Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KaskusKreatorAvatar border
TS
KaskusKreator
STOP Kekerasan dalam Rumah Tangga/Hubungan Personal


Baru-baru ini model asal Indonesia yang berkarir di Amerika Serikat, bernama Dylan Sada, mengunggah foto dan video dirinya sebagai korban kekerasan oleh pasangannya. Ia berhasil kabur setelah dijambak, dipukul, diikat, dan disikut oleh kekasihnya yang merupakan orang asing.

Sebagaimana yang ditulis Dylan pada caption unggahan Instagram-nya, kekerasan yang dia alami terjadi berulang kali. 
Satu-satunya alasan mengapa saya posting ini karena saya tidak ingin orang merasakan penderitaan saya. Ketika penganiayaan fisik pertama terjadi, saya mengatakan bahwa saya ingin meninggalkannya (suami) tapi saya dianiaya secara verbal, saya takut. Aku terjepit, diikat dan disikut di bagian wajah dengan keras hingga lidahku terpotong. Rambutku ditarik begitu keras lalu dibanting ke lantai. Ada benjolan besar di kepala saya, sehingga saya melakukan CT scan,” tulis Dylan Sada di akun Instagram.

Saya adalah orang bodoh yang sedang jatuh cinta yang mengira (suami) bisa berubah. Saya terluka dan sangat patah hati tapi saya berhasil sembunyikan rasa sakit ini. mencari bantuan, bebaskan diri Anda jika Anda bisa. Pelecehan verbal kepada saya adalah yang terburuk daripada pelecehan fisik, bekas luka dan memar hilang tapi rasa sakit di dalamnya berlangsung selamanya,” pungkas Dylan.

Kekerasan dalam hubungan berpasangan memang tidak mudah diketahui orang lain. Karena kebanyakan pasangan yang menjadi korban lebih membela pasangan yang menganiayanya, dan menutupi peristiwa tersebut dari keluarga dan teman-temannya. Kekerasan bisa bermula dari rasa cemburu, overprotective, masalah kejiwaan, konsumsi alkohol atau narkoba, rendahnya kepercayaan diri, dan masih banyak lagi. Sedangkan korban tetap diam dan membiarkan hal itu terjadi karena merasa masih cinta dan mendapat permintaan maaf dari pelaku, sehingga Ia memaafkan dan berharap pelaku bisa berubah. Bahkan ada juga korban yang merasa itu adalah bentuk cinta yang teramat dalam dari pasangannya.

Domestic violence (kekerasan dalam rumah tangga) terjadi dalam pintu tertutup di dalam rumah-rumah. Mayoritas yang menjadi korban adalah perempuan dan anak-anak. Ada yang sudah kepalang menikah dengan pasangan yang kasar/abusive dan korban tidak mau bercerai karena merasa malu sama keluarga, ada juga yang akhirnya mencari pertolongan dan memutuskan bercerai.

Namun, kekerasan tidak hanya terjadi dalam rumah tangga saja, tetapi juga dalam pacaran. Dilansir dari situs DP3AKB prov Jabar, berdasarkan data dari LSM Mitra Perempuan bahwa di Jakarta pada tahun 2000, sekitar 11,6 % perempuan mengalami kekerasan pada masa pacaran dan pada tahun 2000 mengalami peningkatan sekitar 11,11 %. Selain itu, berdasarkan data dari Rifka Annisa Women Crisis Center dari tahun 2000 hingga tahun 2002, sekitar 264 perempuan melaporkan bahwa dirinya mengalami kekerasan pada masa pacaran. Jika dilihat secara menyeluruh, rata-rata sekitar 1 dari 10 perempuan mengalami kekerasan pada masa pacaran. Oleh karena itu, kekerasan  pada masa pacaran merupakan suatu masalah yang perlu mendapat perhatian karena berkaitan dengan cara perempuan dan berinteraksi dengan pacarnya.

Berdasarkan data dari Lembar Fakta Catatan Tahunan Komnas Perempuan Tahun 2017, tercatat kekerasan di ranah rumah tangga/relasi personal, yang merupakan kekerasan terhadap istri (KTI) yang menempati peringkat pertama 5.784 kasus (56%), disusul kekerasan dalam pacaran 2.171 kasus (21%), kekerasan terhadap anak perempuan 1.799 kasus (17%) dan sisanya kekerasan mantan suami, kekerasan mantan pacar, serta kekerasan terhadap pekerja rumah tangga.

Hal ini menjadi perhatian kita, bahwa kasus kekerasan di ranah rumah tangga dan personal sangat tinggi. Terhitung ribuan kasus di Jakarta. 
Yuk GanSist, kita bikin tulisan tentang kekerasan di ranah rumah tangga/personal! Beberapa pertanyaan ini bisa jadi ide kalian menulis.


Quote:


Ditunggu threadnya GanSist! Yuk kita cegah kekerasan terjadi melalui tulisan kita emoticon-Smilieemoticon-Smilieemoticon-thumbsup

Rangkai Kata Menjadi Ka(r)ya


emoticon-terimakasih



Diubah oleh KaskusKreator 07-03-2018 08:31
0
12.2K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan