flockomAvatar border
TS
flockom
Berasal dari Produk Anak SMK, Mobil Esemka Telah Terjual 200 Unit
OTOmart – Salah satu produk mobil dalam negeri yang merupakan hasil karya dari para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia, yaitu Esemka telah mengantongi izin produksi pada bulan Oktober 2012. Bahkan hingga kini produk tersebut telah terjual sebanyak 200 unit di seluruh Indonesia.
Berdasarkan data yang didapatkan, ternyata peminat mobil Esemka bukan hanya di Pulau Jawa saja, melainkan hingga ke Pulau Sumatera, antara lain yaitu Lampung dan Sumatera Selatan.
“Semuanya sekarang telah dimiliki oleh teman-teman kita yang merupakan keluarga besar SMK. Selain itu, juga terdapat di Jawa Timur dan merupakan pemilik terbanyak mobil ini. Bahkan di Wonogiri dua, di Pati ada dua, di Jakarta ada dua, di Lampung ada total sebanyak 29 unit,” ucap mantan Direktur Teknik PT SMK Dwi Martono, seperti dilansir laman CNN Indonesia.
Sebelum melakukan produksi secara massal, PT SMK rupanya telah terlebih dahulu melakukan beberapa percobaan produk dengan pola membeli komponen melalui vendor, lalu akan dirakit dan dilakukan pengujian.
Baca Juga: Mobil Nasional Esemka Akan Dirilis Tahun Ini, Berapa Harganya?
Seperti yang diketahui bahwa mobil Esemka telah memproduksi beberapa model, seperti Bima, Borneo dan Rajawali. Namun, belum dapat dijelaskan model apa saja yang telah diserap oleh para konsumen dalam negeri.
Salah satu mobil jenis sport utility vehicle (SUV), yaitu Esemka Rajawali bahkan telah dibekali dengan mesin berkapasitas 1.600 cc dengan jumlah kapasitas penumpang yang diangkut sebanyak lima orang dan dibanderol dengan harga Rp 180 juta per unitnya.
Bahkan Toto juga menjelaskan bahwa SUV Rajawali R2 banyak diminati oleh perorangan yang memang telah menggemari mobil Esemka, dan bukan dibeli oleh lembaga atau oleh instansi pemerintah yang biasanya seringkali dijadikan kendaraan dinas.
“Hal ini karena bagi mereka merupakan sebuah kebanggaan (mempunyai kendaraan Esemka). Namun, dikemudian hari jika memang telah ada mobil Esemka berjalan di jalan umum yang setara dengan kendaraan-kendaraan yang lain, saya punya untuk pertama kali,” ucap Toto.
Mobil Esemka Rajawali pertama kali diperkenalkan ke masyarakat Indonesia secara nasional oleh Presiden Joko Widodo yang kala itu masih menjabat sebagai Walikota Solo. Lalu di tahun 2012, mobil tersebut juga masih sempat digunakan sebagai mobil dinas yang digunakan oleh Walikota dan Wakil Walikota Solo.
Baca Juga: Tertangkap Kamera, Kapan Mobil Buatan Indonesia Ini Meluncur?
Selain telah memproduksi mobil berjenis SUV, yaitu Esemka Rajawali, PT SMK juga kabarnya telah berhasil membuat beberapa prototipe mobil lain, seperti Bima 1.1, 1.3, 1.8 serta mobil berjenis pikap. Selain mobil berjenis SUV, Esemka juga membuat mobil berjenis mini bus dengan total 16 kursi, yaitu Esemka Borneo, lalu ada Esemka Digdaya 1 dan Digdaya 2.
Produksi mobil Esemka ini nantinya akan dirakit oleh PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) yang merupakan perusahaan gabungan dari PT SMK dan PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL). Namun, untuk saat ini PT ACEH tengah menyelesaikan proyek pembangunan pabrik mobil Esemka yang rencanaya akan berada di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Sedangkan untuk penjualan mobil Esemka direncanakan akan mulai dirilis tahun lalu, akan tetapi karena fasilitas produksi belum rampung, membuat penjualan mobil ini batal.
Berita Mobil, berita otomotif, esemka, Kabar Otomotif, mobil esemka, Mobil Nasional, Mobil Penumpang Esemka, Pikap Esemka, Proyek Mobil Nasional, smk 

https://www.otomart.id/berita/produk...emka-laku.html

esemka berjaya... jokowi 2 periode,,, wowo makin ketinggalan... jokowi sang inovator,,, sang cahaya asia
0
1.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan