Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

matthysse76Avatar border
TS
matthysse76
Ironis, Banyak Anak -anak di Bandung Hanya Lulus SD


Bakal calon Wakil Walikota Bandung, Aries Supriatna mengaku prihatin masih banyak anak-anak di Kota Bandung yang tidak mampu melanjutkan sekolah ke tingkat SMA/SMK. Padahal, kata Aries, Kota Bandung sama sekali tidak kekurangan sekolah SMA maupun SMK.

Saat ini, kata Aries, di Kota Bandung terdapat 27 SMA Negeri dan sebanyak 109 SMA swasta. Belum lagi sekolah SMK, baik negeri maupun swasta.
"Namun ironisnya di Kota Bandung ini masih banyak anak usia sekolah yang tidak mampu melanjutkan sekolah ke tingkat SMA/SMK. Bahkan masih banyak yang hanya lulusan SD. Padahal sekolah kita banyak dan sangat mencukupi," ujar Aries saat bersilaturahmi dengan ratusan kepala sekolah SMA swasta se-Kota Bandung di SMA YAS, Jalan PHH Mustopa, Jumat (19/1) sore. 
Berdasarkan identifikasinya, sambung dia, banyaknya anak usia sekolah yang tidak melanjutkan ke tingkat SMA/SMK disebabkan karena belum meratanya kualitas sekolah serta adanya paradigma yang kurang tepat di masyarakat Kota Bandung.
Menurutnya, masih banyak warga yang beranggapan bahwa sekolah berkualitas baru dapat dihadirkan oleh sekolah-sekolah negeri. Akibatnya, hampir setiap tahun warga Kota Bandung selalu berbondong-bondong bahkan berebut mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah negeri.
"Semua orangtua ingin anaknya disekolahkan di SMA Negeri. Padahal SMA Negeri di Kota Bandung itu hanya ada 27. Sangat terbatas. Justru di Bandung sekolah swasta yang mendominasi, jumlahnya mencapai 109," jelas politisi yang diusung PDIP, PPP, PKB, Nasdem, dan Hanura tersebut.
Dengan jumlah SMA swasta yang mencapai 109 sekolah ditambah dengan puluhan SMK negeri dan swasta, kata dia, siswa lulusan SMP seharusnya dapat terserap di sekolah-sekolah swasta maupun SMK di Kota Bandung. 
Namun kenyataannya, para orangtua tidak serta merta mendaftarkan anak mereka di sekolah-sekolah swasta karena sebagian orangtua masih beranggapan bahwa sekolah swasta itu mahal dan kurang berkualitas.
"Jadi paradigma di masyarakat kita itu harus diluruskan. Sekolah swasta justru sekarang sudah bagus-bagus bahkan banyak yang kualitasnya diatas sekolah negeri. Paradigma ini yang harus diubah," tuturnya.
Ke depan, kata suami Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari ini, Pemerintah Kota Bandung harus mendorong agar siswa dari kalangan menengah ke atas agar mau bersekolah di sekolah-sekolah swasta. Sedangkan, sekolah-sekolah negeri yang memang memperoleh subsidi dan bantuan dari pemerintah diprioritaskan bagi anak-anak dari kalangan tidak mampu.
"Tapi tentu sekolah-sekolah swasta ini harus benar-benar dibantu oleh pemerintah agar ke depan seluruh sekolah swasta memiliki kualitas yang baik juga biayanya terjangkau. Sekarang kan masih ada kesan, sekolah swasta itu mahal. Jadi nanti tidak ada lagi anak-anak yang tidak sekolah," ujar pendamping bakal calon Walikota Bandung, Yossi Irianto itu.



http://www.gatra.com/nusantara/jawa/...hanya-lulus-sd


Bandung ibukota JAWA BARAT BUKAN ???


0
3.4K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan