Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dodydrogbaAvatar border
TS
dodydrogba
Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja: Mengapa Anda Memilih Posisi Ini?
Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja: Mengapa Anda Memilih Posisi Ini?

Pertanyaan ini termasuk pertanyaan yang rumit untuk dijawab, namun merupakan pertanyaan ini pasti akan timbul selama proses wawancara berlangsung. Sehingga, pelamar diharapkan siap dalam menanggapi pertanyaan tersebut.
Kenapa Anda menginginkan pekerjaan ini?

Sebelumnya kamu mungkin telah memikirkan jawaban dari pertanyaan tersebut dan banyak ide jawaban yang terlintas pada pikiran kamu. Haruskah kamu memberitahu bahwa kamu mengambil pekerjaan ini untuk melunasi hutang-hutang kamu? Dapatkah kamu bercerita bahwa kamu melamar karena terdapat teman yang bekerja di perusahaan yang sama? Apakah perusahaan akan terkesan jika kamu beralasan bahwa kamu menyukai bentuk, jenis dan warna seragam perusahaan?
Jelas kita memiliki beberapa alasan berbeda mengapa kita menginginkan bekerja pada suatu perusahaan, namun apakah perusahaan tersebut cukup baik dan dapat secara cepat merekrut kita? Pertanyaan ini tidak seharusnya menjadi rintangan bagi mereka yang sedang diwawancarai. Berikut beberapa cara yang dapat digunakan dalam membangun sebuah jawaban yang menarik.

“Kenapa Anda Menginginkan Pekerjaan ini?”
 
Tunjukkan Bahwa Posisi yang Kamu Lamar Sejalan dengan Rencana Karirmu
Contoh jawaban: (untuk posisi publikasi media cetak)
“Keinginan terbesar saya adalah menjadi seorang kepala editor pada sebuah majalah lifestyle. Sebagai lulusan baru, saya sangat mengerti bahwa saya harus melalui proses yang panjang untuk bisa sampai pada posisi tersebut dan saya ingin tetap pada jalan yang saya pilih. Itulah mengapa saya tertarik pada posisi asisten editor. Saya yakin bahwa banyak kemampuan yang akan saya terima di sini sangat berarti bagi saya dalam mengejar mimpi saya.”

Ceritakan Tentang Ketertarikan dan Hobimu, lalu Tunjukkan Bahwa Hal tersebut Berkaitan dengan Pekerjaan yang Kamu Lamar
Contoh jawaban: (untuk pekerjaan di sebuah restoran)
“Saya tumbuh dalam lingkungan pecinta seni memasak. Sudah sejak lama ketertarikan ini tertanam dalam diri saya. Makan dan menyiapkan makanan merupakan hal yang menyenangkan, itulah alasan saya dengan cepat mengambil kesempatan untuk melamar pada lowongan ini. Hal tersebut dapat membuat saya senang berprofesi sebagai koki di restoran ini.”

Tampilkan Antusiasmu Untuk Menjadi Bagian dari Perusahaan
Contoh jawaban: (untuk posisi pengembangan sebuah produk)
“Saya merupakan penggemar layanan Anda bahkan sejak awal peluncuran pada 2007 lalu. Pada saat itu, Anda dikenal karena menampilkan artis yang tidak terdapat pada situs musik yang lain. Sebagai penggemar musik, saya menghargai bahwa Anda memiliki pilihan musik sendiri. Karena hal tersebutlah saya sangat senang ketika mendengar bahwa Anda membuka lowongan untuk tim pengembangan produk. Saya memiliki beberapa ide yang menurut saya cemerlang sehingga berguna bagi para pengguna situs.”
Pujian yang dilontarkan dapat membantu dalam usaha kamu mencari sebuah pekerjaan. Ketika rangkaian wawancara selesai, hal tersebut dapat memperbesar kesempatan kamu dalam mendapatkan posisi tersebut. Sekali lagi, pernyataan bahwa kamu tertarik dan antusias merupakan hal yang dicari oleh tim perekrut. Dengan mengaplikasikan cara ini, kamu akan dinilai sebagai kandidat pelamar yang berkualitas dibanding mereka yang fokus kepada uang dan yang terparah adalah kandidat tidak mengetahui profil perusahaan yang sedang dilamarnya.

Tunjukkan Bahwa Value dan Misi Perusahaan Serupa dengan Dirimu
Contoh jawaban: (untuk bagian human resources/recruitment)
“Ketika melakukan penelitian pada suatu perusahaan, saya menemukan bahwa peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan menyediakan kesempatan berkarir yang baik merupakan satu di antara beberapa visi perusahaan Anda. Hal tersebut menarik saya untuk dapat bergabung menjadi bagian dari perusahaan Anda. Saya sangat meyakini bahwa Negara ini harus menjadi tempat yang lebih baik untuk warga negaranya. Dengan menjalankan peran ini, saya pun dapat menjadi bagian dari tujuan yang berguna ini.

Setiap orang menginginkan lingkungan yang memiliki kesamaan prinsip dan tujuan yang sama. Jika kamu beruntung menemukan perusahaan yang memiliki kesamaan dengan kamu khususnya pada kedua hal tersebut, paparkan hal tersebut sehingga kamu menonjol dalam sebuah persaingan mencari pekerjaan. Perekrut akan berpikir bahwa kamu adalah seseorang berperan penting dalam proses tercapainya harapan perusahaan. Dengan melakukan penelitian terhadap perusahaan yang kamu lamar, kamu mungkin menemukan perusahaan yang memiliki prinsip dan tujuan yang dengan yang diri miliki.
Nah, setelah kamu mengetahui beberapa strategi untuk menjawab pertanyaan yang terkesan paling rumit dan membingungkan dalam sesi wawancara kerja, kamu bisa memilih kira-kira strategi apa yang cocok kamu gunakan untuk menjawab kenapa kamu menginginkan suatu pekerjaan. Ingatlah, bahwa setiap jalan cerita dalam wawancara kerja bersifat unik, jadi kamu perlu mengatur dan menyesuaikan diri akan menggunakan strategi menjawab yang seperti apa.

Bahkan, kamu bisa lho menggabungkan beberapa strategi dalam menjawab pertanyaan untuk menekankan jawaban yang kamu punya. Tapi, jangan lupa untuk melakukan latihan wawancara kerja dengan teman, sehingga saat sesi wawancara kerja sungguhan berlangsung kamu dapat terlihat natural dan tidak nervous. Good luck!

Bonus Jawaban yang harus anda hindari:

Pastikan Anda tak pernah memberikan jawaban seperti ini:

“Karena butuh uang.”
“Sepertinya ini perusahaan yang bagus untuk tempat bekerja.”
“Sepupu saya yang bernama A kerja di perusahaan ini dan memperoleh banyak benefit.”


Ketiga alasan ini terdengar mirip dan kemungkinan besar benar. Namun, mereka mengandung kesalahan yang sama; semuanya berkisar tentang apa yang Anda inginkan. Jawaban ini takkan membawa Anda kepada pekerjaan yang Anda inginkan.

Alasan umum juga takkan membuat Anda tampil berbeda dari kandidat lainnya. Sebagai contoh:

“Karena saya tahu saya bisa memberi kontribusi yang baik.”
“Karena saya tahu Anda sedang membuka lowongan untuk posisi … dan saya memenuhi persyaratan tersebut.”


Meskipun jawaban ini terdengar lebih baik, tetap saja mengandung kesalahan karena merupakan jawaban “ngambang”. Jawaban ini merupakan jawaban “pemanis” yang digunakan semua orang kepada semua perusahaan untuk semua jenis pekerjaan.

Apa yang Salah dengan Jawaban-Jawaban Tadi?

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja: Mengapa Anda Memilih Posisi Ini?Jawaban-jawaban di atas tak menarik di mata HRD karena jawaban tersebut sama sekali tak berhubungan dengan mereka. Berikut adalah kesalahan-kesalahan dari jawaban di atas tadi:

  • Jawaban-jawaban di atas fokus pada keuntungan yang Anda peroleh semata. Meskipun perusahaan ingin agar Anda menyenangi pekerjaan Anda, pada titik ini, mereka tak peduli tentang apa keuntungan yang akan Anda dapatkan. Yang ingin mereka ketahui hanyalah keuntungan apa yang mereka dapatkan jika mempekerjakan Anda.
  • Jawaban-jawaban tersebut tak menunjukkan pemahaman tentang apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pewawancara ingin mengetahui ketertarikan Anda terhadap posisi yang Anda lamar. Sedangkan jawaban samar yang menitikberatkan kepentingan Anda sendiri tak menunjukkan ketertarikan tersebut.









Bonus tips jawaban mengapa anda memilih perusahaan ini?

Ini adalah penggalan sesi dalam sebuah wawancara kerja, saat dimana pewawancara bertanya “Mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini ?

Apa yang akan Anda jawab ?



Sebelum kami uraikan jawaban terbaik untuk menjawab pertanyaan tersebut, ingat bahwa, jujur dalam proses interview kerja itu penting. Dan mereka para rekruitmen pasti orang yang ahli dalam bidan ini. Jadi jangan pernah berbohong.

Kita lanjutkan, variasi pertanyaan tersebut bisa bermacam-macam sebenarnya, berikut saya contohkan ;

  • Mengapa Anda tertarik melamar pekerjaan ini ?
  • Mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini ?
  • Kenapa Anda tertarik melamar di perusahaan kami ?



Pertanyaan-pertanyaan di atas sebenarnya mudah untuk dijawab, hanya saja kita sering kebingungan mencari alasan dan bagaimana menyampaikan kepada pewawancara.

Bagi fress graduate pemula, pertanyan wawancara ini akan sulit dijawab, berbeda dengan pelamar kerja yang sudah berpengalaman., pertanyaan ini sudah biasa mereka hadapi.

Tidak semua pewawancara menanyakan hal ini, namun tidak ada salahnya Anda mempersiapkan jawaban terbaik jika pertanyaan dalam sesi wawancara kerja nantinya ternyata  menanyakan pertanyaan ini.

Perlu diketahui, pertanyaan ini diajukan oleh pewawancara untuk mengetahui kecocokan Anda dengan suatu bidang pekerjaan.



Berikut 3 cara cerdas menjawab pertanyaan mengapa tertarik melamar pekerjaan ini ;

  • Tunjukkan antusias Anda terhadap pekerjan dalam perusahaan tersebut
  • Hubungkan antara keahlian dan pengalaman Anda pada posisi tersebut
  • Yakinkan bahwa pekerjaan tersebut penting dan akan membuat karir Anda cemerlang



Mari kita ulas satu persatu ;

Tunjukkan antusias Anda terhadap pekerjan yang Anda lamar

Seperti sudah saya singgung di atas, perusahaan melalui pewawancara ingin mengetahui minat dan antusias Anda.  Tunjukan antusiasme Anda. Tunjukan bahwa anda memang benar-benar tertarik dengan perusahaan tersebut. Tunjukan bahwa anda benar-benar tertarik dengan posisi  tersebut.

Antusiasdan ketertarikan yang tinggi adalah modal Anda untuk meyakinkan pewawancara bahwa anda adalah pilihan tepat.  Dalam mendukung hal ini, tentunya Anda harus memiliki informasi yang cukup terkait posisi pekerjaan di perusahaan tersebut.

Bukan hanya posisi pekerjaan saja, Anda harus mencari informasi tentang perusahaan untuk menambah yang dibutuhkan.



Contohnya begini ;

Misalnya anda sedang interview pada perusahaan yang bergerak dalam  manajemen aset, misalnya PT. Cinta Aset Indonesia, maka anda bisa memberikan dengan cara berikut ;

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja: Mengapa Anda Memilih Posisi Ini?

Ada satu hal yang menarik ketika melihat lowongan pekerjan di  PT. Cinta Aset Indonesia.  Saya menjadi tahu, bahwa ternyata perusahan ini membuat tools analisa sendiri dalam mengelola manajemen. Saya melihat tim begitu kompak dalam menjalankan strategi baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Saya sangat tertarik bergabung dalam tim tersebut, dan ikut berperan aktif didalamnya dalam mempercepat kemajuan perusahaan.



Itu adalah satu contoh kecil, dengan pengetahuan kita tentang perusahaan tersebut kita bisa menjawab pertanyaan kenapa kita tertarik bekerja di perusahaan tersebut.

Dengan pengetahuan terkait perusahaan dan antusiasme anda, Anda akan dinilai oleh pewawancara update terkait perkembangan perusahaan mereka. dan ini akan membuat pewawancara tertarik dengan Anda.



*Kelanjutan ada di kolom komentar


sumber:
https://id.jobsdb.com/id-id/articles...-pekerjaan-ini
https://magazine.job-like.com/pertan...enapa-bekerja/
https://www.jadikaryawan.com/cara-me...pekerjaan-ini/
Polling
0 suara
Bermanfaatkah artikel ini?
Diubah oleh dodydrogba 28-02-2018 04:48
falin182
falin182 memberi reputasi
1
32.1K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan