carrpiratesAvatar border
TS
carrpirates
Serial luar yang "menjajah" Indonesia
Halo agan dan sista sekalian, semoga yang lagi jenuh segera dapat liburan. Eh pada nyadar ga kalau orang Indonesia itu demen banget sama yang namanya serial. Sampai - sampai serial luar yang di import pun berhasil menyedot perhatian dan menjadi sukses di tanah air. Yuk kita bahas satu persatu serial dari mana saja yang berhasil sukses di Indonesia. Berhubung ane anak 90an, ane ga bisa membahas serial luar sebelum itu.



1. Tiongkok

Spoiler for Mulus:


Pada awal 90an serial dari Tiongkok memasuki tanah air. Sebut saja Kembalinya Pendekar Rajawali yang sangat fenomenal. Ada juga serial Golok Pembunuh Naga, Pendekar Hina Kelana dan masih banyak lagi. Setting nya rata - rata berlatar waktu jaman Tiongkok kuno dan menggunakan kung fu sebagai daya tarik utamanya.

Ada juga drama seperti Putri Huan Zhu dan Kabut Cinta. Emak - emak jaman sekarang mungkin masih ingat. emoticon-Big Grin

2. Taiwan

Spoiler for Mulus:


Kalau dari Taiwan kebanyakan dari kita akan mengenal F4 yang beranggotakan empat pemuda tamfan dan kaya. Pada jaman itu, sebelum youtube merajalela kebanyakan pemuda - pemudi menjadikan serial tersebut sebagai tontonan favorit. Seinget ane, serial dari taiwan mulai hype pada awal 2000an.

Selain Meteor Garden juga ada lagi Meteor Rain, Poor Prince, Mars dan lain - lain yang ane sendiri sudah lupa. emoticon-Big Grin

3. Amerika Latin

Spoiler for Mulus:


Marimar awwwww. Hayo siapa yang tidak ingat penggalan lagu itu. Banyak banget rasanya telenovela yang masuk ke Indonesia. Sebut saja Marimar, Cinta Paulina, Rosalinda dan masih banyak lagi. Telenovela umumnya bergenre drama percintaan remaja dan dewasa. Tetapi ada juga yang juga ditargetkan untuk anak - anak sepert Maria Belen dan Amigos X Siempre. Duh, siapa yang ingat sama Pedro dan Ana ? emoticon-Big Grin

4. Jepang

Spoiler for Mulus:


Dorama Jepang sempat masuk ke Indonesia lho. Tetapi mungkin tidak sesukses negara yang lain karena jumlahnya terbilang sedikit yang masuk layar kaca Indonesia. Seingat ane yang pernah tayang di Indonesia adalah Rindu - Rindu Aizawa. ! liters of tears juga sepertinya pernah tayang di Indonesia setelah sebelumnya diadaptasi ke sinetron Indonesia berjudul Buku Harian Nayla. Serialnya menguras air mata gan. emoticon-Frown

5. Korea Selatan

Spoiler for Mulus:


Negeri ginseng juga tak mau kalah untuk menginvasi dunia serial Indonesia. Banyak juga serial yang sukses di Indonesia, sebut saja rangkaian serial Endless Love dengan judul masing - masing Spring Waltz, Summer Scent, Autumn in My Heart, dan Winter Sonata. Ane lupa apakah semua tayang di Indonesia apa tidak. Tetapi salah satu ane yakin ditayangkan di televisi Indonesia. Drama tersebut sangat menguras air mata penontonnya.

Masih banyak lagi drama Korea yang masuk Indonesia seperti Boys Before Flower, The 1st Shop of Coffee Prince, Full House dan lain - lain

6. Amerika Serikat

Spoiler for Mulus:


Serial asala Amerika Serikat juga pernah tayang di Indonesia lho. Tetapi seingat ane tayang selalu pada jam malam. Beberapa serial yang pernah lihat di saluran televisi Indonesia adalah Prison Break dan The X Files. Kalau agan dan sista ada yang tahu lagi tolong sampaikan di kolom komentar ya.

7. Turki

Spoiler for Mulus:


Belum lama ini serial Turki sempat menghiasi layar kaca Indonesia. Sebut saja serial Abad Kejayaan yang mengisahkan kerajaan Ottoman di bawah kekuasaan Raja Sulaiman. Mungkin sebagian besar orang menganggap serial tersebut merupakan angin segar karena belum pernah ada serial yang membahas tentang kerajaan Ottoman. Selain itu juga ada serial berjudul Sehrazat, Elif dan Chazu dan Hazal.

8. Malaysia

Spoiler for Mulus:


Negara tetangga kita yang satu ini serial nya sudah masuk ke layar kaca Indonesia. Serial Malaysia yang masuk ke Indonesia biasanya merupakan animasi tiga dimensi. Sebut saja Upin & Ipin, Boy boy boy dan Pada Zaman Dahulu. Serial animasi tersebut sangat digemari anak - anak di tanah air. Jangan salah lho, animasi tiga dimensi di Indonesia juga tidak kalah bagus. Salah satunya berjudul Adit Sopo Jarwo.

9. India

Spoiler for Mulus:


Tung tara tung tara tung tara. Itulah theme song yang sering didengarkan dalam penayangan serial Indonesia. Mungkin banyak sekali yang kesal karena kalah berebut chanel dengan emaknya gegara serial Indonesia. Banyak sekali meme yang beredar tentang serial India yang tayang. Ane dulu sempat mengira kalau India juga ikut ajang MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) karena banyak banget orang India yang datang ke Indonesia.

Ga usah ane sebut judul lah ya, kalian pasti udah pada tau. emoticon-Big Grin

Updateeeee...


Quote:


Quote:


Quote:


***


Setiap masa punya hype masing - masing. Serial dari Indonesia juga masih di hati penikmatnya kok. Sebut saja serial Wiro Sableng dulu yang sampai sekarang masih dikenang dan akan dibuat filmnya. Kalau ada salah - salah tolong dimaafkan. Kalau agan dan sista punya pendapat jangan sungkan untuk mengisi kolom komentar. Sekian dulu dari ane dan terima kasih udah mau mampir.

Ane dengan senang hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh carrpirates 12-03-2018 08:03
Varamore
Varamore memberi reputasi
1
43K
186
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan