Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arsenal125Avatar border
TS
arsenal125
5 Pandangan Hidup Manusia Sunda


Pandangan hidup Indonesia adalah Pancasila. Dengan 5 sila sakti yang di buat oleh pata foundingfather kita. Namun, pandangan hidup tak hanya di miliki Indonesia secara umum. Khususnya, Manusia Sunda memiliki pandangan hidup yang tak jauh berbeda dari pandangan hidup Pancasila.

Lima pandangan hidup ini tercantum dalam bukunya Ajip Rosidi yang berjudul Mencari Sosok Manusia Sunda. namun, dalam tulisan ini gaya penulisan tak penuhnya sama dengan gaya penulisan Penulis Sundan termahsyur itu.

1.Pandangan Hidup Tentang Manusia Sebagai Pribadinya

Manusia Sunda memandang dirinya
adalah butiran debu di alam semesta yang maha luas ini. Mereka sadar mereka bukan apa-apa, dan begitu paham mengenai peran dan posisinya di dunia yang fana ini.

Selain mereka sadar akan posisinya, Manusia Sunda memiliki pandangan hidup bahwa mereka harus memiliki tujuan hidup yang baik dalam ke-adaanya di dunia ini. Tujuan dan sifat hidup yang baik tentunya. Artinya, mereka harus memiliki perilaku yang di anggap baik menurut masyarakat, menurut adat istiadat dan agama. Seperti, sopan, jujur, ramah-tamah, dan perilaku baik lainya.

Untuk membawa Manusia Sunda ke tujuan yang baik. Mereka memerlukan seorang guru.

Mereka percaya bahwa semua orang bisa menjadi guru, dan hal itu berarti semua orang juga bisa menjadi murid, dan dimanapun berarti bisa kita anggap sekolahan.

2.Pandangan Hidup Tentang Manusia Dengan Masyarakatnya

Manusia Sunda dalam hidup bermasyarakat mencoba mencari tujuan hidup yang baik. Seperti, hidup sejahtera, hati tenang dan tentram, mendapat kemuliaan, damai, merdeka,dan mencapai kesempurnaan di akhirat kelak.

Untuk mencapai tujuan hidup, Manusia Sunda di haruskan untuk ngadengeken karuhun, mendengarkan orang dewasa, memahami perkataan mereka, dan menjadikanya pedoman dalam menjalani hidup.

3.Pandangan Hidup Tentang Manusia Dengan Alam

Manusia Sunda beranggapan bahwa alam memberikan manfaat yang maksimal. Lalu, dengan pemberian alam itu mereka menganggap bahwa mereka harus menjaga dan melestarikanya. Tak boleh rakus, melahap semua yang ada di alam. Makan hanya sekedar tak lapar, minum hanya sekedar tak haus.

4.Pandangan Hidup Tentang Manusia Dengan Tuhan

Sejak kemunculan Islam ke tanah Sunda. Manusia Sunda percaya bahwa Tuhan itu Esa. Tuhan itu Maha tahu. Tuhan itu Maha Suci. Maha pengasih. Yang Maha Menentukan. Maka dari itu, Manusia Sunda wajib untuk menyembah dan beribadah kepada-Nya.

5.Pandangan Hidup Tentang Manusia
Dalam Mengejar Kemajuan Lahiriah dan Kepuasan Batiniah

Manusia Sunda lebih menghindari dri persaingan. Lebih mengutamakan kerjasama untuk kepentingan bersama. Menghargai musyawarah, gotong royong.

Pada intinya kebersamaan selalu di utamakan. Selain itu, bekerja keras dan tak mudah menyerah.
(image:komunissyariah.blogspot.com)
0
1.8K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan