Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

froyeAvatar border
TS
froye
Memalukan, Lautan Plastik di Bali direkam Bule Inggris

Sumber: Youtube/TheGuardian


Seorang turis asal Inggris Raya, Rich Horner,  merekam sesuatu yang sangat mengejutkan dan memalukan bagi kita bangsa Indonesia.  Ia merekam banyaknya sampah yang ada di dalam laut di daerah Bali saat ia melakukan diving.

Video tersebut diunggah oleh Rich Horner di akun sosial medianya dan juga di Youtube. Dalam video tersebut terlihat banyaknya sampah plastik dan bungkus makanan yang telah meguning bertebaran di dalam laut. Sebuah pemandangan yang sangat mengharukan dan menyedihkan tentunya.

Di akun sosial medianya ia berkata seperti ini, “Kantong plastik, botol plastik, gelas plastik, lembaran plastik, ember plastik, sedotan plastik, keranjang plastik, kantong plastik, kantong plastik lagi, plastik, plastik”, “Sangat banyak plastik”

Video Sampah di laut di Bali..


Youtube/TheGuardian


BIla kita melihat Video di atas tentu miris melihat kondisi laut tersebut. Banyaknya sampah di dalam laut tentu saja akan sangat-sangat menggangu ekosistem di dalam laut tersebut.

 Lokasi tempat ia merekam video tersebut adalah di Menta Point. Biasanya terdapat banyak ikan pari yang berada di area tersebut, akan tetapi pada video yang diunggah oleh Rich Hormer hanya terlihat satu ikan pari diperjalanannya. Tentu ini salah satu tanda bahwa  ekosistem mereka sedang terganggu dan mereka tidak nyaman untuk berada disana.

Sampah mulai membanjiri Bali dalam beberapa bulan terakhir ini. Musim hujan disebut sebagai salah satu alasan banyaknya sampah di pantai Bali saat ini. Pulau Jawa diyakini ikut menyumbang volume sampah yang sekarang ada di Bali.

Setiap harinya Indonesia menghasilkan 130.000 ton sampah. Hanya setengahnya dari sampah-sampah tersebut yang dibuang ketempat pembuangan sampah menurut data dari ROLE (Rivers, Ocean, Lakes, Ecology) Foundation. Sisanya sampah-sampah tersebut ada yang dibakar atau dibuang ke sungai dan laut.

Sekarang Indonesia adalah negara kedua dengan jumlah sampah plastik terbanyak.  Beberapa Minggu yang lalu ribuan orang di Bali melakukan pembersihan sampah secara masal untuk membersihkan sungai, laut, dan juga hutan. Mereka juga mengkampanyekan bahayanya  bila tetap membuang sampah sembarangan.

Lagi, lagi, dan lagi.. Mari kita jaga lingkungan kita. Jangan buang sampah sembarangan ya..emoticon-Jempol

Spoiler for Referensi:



Quote:

 
Diubah oleh froye 07-03-2018 04:45
0
2.1K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan