HAZUKEAvatar border
TS
HAZUKE
Waspada terhadap Bukalapak
CASE CLOSED

" Terimakasih atas atensi dan dukungan kawan2 kaskusers semua, kasus ini saya tutup tp tdk akan saya hapus karena utk informasi dan pembelajaran bersama agar kasus serupa dan modus penipuan lainnya dapat diantisipasi dan tdk terulang kembali. "


Waspada terhadap Bukalapak!!!

Ya sesuai judul yang saya tulis sebaiknya kita selalu waspada terhadap maraknya modus penipuan online termasuk dengan yang telah memiliki nama besar seperti Bukalapak.
Saya akan menceritakan secara detail berikut mencantumkan beberapa screenshot sebagai bukti.

(Mohon baca keseluruhan)
Pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2018 sekitar pukul 10 pagi saya melakukan order di Bukalapak untuk pembelian Samsung S8+ kondisi bekas seharga Rp. 4.5jt dari akun Pilguacc (menurut email telah di-nonaktifkan oleh admin Bukalapak) dengan no. transaksi 180677220999 dan melakukan pembayaran melalui Virtual Account Mandiri.
[spoiler]

[/spoiler]

Sekitar beberapa menit kemudian saya mendapat telpon dari Bukalapak yang mengaku bernama Erwin bahwa saat itu sistem Bukalapak sedang mengalami masalah dan saya disuruh melakukan transfer ulang ke rekening Bukalapak akan tetapi tidak melalui metode Virtual Account melainkan transfer langsung ke rekening Mandiri dengan detail yang akan dikirimkan via sms karena konfirmasi via email untuk transaksi tsb sedang mengalami masalah sistem. Kemudian saya bilang uang saya yang sebelumnya harus di-refund dulu baru saya akan mentransfer kembali.
Setelah uang saya berhasil di-refund, kemudian saya mendapatkan sms yang berisi detail transaksi dengan data yang sama seperti sebelumnya akan tetapi jumlah nominalnya berbeda sedikit, kemudian saya menayakan hal tsb dan dijawab memang pasti berbeda untuk setiap transaksi.
[spoiler]



[/spoiler]

Saya sudah agak curiga saat itu akan tetapi karena saya transfernya langsung ke rekening Mandiri Bukalapak maka saya tetap melanjutkan transaksi (awalnya saya berpikir Bukalapak aman dan akan melindungi apabila terjadi sesuatu apalagi saya terdaftar sebagai Agen Bukalapak dengan jumlah transaksi yang terbilang sudah cukup banyak).
Setelah saya melakukan transfer ke rekening Bukalapak, beberapa menit kemudian saya ditelpon kembali dengan orang yang sama bahwa jumlah nominalnya tertukar dgn transaksi lain dan saya harus melakukan transfer ulang kembali dengan jumlah yang berbeda lagi walaupun perbedaannya hanya beberapa rupiah saja. Sontak saya semakin curiga dan langsung saya tegaskan bahwa uang saya sebelumnya harus di-refund dulu baru saya akan transfer ulang seperti sebelumnya, akan tetapi kali ini jawabannya berbeda “uang saya yg sebelumnya akan langsung dikembalikan dalam semenit setelah saya melakukan transfer kembali ke rekening Bukalapak”!?
Saya tidak setuju dengan responnya kemudian saya langsung melihat status transaksi pembelian saya di aplikasi Bukalapak yg ternyata Dibatalkan dgn alasan ada keperluan mendesak dan akun pilguacc sebagai pihak pelapak/penjual telah dihapus oleh admin Bukalapak! Melihat hal tsb saya langsung menelpon balik Bukalapak Care (yg mengangkat bernama Ria) dan melaporkan hal ini agar segera ditindak lanjuti dan mohon agar uang saya segera dikembalikan. Cs Bukalapak tsb kemudian bilang saya harus menunggu konfirmasi dalam 7x24 jam sesuai prosedur. Saya langsung merespon kenapa mesti menunggu begitu lama? dan dijawab memang begitu prosedurnya.

Saya pun kemudian mengikuti prosedur tsb dan masih berpikiran positif bahwa Bukalapak akan mengembalikan uang yang telah saya transfer ke rekening Bukalapak tsb.
Seminggu kemudian saya mendapatkan konfirmasi dari Bukalapak dan alangkah terkejutnya saya dengan respon admin Bukalapak bahwa hanya dapat mengembalikan uang tersisa sebesar Rp. 996.229,- dengan alasan uang tsb telah digunakan untuk pembelian pulsa serta diluar tanggung jawab dan kewenangan admin?!
[spoiler]





[/spoiler]

Koq bisa bilang tersisa karena telah dipotong untuk pembelian pulsa?? Mana mungkin saya transaksi pembelian pulsa hingga sekitar Rp. 3.5jt!? Bahkan uangnya saja belum di-refund/dikembalikan baik ke saldo Bukadompet ataupun ke rekening saya langsung, sedangkan saldo Bukadompet saya saat itu hanya kisaran puluhan ribu, bagaimana tiba-tiba bisa terpotong sekitar Rp. 3.5jt? Uangnya kan masih berada di rekening Mandiri Bukalapak dan hanya orang dalam Bukalapak yang memiliki wewenang yang dapat menggunakan uang tersebut, bahkan saya pun langsung mengecek histori transaksi saya untuk memastikan dan tidak terdapat adanya transaksi dengan jumlah sekitar Rp. 3.5jt menggunakan Bukadompet?!

Berdasarkan respon Bukalapak tsb akhirnya saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan pengalaman pahit saya tersebut agar tidak terulang kembali dan agar dapat lebih waspada terhadap transaksi online bahkan dengan yang memiliki nama besar sekalipun. Hingga saat ini uang yang katanya “tinggal tersisa” Rp. 996.229,- bahkan belum masuk ke saldo Bukadompet ataupun rekening saya.

Beberapa kasus lainnya yang pernah bermasalah dengan Bukalapak dan sebagian telah terselesaikan setelah mereka menuliskan ceritanya di surat pembaca.
- https://m.kaskus.co.id/thread/560508ced89b09547f8b4567/bukalapak-admin-nya-membantu-para-penipu/
- https://m.kaskus.co.id/thread/5970724412e257d7288b456a/bukalapak-terkesan-quotmelindungiquot-penipu/
- https://m.kaskus.co.id/thread/58aef773c1d770413b8b4567/bukalapak-tidak-serius-menindak-penipu/
- https://m.kaskus.co.id/thread/58fffbb4e052273d618b4569/bukalapak-sarang-penipu/
- https://amp.kaskus.co.id/thread/587d8c00de2cf2a15d8b4571/modus-penipuan-di-bukalapak
- https://m.kaskus.co.id/thread/584fc3109478688e2a8b456a/retur-di-bukalapak-ternyata-modus-penipuan/
- https://komunitas.SENSOR/news/68861-penipuan-di-bukalapak

RANGKUMAN

Hal yang awalnya tidak membuat saya curiga:
1. Saya transfer hanya ke rekening resmi Bukalapak.
2. Setelah telpon pertama kali uang saya benar dan langsung di-refund/dikembalikan dengan jumlah yang sesuai.
Hanya seseorang dengan kapasitas sebagai admin yang mengetahui detail transaksi saya, bahkan yg menelpon saya pun tahu hari itu saya melakukan transaksi apa saja dan hanya transaksi ini yang mengalami masalah sistem.

Hal yang membuat saya akhirnya curiga:
1. Saya dipaksa melakukan transfer ulang untuk yang ketiga kalinya dengan alasan kesalahan sistem dan uang saya yang sebelumnya HANYA dapat di-refund setelah saya melakukan transfer kembali yang akhirnya saya tolak dan membatalkan transaksi.
2. Akun pilguacc tiba-tiba di-nonaktifkan oleh admin Bukalapak setelah saya melakukan transaksi pembelian.

Hal yang membuat saya kecewa dengan Bukalapak:
1. Proses terlalu lama yaitu 7 x 24 jam untuk menunggu konfirmasi setelah membuat laporan.
2. Uang saya hanya dapat dikembalikan dengan jumlah yg bahkan setengahnya pun tidak ada dengan alasan yang tidak masuk akal seperti telah terpakai untuk membeli pulsa dll (lihat screenshot), dari mana perhitungan tsb sedangkan uangnya saja belum di-refund/dikembalikan dan saldo Bukadompet saya saat itu pun hanya kisaran puluhan ribu dari bonus credits voucher dan biaya administrasi agen, koq tiba-tiba bisa terpotong sekitar 3.5jt?? Sedangkan hanya orang Bukalapak yang berwenang saja yang dapat mengakses uang tersebut karena uangnya berada di rekening Bukalapak.
3. Seharusnya Bukalapak melindungi dan membantu agennya apabila terjadi masalah, bukan malah menyudutkan pihak yang menjadi korban.

Terima kasih atas perhatiannya, dan jadikan kasus ini pembelajaran agar hal serupa tidak terulang kembali.
Diubah oleh HAZUKE 05-03-2018 04:37
0
11K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan