Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kanadiyelAvatar border
TS
kanadiyel
MENGENAL MODEL RUMAH PANJANG DAYAK BELANGIN


Hallo kaskuser mari kita mengenal rumah adat panjang yang sangat langka ini. Yang belum tau silahkan disimak .
Yang udah tau simak lagi


emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus



Dayak Belangin di Rumah Panjangnya

info dari hasil ekspedisi waktu itu mengenai model rumah panjang tradisional Dayak Belangin di Kampung Muun, Binua Behe yang sekarang sudah punah. Seperti rumpun Dayak Kanayatn pada umumnya masyarakat Dayak Belangin menyebut rumah panjang sebagai Rumah Radakng atau Humah Hadak/Radak dalam dialek Belangin.

Rumah Panjang ini biasa dihuni sebanyak 8-20 keluarga, setiap rumah panjang bisa dihuni satu keluarga besar maupun keluarga yang hubungan kekerabatannya agak jauh. Tinggi rumah panjang sendiri dalam hitungan meter saya kurang tau, tapi berdasarkan informasi yang saya dapat, cukup tinggi kalo jaman sekarang ibarat kata kendaraan seperti Truk bisa parkir dikolong rumah panjang tersebut.

Di Kampung Muun sendiri terakhir keberadaan rumah panjang ada sekitar 4-5 buah dan akhirnya berakhir pada sekitar tahun 1952 karena insiden kebakaran dirumah panjang yang didiami oleh kakek saya (Foto rumah-rumah yang berada tepat dilokasi rumah panjang tua yang sekarang sudah direnovasi menjadi rumah individu dan lebih rendah). Sedangkan di kampung-kampung lain keberadaan rumah panjang lenyap sehubungan migrasi warga ke wilayah baru sehingga kampung lama menjadi Temawak (Bekas kampung yang tidak berpenghuni), seperti contoh Warga kampung Lumar bermigrasi ke pinggiran sungai Behe dan membentuk perkampungan baru yaitu Angkanyar.

Foto rumah-rumah yang berada tepat dilokasi rumah panjang tua yang sekarang sudah direnovasi menjadi rumah individu dan lebih rendah



Rumah Panjang Dayak Belangin terdiri dari :

1.Paga = Merupakan pagar disekeliling rumah panjang untuk menjaga hewan peliharaan. (no 1).

2.Gangak = Tempat untuk menjemur padi dan pakaian, biasanya diletakkan di teras rumah panjang, tapi sekarang di letakkan diatas tanah (no 2).

3.Atap = Atap yang digunakan berupa atas dari daun. Saat membuat rumah panjang biasanya setelah membuat rangka rumah hal yang harus dipasang terlebih dahulu adalah atap (no 3).

4.Tanga & Jojo = Tanga merupakan tangga berupa 1 batang kayu besar yang dibentuk seperti tangga. Sedangkan Jojo adalah pegangan tangga (no 6).

5.Pelanta = teras rumah panjang tempat meletakan gangak untuk mejemur padi dan beraktivitas (no 7).

6.Sami = merupakan ruang tamu berbentuk aula yang memanjang dan tidak bersekat, biasanya digunakan untuk bersilaturahmi, acara adat, sidang adat, dll.

7.Para’/Paha’ = sejenis loteng untuk menaruh perlengkapan adat dan peralatan kerja.

8.Bili’ = Kamar pada masing-masing rumah.

9.Lintok = Bagian belakang rumah, Lintok dibagi menjadi 2 bagian yaitu Dapo (Dapur) yaitu untuk memasak dan Pende Ae atau tempat mencuci (No 4 – Pende Ae).

10.Panarobo/Panahobo = bagian kolong rumah panjang bisa untuk kandang, menaruh perahu, dll.

11.Sangka’ Engkabat = Merupakan penyangga atap, siang hari dibuka dan berfungsi juga sebagai pintu masuk ke Sami, jika hujan atau malam hari bisa diturunkan (No 5).


Bagian Rumah Panjang Dayak Belangin





Selain rumah panjang ada juga lumbung padi untuk menyimpan hasil panen yang berada terpisah di sebelah rumah panjang. Saya lampirkan juga gambar skema dan illustrasi yang diambil dari bentuk rumah panjang Dayak Belangin lain dari daerah Serimbu (Desa Engkangin), Dayak Iban serta Dayak Kenyah dengan beberapa adaptasi karena rumah panjangnya terdapat kemiripan satu sama lain.

Bagaimana menurut kalian ??


Refrensi ;

1

2

3


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

emoticon-No Sara Please

Semoga TRIT singkat ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .


kaskuuser yang baikemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-Kissemoticon-Jempolemoticon-Blue Guy Cendol (L) , jangan lemparin ane emoticon-Blue Guy Bata (L) ya agan - agan...
Diubah oleh kanadiyel 28-02-2018 12:56
0
8K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan