Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

oktamonuraAvatar border
TS
oktamonura
Tak Disangka Gan, Ternyata 7 Mobil F1 Ini Tampilannya Bisa Aneh Banget!



Adanya tuntutan yang sedikit ‘memaksa’ para desainer mobil formula 1 (F1) untuk membuat konsep-konsep mobil terbaik ternyata bukan hanya ada di zaman sekarang, namun sudah ada sejak zaman dulu. Tak pelak, desain-desain mobil yang awalnya ditujukan kebtuhan mobil pun menjadi sedikit nyeleneh pun akhirnya lahir.
 
Puncak keanehan desain F1 terjadi pada era 1970-an, ketika regulasi F1 tidak seketat saat ini. Pada tahun-tahun itu, ada ruang tambahan bagi desainer untuk bermain-main dan menghasilkan banyak sekali desain ajaib bin nyeleneh.
 
Berikut kami hadirkan daftar mobil-mobil F1 dengan desain, maupun konsep aneh pernah ada sejak kejuaraan ini diselenggarakan pada 1950 hingga puncaknya pada era 1970-an.

 
1954 Mercedes-Benz W196 “Monza”


Spoiler for 1:


Untuk menghadapi trek lurus dan kencang seperti Reims, Silverstone atau Monza, Mercedes memasang bodi khusus yang menutup keempat roda pada W196. Bersama versi konvensional, berhasil membawa Mercedes merebut gelar juara dunia 1954 dan 1955. W196 juga merupakan mobil F1 pabrikan Mercedes terakhir sebelum W01 pada 2010.

 

1968 Brabham BT26


Spoiler for 2:


Pada awal era sayap ini, banyak tim bermain-main dengan konfigurasi dan posisi sayap. Termasuk Brabham yang menempatkan sayap tepat di depan pengemudi.

 

1971 Brabham BT34


Spoiler for 3:


Memiliki sepasang radiator ditempatkan di depan roda, Brabham BT34 mendapatkan julukan ‘capit lobster’. Mencetak sensasi di musim 1972 detika Carlos Reutemann meraih pole di balap pertamanya bersama mobil ini.

 

1972 Eifelland E21


Spoiler for 4:


Melihat lubang masukan udara di depan pengemudi dan spion tunggal, Anda tentu sepakat jika Eifelland pantas disebut salah satu mobil F1 teraneh.

 

1976 Tyrrell P34


Spoiler for 5:


Tyrrell P34 bukanlah satu-satunya mobil F1 dengan roda lebih dari empat. Tetapi merupakan tersukses dengan berhasil menempat 1 pole dan meraih 1 kemenangan di GP Swedia 1976.

 

1976 Ligier JS5


Spoiler for 6:


Terserah Anda mau menyebut desain saluran udara mirip teko, atau helm tentara Makedonia kuno. Berubahnya regulasi membuat desain ini hanya bertahan sampai paruh musim.

 

1978 Brabham BT46B


Spoiler for 7:



Satu-satunya mobil F1 memiliki fan besar di belakang berfungsi mengisap udara dari bawah guna meningkatkan downforce. Menempati pole dan menang di satu-satunya GP diikutinya. Langsung dilarang FIA akibat diprotes tim-tim lain.

 
Itu dia beberapa mobil-mobil Formula 1 (F1) dengan tampilannya yang ‘tak biasa’. Kalau menurut kamu, mobil mana yang paling aneh?


Sumber: http://www.mobilipo.com/berita/tak-d...a-aneh-banget/

0
1.9K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan