alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Operasi Katarak, Kisaran Biaya & Efek Samping Setelahnya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a9cf78fd89b09d12a8b4567/operasi-katarak-kisaran-biaya-amp-efek-samping-setelahnya

Operasi Katarak, Kisaran Biaya & Efek Samping Setelahnya

Sebelum Operasi Katarak, Ketahui Terlebih Dahulu Kisaran Biaya & Efek Samping Setelahnya

Operasi Katarak, Kisaran Biaya & Efek Samping Setelahnya

Anda mungkin pernah mendengar atau bahkan pernah mengetahui sebelumnya bahwa penyakit mata katarak sampai saat ini telah menjadi penyebab kebutaan pertama di seluruh dunia. Salah satu gejala yang dapat dikenali penyakit mata katarak ini ialah adanya kabut atau awan pada penglihatan mata.

Katarak adalah penyakit mata dimana lensa mata yang jernih menjadi keruh atau buram, menyebabkan penurunan penglihatan. Meskipun kata katarak untuk menggambarkan kondisi ini telah menjadi bagian dari bahasa Inggris sejak hanya pada abad ke 15, penyakit mata telah dikenali dan diobati secara operasi sejak zaman kuno.

Baca juga : Cara menyembuhkan penyakit mata katarak tanpa operasi

Katarak biasanya tidak membahayakan mata Anda, sehingga Anda bisa menjalani operasi bila nyaman bagi Anda dan bila kehilangan penglihatan dari katarak mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Operasi katarak biasanya dilakukan sebagai prosedur rawat jalan dengan anestesi lokal. Beberapa sedasi biasanya diberikan secara intravena tepat sebelum awal operasi, yang biasanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam.

Sebagian besar operasi katarak saat ini dilakukan melalui sayatan kecil dengan phaco-emulsification (phacoemulsification) atau dengan cara lain melalui sayatan yang sedikit lebih besar. Di lebih dari 95% kasus, lensa baru, yang dikenal sebagai lensa implan atau lensa intraokular dimasukkan bersamaan dengan penghapusan katarak. Anda tidak akan merasakan lensa baru di mata. Sebagian besar pasien perlu membatasi aktivitas mereka hanya beberapa hari dan waktu pemulihannya singkat.

Dan sebelum Anda melakukan tindakan operasi, mungkin Anda perlu mengetahui berapakah kisaran biaya operasi penyakit mata katarak dengan efek sampingnya.

Seperti biaya operasi jenis penyakit lainnya yang memerlukan pengeluaran biaya besar atau mahal, operasi katarakpun diketahui mengharuskan mengeluarkan biaya yang lumayan mahal bahkan hingga puluhan juta. Di beberapa rumah sakit tertentu, biaya operasi katarak berbeda-beda.

Operasi Katarak, Kisaran Biaya & Efek Samping Setelahnya
Gambar diatas hanya contoh biaya operasi katarak di rumah sakit JEC Kedoya.

Lalu, adakah efek samping dari operasi katarak ?

Efek samping yang paling umum terjadi setelah operasi katarak berlangsung di antaranya:

    Penglihatan buram
    Mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya
    Timbul gatal di bagian mata

Sebagian pasien mungkin akan benar-benar sembuh total setelah 2 bulan menjalani operasi. Meski begitu, proses penyembuhan ini akan berbeda-beda bagi setiap orang. Selain efek samping, ada beberapa kemungkinan terjadinya komplikasi dari operasi katarak, yaitu:

    Peradangan
    Perdarahan
    Infeksi
    Pembengkakan
    Kelopak mata melorot
    Dislokasi lensa buatan
    Ablasi retina
    Glaukoma
    Katarak sekunder
    Hilangnya penglihatan


Itulah informasi mengenai biaya dan efek samping pasca operasi katarak. Semoga bermanfaat
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di