingga dapat dideteksi dulu sejak awal.
Teliti Dulu Guna Menghindari Kerugian yang Anda Tidak Inginkan
Membeli mobil bekas tentu ada banyak keuntungannya. Cermat dalam memilih adalah salah satu anjuran yang paling utama agar Anda tidak keluar biaya lebih dalam waktu yang akan datang. Pilihlah mobil bekas yang dilihat dari dua sisi yaitu berkas Kelengkapan surat-suratnya dan dari fisik kendaraan tersebut.
0
1.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan