Saat ini, di jaman yang serba modern ini internet sudah menjadi menjadi bagian dari kehidupan banyak masyarakat dan kini juga banyak dari perusahaan perusahaan besar yang memanfaatkan media internet sebagai media untuk memberikan informasi informasi dari produk produk mereka secara update.
Quote:
Dan ini salah satunya Youtube Channel dari Toyota Indonesia ini, mendapat apresiasi dari Google Indonesia melalui penyerahan Silver Play Buttondan atas prestasinya Toyota Indonesia sukses meraih subscribers di atas angka 100.000. Penghargan ini sekaligus menunjukkan keseriusan Toyota Indonesia dalam memberikan berbagai kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta membangun engagement antara Toyota dan pelanggan di era digital saat ini.
Dalam sebuah survei yang dilakukan Google, pemanfaatan saluran digital (online) oleh calon konsumen sangat besar dalam upayanya mencari informasi untuk memiliki mobil idamannya. Bahkan survei tersebut juga mengungkapkan, pemanfaatan keberadaan saluran digital juga akan mempengaruhi masa depan bisnis dan industri otomotif nasional ke depannya.
Quote:
Dengan adanya penghargaan seperti ini, klo ane sih berharap Toyota akan semakin memicu untuk terus memberikan kemudahan bagi para pelanggan setia Toyota dalam mengakses berbagai informasi dan referensi tentang produk, teknologi dan jasa yang dibutuhkan melalui berbagai saluran media sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada.
Perjalanan panjang sejak 29 Maret 2010 lalu, hingga 15 Februari 2018 telah mencapai 116 ribu subscribers dengan 232 video.Komitmen dan pemanfaatan saluran digital merupakan bagian strategi TAM untuk menyiasati iklim kompetisi pasar otomotif yang semakin ketat, serta kondisi konsumen yang semakin cerdas dan kritis.
Channel Youtube Toyota Indonesia menduduki peringkat ke-3 diantara channel Youtube Toyota di seluruh dunia setelah Channel Youtube Toyota di US dan Jepang, namun jika di lihat berdasarkan rata-rata views. Video Youtube Toyota Indonesia memiliki rata-rata penonton terbanyak dibandingkan dengan channel Youtube Toyota di Negara lain yaitu rata-rata setiap satu video ditonton lebih dari 200 ribu.
Pemanfaatan media online di era digital
Eksistensi TAM di era digital sendiri dimulai dari pembentukan official website pada tahun 1996 di mana TAM bisa dibilang sebagai pioneer dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Bahkandi tingkat Toyota global, website TAM pun tercatat sebagai yang terbesar ketiga di dunia. Hingga 30 Januari 2018 lalu, berdasarkan data yang dihimpun oleh trafficestimates.com, traffic website TAM telah dikunjungi hampir 975 ribu visitor.
Social media berdasarkan data per 15 Februari 2018, ada 1,45 juta likes di akun Facebook Toyota, juga lebih dari 160 ribu followers Twitter di ToyotaID dan 162 ribu followers di instagram ToyotaID. Di Indonesia, akun instagram dan twitter Toyota Indonesia mendapatkan followers tertinggi jika dibandingkan dengan akun otomotif ATPM lainnya di Indonesia.
Quote:
“Pemanfaatan kanal Youtube, website dan social media kami harapkan dapat menjadi salah satu strategi bagi Toyota dalam menjaga eksistensinya sebagai market leader di pasar otomotif nasional. Melalui penggunaan saluran digital tersebut Toyota setidaknya dapat menyesuaikan strategi komunikasi masing-masing produk dan layanan yang dimiliki sehingga sasaran target komunikasinya pun menjadi lebih tepat,” ucap Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto.
Quote:
“Seluruh pemanfaatan dan penanganan segala aktivitas digital TAM ditangani oleh E-Marketing Section. Keberadaan section khusus yang dedicated ini merupakan bentuk komitmen kami dalam hal digitalisasi agar konsumen mendapat kepuasan yang lebih,” kata Soerjopranoto
Salah satu manfaatkan kanal Youtube, website dan social media ini adalah bisa menjadi salah satu strategi bagi Toyota dalam menjaga eksistensinya sebagai market leader di pasar otomotif nasional!!!
Bagaimana pendapat agan agan di sini ??? komen di bawah!!