- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Beragam Purwarupa Bus Listrik Buatan Indonesia


TS
vinstar
Beragam Purwarupa Bus Listrik Buatan Indonesia
Quote:
Quote:
Mengurangi polusi udara sudah menjadi tanggung jawab bagi umat manusia di seluruh dunia. Beragam penemuan dan cara telah dilakukan oleh manusia untuk menahan atau bahkan mengurangi laju perkembangan polusi udara. Salah satu caranya yaitu dengan mengajak masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum, bus khususnya. Di luar negeri misalnya, kata orang-orang sih sistem transportasi bus disana sudah sangat bagus, masyarakat di luar sana lebih milih naik bus ketimbang kendaraan pribadi. Jika suatu hari nanti pengguna bus semakin banyak, maka populasi bus juga semakin banyak dan mungkin aja polusi dari mesin diesel bus bisa jadi masalah baru untuk polusi udara.
Maka dari itu beberapa produsen bus di dunia sudah mulai berinovasi dengan menciptakan bus jenis big bus yang lebih ramah lingkungan, seperti Toyota dengan bus hidrogennya yang diberi nama Sora(tanpa nama belakang
), Mercedes-Benz dengan Citaro G Hybird dan lain sebagainya. Tak mau kalah, insinyur-insinyur dalam negeri pun juga mulai menciptakan teknologi bus listrik untuk jenis big bus, ya meskipun basic-nya masih menggunakan chassis bus konvensional. Berikut ini beberapa purwarupa bus listrik jenis big bus yang pernah dibuat di dalam negeri:
Sementara itu di pihak regulator yaitu Kementerian Perhubungan, masih melakukan pendalaman terkait dengan formulasi uji tipe kendaraan bermotor listrik, untuk selanjutnya menentukan perangkat peralatan yang dibutuhkan. Direktur Sarana Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Eddy Gunawan mengatakanhal-hal yang tengah didalami itu seperti formulasi uji tipe, ambang batas suara kendaraan, pembeda suara kendaraan, kekuatan baterai, dan perangkat peralatan yang dibutuhkan.
Ambang batas suara diperlukan untuk guna memberikan keselamatan bagi pengguna jalan dan pengendara kendaraan listrik. Tidak hanya itu, suara kendaraan bermotor mobil listrik juga harus berbeda dengan suara sepeda motor memungkinkan. Karena kalau kendaraan listrik gak ada suara bahaya buat keselamatan, sudah dilakukan pendalaman, kira-kira berapa desibel.
Para driver-nya perlu notice nih, "Segera isi baterai kembali bila sudah 15%" atau di mobil storingnya disiapin power bank
Maka dari itu beberapa produsen bus di dunia sudah mulai berinovasi dengan menciptakan bus jenis big bus yang lebih ramah lingkungan, seperti Toyota dengan bus hidrogennya yang diberi nama Sora(tanpa nama belakang

Quote:
1. Bus Listrik Ahmadi
Spoiler for Eksterior Bus Listrik Ahmadi:
Quote:
Tiga orang sarjana Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menciptakan bus listrik yang diklaim tercanggih pada saat itu. Ketiga sarjana itu adalah Mirfa Fauzan, Nydia Irtiana, dan Ahmad Kurnia Paramastya yang bekerja di PT Sarimas Ahmadi Pratama pimpinan Dasep Ahmadi, warga Depok yang berhasil menciptakan mobil listrik. Selain tercanggih, bus yang diberi nama Ahmadi ini juga diklaim sebagai bus ternyaman dan terbesar di Indonesia untuk ukuran bus listrik pada saat itu. Bus dilengkapi dengan baterai Lithium Ferofospat, mampu menempuh hingga 100 km dengan kecepatan 80 km per jam.
Baterai dari bus ini bisa menyimpan daya 150 kilo watt dan perlu diisi selama delapan jam. Kendati dirakit dan dibuat di Depok, namun 50% bagian dari bus ini diimpor dari Amerika Serikat (AS) dan sisanya menggunakan produk lokal Indonesia. Kalau dilihat dari setirnya sih, sepertinya pakai chassis Hino RK8 ini.
Bus ramah lingkungan ini dilengkapi alat kontrol perilaku pengemudi saat menjalankan bus. Bus berkapasitas 40 penumpang ini sudah pernah melakukan test drive ke kawasan Puncak Bogor. Sebelum diproduksi, tim melakukan penelitian sejak 2013. Semua rancangan dan perakitan bus dilakukan di perusahaannya. Ketiga peneliti itu membutuhkan waktu enam bulan untuk menciptakan bus yang diklaim tercanggih tersebut. Biaya penelitiannya mengeluarkan dana sebesar Rp 3 miliar. Saat itu ada tiga bus siap dijual dengan harga kisaran Rp 4-8 miliar bergantung spesifikasi bus.
Namun sayangnya proyek bus listrik ini harus diakhiri dengan kasus korupsi
.
Baterai dari bus ini bisa menyimpan daya 150 kilo watt dan perlu diisi selama delapan jam. Kendati dirakit dan dibuat di Depok, namun 50% bagian dari bus ini diimpor dari Amerika Serikat (AS) dan sisanya menggunakan produk lokal Indonesia. Kalau dilihat dari setirnya sih, sepertinya pakai chassis Hino RK8 ini.
Spoiler for Dashboard Bus Listrik Ahmadi:
Bus ramah lingkungan ini dilengkapi alat kontrol perilaku pengemudi saat menjalankan bus. Bus berkapasitas 40 penumpang ini sudah pernah melakukan test drive ke kawasan Puncak Bogor. Sebelum diproduksi, tim melakukan penelitian sejak 2013. Semua rancangan dan perakitan bus dilakukan di perusahaannya. Ketiga peneliti itu membutuhkan waktu enam bulan untuk menciptakan bus yang diklaim tercanggih tersebut. Biaya penelitiannya mengeluarkan dana sebesar Rp 3 miliar. Saat itu ada tiga bus siap dijual dengan harga kisaran Rp 4-8 miliar bergantung spesifikasi bus.
Namun sayangnya proyek bus listrik ini harus diakhiri dengan kasus korupsi

Quote:
2. Molina UI EV-Bus
Spoiler for Eksterior Molina EV-Bus:
Quote:
UI meluncurkan kendaraan mobil berbasis listrik pada momen perayaan ulang tahun ke-52 Fakultas Teknik UI pada Senin (18/7/2016) di Fakultas Teknik, Kampus UI Depok. Bus ini dirancang bangun oleh Tim Mobil Listrik Nasional UI (Molina UI). Tim Molina UI terdiri atas dosen, peneliti dan mahasiswa dari berbagai dispilin keilmuan di UI. Para ahli Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Material dan Metalurgi, Ekonomi, Hukum dan ilmu budaya turut serta membuat bus penumpang bertenaga listrik tersebut.
Biaya pengembangan dan pembuatan kendaraan listrik tersebut didanai oleh LPDP melalui program Pengembangan Riset Industri Strategis Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Bus EV merupakan bus berkapasitas 60 penumpang dengan daya motor 120 kW dan 300 Ah. Sepertinya basic dari bus ini menggunakan chassis Hino RK8 yang menggunakan Karoseri Delima Jaya. Tidak hanya Bus Konversi Electric Vehicle (EV), Tim Molina UI juga merancang bangun tiga kendaraan listrik lainnya yaitu Makara Electric Vehicle (MEV) 01, City Car konversi (MEV) 02 dan City Car konversi (MEV) 03.
Bus ini dirancang untuk dapat menggantikan bus kampus UI yang berbahan bakar solar. Molina UI – Bus EV ini telah menjalani uji coba berkeliling kampus UI Depok dan saat ini tengah menjalankan uji level kelayakan untuk dapat diterapkan sebagai Bis Kuning (Bis keliling UI).
Biaya pengembangan dan pembuatan kendaraan listrik tersebut didanai oleh LPDP melalui program Pengembangan Riset Industri Strategis Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Spoiler for Dashboard Molina EV-Bus:
Bus EV merupakan bus berkapasitas 60 penumpang dengan daya motor 120 kW dan 300 Ah. Sepertinya basic dari bus ini menggunakan chassis Hino RK8 yang menggunakan Karoseri Delima Jaya. Tidak hanya Bus Konversi Electric Vehicle (EV), Tim Molina UI juga merancang bangun tiga kendaraan listrik lainnya yaitu Makara Electric Vehicle (MEV) 01, City Car konversi (MEV) 02 dan City Car konversi (MEV) 03.
Bus ini dirancang untuk dapat menggantikan bus kampus UI yang berbahan bakar solar. Molina UI – Bus EV ini telah menjalani uji coba berkeliling kampus UI Depok dan saat ini tengah menjalankan uji level kelayakan untuk dapat diterapkan sebagai Bis Kuning (Bis keliling UI).
Quote:
3. Maxvel E-Bus
Spoiler for Eksterior Electric Bus PT MAB purwarupa kedua:
Quote:
Pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 menjadi "panggung" pertama bagi unit purwarupa kedua bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dengan seri produk MD255-XBE1. Dalam ajang pameran tersebut PT MAB memajang 2 purwarupa bus listrik yang telah berhasil diproduksi. Unit purwarupa kedua ini memiliki dimensi panjang keseluruhan 12000 mm, lebar 2500 mm, tinggi 3750 mm dan ground clearance 250 mm.
Dalam produksinya, PT MAB bekerja sama dengan China Trustfull Group Limited untuk menyediakan baterai dan mesin motor bus listrik. Bus yang terisi baterai penuh diperkirakan bisa menempuh jarak 250-300 kilometer. Untuk mengisi ulang daya beterai hingga penuh perlu memakan waktu sekitar tiga jam. Tipe baterai adalah LiFePo (Lithium Ferro Phosphate), spesifikasi 576 V 450 Ah, berkapasitas 259.2 kwh, dan total berat 2.290 kilogram. Tipe motor mesin adalah electrical motor PMSM (Permanent Magnetic Synchronous Motor) dengan seri HYYQ 800-1200. Kekuatan maksimal sebesar 200 kw 268 hp.
Unit ini bersifat low entry, yaitu lantainya kabin bagian depan lebih rendah dari bus pada umumnya, hal itu dapat mempermudah akses bagi penyandang disabilitas untuk masuk ke dalam bus. Bisa digunakan sebagai bus kota ataupun bus apron Untuk purwarupa kedua ini, body yang digunakan buatan Karoseri New Armada dan dikabarkan PT MAB ini telah menerima pesanan unit dari PO Pahala Kencana dan PO Sabar Subur.
Menurut Jendral TNI (Purn.) Moeldoko selaku pendiri PT MAB, unit purwarupa kedua ini dijual dengan harga sekitar Rp 3 miliar.

Dokumentasi pribadi
PT MAB merupakan perusahaan yang memproduksi bus dengan mesin listrik. Seluruh pengerjaannya diselesaikan oleh Indonesia. Begitu juga seluruh suku cadang berasal dari dalam negeri, kecuali baterai dan motor mesin. Purwarupa pertama diluncurkan pada Maret 2017 dan telah menempuh perjalanan sejauh 3 ribu kilometer.

Dokumentasi pribadi
Perbedaan purwarupa pertama dan kedua hanya dari segi sasis atau kerangka bus. Purwarupa pertama berwarna putih dan desain kursi penumpang yang nyaris menyerupai bus transjakarta. Sementara purwarupa kedua bus listrik berwarna biru dengan desain kursi seperti bus pada umumnya. Untuk purwarupa pertama, menggunakan body buatan Karoseri Restu Ibu,
Spoiler for Interior Electric Bus PT MAB:
Dalam produksinya, PT MAB bekerja sama dengan China Trustfull Group Limited untuk menyediakan baterai dan mesin motor bus listrik. Bus yang terisi baterai penuh diperkirakan bisa menempuh jarak 250-300 kilometer. Untuk mengisi ulang daya beterai hingga penuh perlu memakan waktu sekitar tiga jam. Tipe baterai adalah LiFePo (Lithium Ferro Phosphate), spesifikasi 576 V 450 Ah, berkapasitas 259.2 kwh, dan total berat 2.290 kilogram. Tipe motor mesin adalah electrical motor PMSM (Permanent Magnetic Synchronous Motor) dengan seri HYYQ 800-1200. Kekuatan maksimal sebesar 200 kw 268 hp.
Unit ini bersifat low entry, yaitu lantainya kabin bagian depan lebih rendah dari bus pada umumnya, hal itu dapat mempermudah akses bagi penyandang disabilitas untuk masuk ke dalam bus. Bisa digunakan sebagai bus kota ataupun bus apron Untuk purwarupa kedua ini, body yang digunakan buatan Karoseri New Armada dan dikabarkan PT MAB ini telah menerima pesanan unit dari PO Pahala Kencana dan PO Sabar Subur.
Menurut Jendral TNI (Purn.) Moeldoko selaku pendiri PT MAB, unit purwarupa kedua ini dijual dengan harga sekitar Rp 3 miliar.
Spoiler for Eksterior Maxvel E-Bus purwarupa pertama:

Dokumentasi pribadi
PT MAB merupakan perusahaan yang memproduksi bus dengan mesin listrik. Seluruh pengerjaannya diselesaikan oleh Indonesia. Begitu juga seluruh suku cadang berasal dari dalam negeri, kecuali baterai dan motor mesin. Purwarupa pertama diluncurkan pada Maret 2017 dan telah menempuh perjalanan sejauh 3 ribu kilometer.
Spoiler for Interior Maxvel E-Bus purwarupa pertama:

Dokumentasi pribadi
Perbedaan purwarupa pertama dan kedua hanya dari segi sasis atau kerangka bus. Purwarupa pertama berwarna putih dan desain kursi penumpang yang nyaris menyerupai bus transjakarta. Sementara purwarupa kedua bus listrik berwarna biru dengan desain kursi seperti bus pada umumnya. Untuk purwarupa pertama, menggunakan body buatan Karoseri Restu Ibu,
Sementara itu di pihak regulator yaitu Kementerian Perhubungan, masih melakukan pendalaman terkait dengan formulasi uji tipe kendaraan bermotor listrik, untuk selanjutnya menentukan perangkat peralatan yang dibutuhkan. Direktur Sarana Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Eddy Gunawan mengatakanhal-hal yang tengah didalami itu seperti formulasi uji tipe, ambang batas suara kendaraan, pembeda suara kendaraan, kekuatan baterai, dan perangkat peralatan yang dibutuhkan.
Ambang batas suara diperlukan untuk guna memberikan keselamatan bagi pengguna jalan dan pengendara kendaraan listrik. Tidak hanya itu, suara kendaraan bermotor mobil listrik juga harus berbeda dengan suara sepeda motor memungkinkan. Karena kalau kendaraan listrik gak ada suara bahaya buat keselamatan, sudah dilakukan pendalaman, kira-kira berapa desibel.
Para driver-nya perlu notice nih, "Segera isi baterai kembali bila sudah 15%" atau di mobil storingnya disiapin power bank

Spoiler for :
Referensi:
Blogane sendiri

Maap kalo salah gan dan tolong dikoreksi yak

Spoiler for BUKA:
Quote:
Official Thread yang Berkaitan dengan Bus:
Bismania Kaskus - BIMAKUS??| - Part 1
[NEW THREAD] Info Rute dan Tarif BIS for TRAVELLERS - Part 1
Bismania Kaskus - BIMAKUS??| - Part 1
[NEW THREAD] Info Rute dan Tarif BIS for TRAVELLERS - Part 1
Quote:
Thread terkait:
Inovasi Pemesanan Tiket Online Bus AKAP [UPDATE]
Ini Gan! Inovasi Fasilitas Tambahan yang Agan Dapat Ketika Naik Bus AKAP
Demi Kenyamanan, Bus AKAP Ini Menggunakan Kursi yang Beda dari Biasanya, Gan!
Apa Sih yang Bisa Dikoleksi dari Sebuah Bus? Selain Video "Om Telolet Om"
Ada Corak Batik yang Menghiasi Body Bus AKAP
"Sleeper Bus" Indonesia yang Ternyata Tidak Tinggal Kenangan
Jangan Remehkan. Pengemudi Bus Juga ada Kompetisi Resminya
Bus-Bus Ini Diproyeksikan Bisa Mengurangi Kemacetan Jakarta
Bus AKAP Ini Punya Lebih dari Satu Layanan Kelas dalam Satu Busnya
Rumah Makan Ini jadi Tempat Servis Makan Favorit Penumpang Bus AKAP
Serba-Serbi Gemar Naik Bus
Inovasi Pemesanan Tiket Online Bus AKAP [UPDATE]

Ini Gan! Inovasi Fasilitas Tambahan yang Agan Dapat Ketika Naik Bus AKAP

Demi Kenyamanan, Bus AKAP Ini Menggunakan Kursi yang Beda dari Biasanya, Gan!

Apa Sih yang Bisa Dikoleksi dari Sebuah Bus? Selain Video "Om Telolet Om"
Ada Corak Batik yang Menghiasi Body Bus AKAP
"Sleeper Bus" Indonesia yang Ternyata Tidak Tinggal Kenangan

Jangan Remehkan. Pengemudi Bus Juga ada Kompetisi Resminya

Bus-Bus Ini Diproyeksikan Bisa Mengurangi Kemacetan Jakarta

Bus AKAP Ini Punya Lebih dari Satu Layanan Kelas dalam Satu Busnya

Rumah Makan Ini jadi Tempat Servis Makan Favorit Penumpang Bus AKAP

Serba-Serbi Gemar Naik Bus

Quote:
Diubah oleh kaskus.support17 06-03-2018 18:00
0
2.5K
Kutip
10
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan