p0congkaskusAvatar border
TS
p0congkaskus
Larangan Bercadar Rugikan Mahasiswi, Fahira: Saya Buka Advokasi
Larangan Bercadar Rugikan Mahasiswi, Fahira: Saya Buka Advokasi



RILIS.ID, Jakarta— Ketua Komite III DPD RI yang membidangi persoalan pendidikan Fahira Idris menyayangkan kebijakan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang akan melarang mahasiswinya untuk mengenakan cadar di dalam kampus.

Bahkan pihak rektorat akan memecat atau mengeluarkan mahasiswinya yang tidak mengindahkan keputusan ini.

Fahira menegaskan, dirinya akan mengadvokasi langsung jika ada mahasiswi bercadar yang dipecat akibat kebijakan ini.

“Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan, apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya kira di tengah gembar-gembor kampanye ‘saya bhineka, saya Pancasila’ kebijakan-kebijakan seperti ini tidak akan ada, tetapi nyatanya masih terjadi,” ujar Fahira Idris, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (6/3/2018).

Menurut Fahira, setiap kebijakan yang dikeluarkan institusi resmi pendidikan harus punya landasan yang kuat. Tidak bisa diberlakukan berdasarkan asumsi dan prasangka. Telebih kebijakan tersebut berkaitan dengan orang banyak. Menstigma mahasiswi bercadar dmenganut ideologi atau aliran tertentu bahkan diidentikkan dengan gerakan radikal yang bertentangan dengan Pancasila, sangat tidak berdasar.

Walau sebelum pemecatan ada tahapan konseling dan sebagainya, Fahira mengingatkan kampus, mahasiswi yang mengenakan cadar sebagai bentuk keyakinannya beragama tidak boleh diberi sanksi apapun.

“Selama mahasiswi atau siapapun dengan atribut apapun yang dikenakannya, tidak melanggar norma agama, hukum, sosial dan tidak membahayakan apalagi merugikan pihak lain, tidak boleh dikenakan sanksi atau hukuman apapun. Mahasiswi yang bercadar karena ekspresi keyakinannya beragama dilindungi oleh UUD 1945, tidak boleh dilanggar oleh siapapun," tukas Senator Jakarta ini.

Seperti diketahui, aturan penertiban penggunaan cadar di kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mulai diberlakukan. Sementara ini, sebanyak 41 mahasiswi didata untuk dilakukan pembinaan karena telah memakai cadar di lingkungan kampus.
Mereka diberi konseling dan diharapkan untuk melepasnya ketika berkegiatan di kampus sesuai dengan kesepakatan sejak awal mendaftar di universitas negeri tersebut.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Yudian Wahyudi mengatakan, pendataan itu dilakukan sejak 28 Februari lalu. Didapati ada sebanyak 41 mahasiswi yang memakai cadar dari berbagai fakultas.

sumber: http://rilis.id/Larangan-Bercadar-Ru...-Buka-Advokasi
1
2.9K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan