amarsetiawanAvatar border
TS
amarsetiawan
Salahkan Kehadiran Video Game dalam Kehidupan Kita Saat Ini ?
Jangan main game nanti bodo !, jangan main game nanti sifatnya kekanak kanakan, jangan main game nanti gapunya pacar, apaan siii manfaatnya main game, jangan ! Jangan ! Jangan !. Kata kata itulah yang sering gua denger baik dari ortu, temen (ga semua), dan keluarga. Why why why ???? Apa salahnya main game ? Karena bagi gua main game itu bukan sekedar main, tapi bisa meningkatkan kinerja otak, kreatif, dan berpikir lebih dalem. Tapi...... (ada tapinya gan) game apa dulu yang lu maenin ? Apakah game itu hanya untuk sekedar bermain aja ?? Atau game game sampah lainnya (agan agan nilai sendiri ya mana game yang sampah emoticon-Hansip wkwkwk) ? Yang namanya game itu pasti punya genrenya masing masing, ada game strategi, action, rpg, racing, anime, simulator, dsb. Dan setiap genre tuh pasti punya keunikannya masing masing yang mungkin cocok bagi agan agan sekalian.

Yang pernah gua alami selama gua hidup, yang namanya bermain game itu bener bener ningkatin kecerdasan otak gua, why ? Karena gua maen game yang emang bener bener bisa ningkatin kinerja otak gua seperti contoh game strategi, karena dalam game strategi itu otak kita dilatih untuk memikirkan strategi untuk terus maju dan menamatkan game secara efisien. Dan ga cuman game strategi, kalo menurut pendapat dan pengalaman gua, semua game itu bisa meningkatkan kecerdasan otak (ingat ga semua game ya agan sista, karena ada beberapa game sampah emoticon-Sundul Gan (S) ) karena ketika kita bermain game otak kita ga diem pastinya wkwkwkwk, berpikir, menghayal, melihat, menggerakan jari, mata, dan seiring berkembangnya zaman game zaman now bahkan sudah menggerakan seluruh anggota tubuh kita ambil contoh dari XBOX Kinect dan yang baru baru ini adalah Playstation VR. Bahkan game sudah jadi salah satu olahraga dan dinamakan E-Sport, dan dan dan sudah menjadi profesi yang cukup bergengsi. Jadi stop berpikir bermain game itu gaada gunanya.

Tapi kenapa banyak orang berpikir bahwa bermain game itu buruk ? Karena mereka hanya melihat dari sudut pandang yang buruk saja, dan penilaian dari sedikit orang orang yang gagal akibat dari bermain game. Kita ambil contoh, main DOTA, PB, atau game game online lainnya membutuhkan kecerdasan yang lebih, mengapa ? Karena kita gabisa sembarangan maju untuk mengalahkan musuh dan tebak apa yang kita butuhkan untuk menang ? Strategi, kerja sama, dan satu komponen yang kadang dilupakan yaitu patience alias sabar. Tapi ga cuman game online kok agan dan sista becauseeee ada juga game offline yang ga kalah dari game game online. Ada juga game yang membuat kita berpikir dan ikut berkhayal dalam game, kita ambil contoh aja game Harvest Moon, Persona, Final Fantasy, dan game game lainnya yang mungkin agan sista tau wkwkwkwkemoticon-Ngakak (S) . Kalo ga percaya coba aja maen salah satu game tersebut, karena jika kita main gamenya asal asalan maka sensasinya juga gaakan kerasa. Tapi ada juga game yang hanya boleh dimainkan untuk orang dewasa, maka bagi orang tua yang mempunyai anak anak dan mereka suka bermain game tentunya patut mendapat pengawasan. Perhatikan juga label berikut yaitu :
1. EC (Early Childhood) yang dikhususkan untuk anak anak
2. E (Everyone) game yang dikategorikan untuk semua usia
3. E 10+ (Everyone above ten) artinya untuk anak dengan umur 10 tahun keatas
4. T (Teen) game yang dikhususkan untuk remaja
5. M 17+ (Mature above seventeen) game yang hanya untuk remaja 17 tahun keatas
6. AO 18+ (Adults Only) yang artinya game ini hanya untuk orang dewasa.
Itulah pengkategorian game game untuk dimainkan, kan ga lucu atau ga etis kalo anak anak udah maen game kayak GTA, BULLY, The SIMS, bahkan game game berbau pembunuhan, porno, dan game game sadis lainnya. Karena anak anak itu pikirannya masih dangkal, mereka belum tau arti sebenarnya dari apa yang mereka lihat, karena semua yang mereka lihat akan menimbulkan rasa penasaran dan pasti akan mencobanya. Kan ngeri ya kalo liat anak anak lagi maen game sebutlah GTA ketika mereka menembak orang lain dan anak anak tersebut terlihat bahagia, duhhh miris gitu rasanya dan serem juga jikalau mereka bakal melakukan hal demikian.

Trus gimana main game yang cerdas ? Menurut pengalaman gua sendiri (yang mau tambah bisa di kolom komentar yaaa wkwkwkwkemoticon-Ngakak (S) ) pilihlah game yang emang bener bener sesuai dengan style agan sista sekalian dan pastikan game itu bisa meningkatkan kecerdasan otak kalian atau minimal bisa tambah pengetahuan. Dan jangan sekali sekali main game yang emang gaakan ada manfaatnya kita ambil contoh lagi game mesum yaitu Hon** Ma***, because yang ada kalian akan tambah bodo. Dan jangan pernah bermain game dengan menggunakan 'cheat'. Karena sensasi kalian dalam bermain game akan hilang dan bisa dibilang gaada serunya, coba aja kalian main Final Fantasy yang terkenal akan strategi dan alur ceritanya terus kalian menggunakan cheat, pasti game itu gaakan berkesan buat kalian sekalipun game itu tamat. Karena menggunakan cheat dalam game sama kaya kita kalo ulangan sekolah trus nyontek dan nilainya bagus, jujur aja pasti dalam hati kalian yang terdalam gaakan ada kebanggaan sama sekali. Sooo hindarilah menggunakan cheat dalam bermain game, semua game pasti bisa kalian tamatkan ko dengan catatan sabar dalam menamatkannya wkwkwkwk emoticon-Big Grin . Karena pasti ada sensasi yang berbeda kalo kalian menamatkan game dengan jujur dan penuh sensasi dalam memainkannya.

Inti dari semuanya adalah jangan men-judge terlalu cepat dalam segala hal. Karena bisa jadi yang agan sista kira sesuatu itu buruk bisa jadi merupakan sesuatu yang sangat baik, begitu pula sebaliknya. Bagi kalian yang belum pernah bermain game, cobalah sekali sekali main toh gaada salahnya dalam mencoba. Bisa jadi agan sista yang belum pernah main game sekalipun akan menjadi kecanduan kayak kita baru makan Indomie sekali trus ketagihan sampe sekarang wkwkwkwkemoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin .

Quotes from me : Gaada salahnya dalam bermain game, yang salah itu ketika kalian bermain game tetapi lupa akan segala hal termasuk dunia yang sedang kalian mainkan ini. Terserah kalian ingin pilih yang mana, ingin Good Ending emoticon-thumbsup atau Bad Ending emoticon-thumbdown

0
662
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan