CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
INFO dan TANYA JAWAB BTN (BPS,ODP) - Part 1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5524c888947868526d8b456f/info-dan-tanya-jawab-btn-bpsodp---part-1

INFO dan TANYA JAWAB BTN (BPS,ODP)

Tampilkan isi Thread
Halaman 138 dari 148
Quote:


dipantau terus aja gan websitenya.
atau ga bisa juga di cek di jobfair

Quote:


dicoba aja gan, ga ada salahnya mencoba
Halo agan2 dan suhu-suhu dimari,
Mau tanya nih, kalau untuk supervisor agen griya BTN itu kerjaannya ngapain ya gan ?

Mohon pencerahan gan
Ada yang daftar ODP BTN lewat jobfair UI, yg kemaren interview awal kamis jumat? Ada grubnya ngga yaa..thanks
ask gan, ada rekrutmen btn lagi ya? ane liat di open kerja, tp kok webnya rekrutmen ga bisa diakses ya gan? ada yang sama?
Gan mau nanya untuk rekrutmen jalur pro hire sudah tahap nunggu keputusan direksi itu butuh brp lama ya biasanya? Ada yg Tau? Makasih
ada lowongan odp, tapi judulnya ITB Career Days.
Apaa pelaksanaan'a bakal di kampus ITB?
Pelaksanaannya bakal di kampus itb atau cabang bank btn terdekat dan terbesar disekitaran situ gan
Quote:


yah gak jadi deh kalo gitu.
makasih banyak gan atas infonya

Btn interview awal

Ada yang test interview awal BTN besok di univ.andalas padang nggak ya?

Udh keluar pengumuman adm nya khusus di kampus unand gan??

Quote:


Kyknya blm deh gan,gw jg blm dpat pemberitahuan testny
Gw juga daftar btn hiring unand
kalo ga skripsi, karya ilmiahnya di isi apa ya?
Diubah oleh thekingofkong
Emang lu llusan apa gan?
Yg di surabaya ada yg sudah tes kah? Makasih.
Gan nungpang nanya, pengumuman btn via sms atau ada webnya.
Kalau ada webnya bagi link dong gann
emoticon-2 Jempol
ada yang ikutan wawancara awal untuk ODP di USU hari ini gak? ntr pengumumannya kapan dan lewat apa y (SMS, email atau Website)??
Sudah ada yg di panggil gan ?

Sharing Pengalaman Rekruitment ODP BTN

Siang teman-teman, saya mau berbagi pengalaman mengikuti ODP BTN yang saya ikuti pada batch sebelumnya di Jakarta (oktober-januari 2018) semoga membantu gambaran teman teman untuk mengikuti seleksi ini.
Jalur ini bisa dibilang paling diminati job-seeker karena kesempatan karir yang bagus, so sudah pasti perjalannya ga mudah dan saingannya banyak.
Langsung aja saya bahas satu persatu proses seleksinya, mohon maaf juga kalo ada salah salah dikit karena lupa kejadian persisnya haha.

1. Seleksi Administrasi.
Di tahap ini seperti kebanyakan seleksi awal, isi data dan berkas yg diminta (waktu itu saya daftar lewat website rekrutmen BTN)
pengumuman emang rada lama. Setelah lolos akan ada SMS/ email panggilan interview awal.

2. Interview Awal.
Jumlah peserta yang lolos pada tahap ini sekitar 500 orang. nanti disuruh membawa berkas seperti ijazah dan transkrip. Peserta diminta datang ke gedung pusat BTN yang ada di Harmoni. Nanti disana kita masuk per batch dan diminta foto didepan background yang disediakan panitia. Setelah itu baru dipanggil satu persatu kedepan untuk interview (ada 5 meja interviewer). Pertanyaan interview standar yah paling perkenalan diri, pengalaman organisasi/kerja. oh iya pake bahasa inggris ya.

3. Toefl dan TPA
Jika dinyatakan lolos, kita akan di SMS/email kembali untuk datang ke tempat yang sama untuk tes toefl dan tpa. Pengumumannya cuma beda seminggu dari yang sebelumnya. Tahap ini yg lolos tinggal 100an orang, TOEFL nya ga terlalu susah, tapi TPAnya lumayan sulit.

4. Psikotest
Jika lolos tahapan sebelumnya, 5 Hari setelah test sebelumnya kita di SMS/email lagi untuk mengikuti psikotest. Waktu itu diadakan oleh UI yang berlokasi di Salemba. Sebelum test dimulai kita disuruh isi biodata diri. Psikotest kali ini bisa dibilang sangat lengkap dimana kita test benar benar setengah hari full.untuk soalnya sendiri ya standar psikotest pada umumnya. usahakan isi seluruh pertanyaan dan test koran se stabil mungkin. Karena pengumuman hari itu juga ditempat itu (asumsi yang dinilai luus/engganya test koran dan jawaban abcde).Oh iya yang lolos pada tahapan ini tersisa 50 orang

5. LGD dan interview psikolog
Keesokan harinya 25 orang peserta yang lolos diminta datang ketempat itu lagi untuk LGD dan interview psikolog. LGD standar kita diminta memilih 5 sifat yang harus dan tidak boleh dimiliki karyawan BTN. nanti didiskusiin. Setelah LGD kurang lebih 15Menit. dipanggil 1 per 1 untuk interview psikolog dimana beliau mencocokkan hasil psikotest kemarin dan biodata yang kita isi.

6. Medical Check-up
Setelah menunggu kurang lebih 10 hari masuk pengumuman tahap selanjutnya. Pada tahapan ini saya dan seluruh teman satu kelompok LGD lolos. menyisakan 14 orang. Ga perlu dijelasin ya medcek seperti pada umumnya. tapi ga gitu lengkap kok pemeriksaannya.

7. Interview User
tahapan terakhir ini pengumumanya digabung sama Medical Check-up, jadi masih tetap ada 14 orang yang sampai tahap ini. nanti kita diminta untuk mempresentasikan materi inovasi terhadap bank BTN. Mekanisme nya kita terlebih dahulu presentasiin materi kita sekitar 15 menit. setelah itu baru masuk sesi tanya jawab sekitar 30 menit.

8. Offering
2 Minggu setelah final interview barulah ada pengumuman presentasi program dan benefit ODP BTN. sayangnya saya tidak bisa cerita banyak tentang tahap ini, soalnya saya ga lolos wkwk. intinya nanti dijelasin benefit/ roadmap program ODP ini sendiri. *pada saat dipanggil baru penyuluhan aja, bank BTN ngasih waktu seminggu untuk peserta yang lulus untuk mempertimbangkannya.

Itulah gambaran kasarnya proses seleksi ODP BTN yang saya ikuti, setelah bersaing dengan 500 orang saya harus kalah di tahap akhir karena hanya diambil 10 orang dari 14 orang. Terlepas dari semua itu banyak pengalaman yang dapat diambil haha.
Kalo udah diterima enak kok, kabar dari rekan saya yang lulus, pendidikannya bikin kita sejahtera terjamin lah pokoknya. Tapi ya resiko ditempatkan diseluruh indonesia sudah pasti.

Sekian pengalaman dari saya, goodluck dan terus berusaha!
Luar biasa gan...udah MCU msh ad kemungkinan gagal y...ketat bgt y..

Btw, nice sharing...
Diubah oleh kahanamaku
Halaman 138 dari 148


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di