AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Kapan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Harus Digunakan di Kaskus ini?


Zenius.net

Kaskus sebagai komunitas online terbesar di Indonesia, anggotanya sangat beragam, baik latar pendidikan, budaya, sosial, maupun bahasa. Agar kebhinekaan itu tetap terjalin dalam harmoni, maka Kaskus menganut asas Freedom of Speech (FS). FoS bisa diartikan sebagai kebebasan berekspresi dan berpendapat yang dituangkan dalam bentuk tulisan.
Akibat kebebasan tersebut, sering kaidah-kaidah Bahasa Indonesia diabaikan. Penulis seenaknya menulis tanpa memperhatikan ejaan dan tata bahasa, seperti pemakaian tanda baca, huruf kapital, kata depan, kata yang baku, dan sebagainya.
Memang, semua itu sah-sah saja. Yang penting maksud dari tulisan tersebut dapat dipahami, walaupun tata bahasa dan ejaannya sangat amburadul.
Meski demikian, menurut Ane, ada beberapa momen tertentu di Kaskus ini, kita harus menulis dengan baik dan benar, sesuai aturan baku tata bahasa Indonesia.
Karena itu, kali ini Ane akan membahas hal ini. Perhatikan baik-baik!


1. Momen Lomba


Zenius.net

Jika ada lomba, entah itu membuat Thread, menulis surat, dan sebagainya, maka gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Terlebih lagi jika lomba menulis karya sastra, sebab sastra merupakan bagian dari bahasa. Penggunaan bahasa yang baik dan benar adalah unsur penilaian yang utama dalam karya sastra.
Quote:

Misalnya, "Kisah ku Disekolah". Di sini terdapat dua kesalahan fatal, yaitu penulisan kata "ku" yang terpisah, dan "di" yang serangkai.
Karena itu, perhatikan ejaan dan tata bahasa yang baku dalam menulis untuk lomba.


2. Tulisan Ilmiah

Jika kita menulis Thread ilmiah, baik tentang sains, teknologi, sejarah, dan sejenisnya, sebaiknya gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga materi mudah dipahami dan menghindari bias pengertian. Kata-kata asing atau tidak baku, sebaiknya ditulis miring.

Tulisan ilmiah, baik untuk lomba atau tidak, semestinya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebab penggunaan bahasa termasuk unsur ilmiah juga.
******
Itulah momen dan tempat kita seharusnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di Kaskus ini. Selebihnya, silakan gunakan hak FoS kalian.

Tulisan ini bukan berarti Ane tidak suka terhadap beragamnya gaya tulisan, tapi sebagai tips untuk bisa memenangkan lomba menulis, khususnya di bidang sastra dan ilmiah.
Semoga bermanfaat.
**********
Opini pribadi.
Diubah oleh Aboeyy 03-03-2018 16:02
0
11.2K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan