Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nashir95Avatar border
TS
nashir95
CARA AMPUH MENGHILANGKAN SETRES
1. Curhat
Dengan berbagi cerita kepada orang lain maka dapat mengurangi beban pikiran yang sedang kita rasakan. Berkeluh kesah kepada orang dekat akan membuat kita menemukan solusi dan nantinya juga mendapatkan motivasi serta jalan terbaik yang harus kita lakukan kedepannya.

2. Berkebun
Pernahkah Anda memperhatikan orang yang sudah lanjut usia dan suka berkebun? Mereka selalu kelihatan tampak bahagia kan? Di lansir dari sebuah studi di Belanda menyatakan bahwasanya berkebun memiliki dampak yang luar biasa untuk menghilangkan stres pikiran.

Hasil studi tersebut menegaskan bahwa berkebun ini jauh lebih baik dari kegiatan rekreasi untuk memulihan stres. Saat ini sudah banyak cara berkebun secara modern yang bisa Anda coba di rumah, seperti menanam tanaman hidroponik, hidroganik atau juga bisa berkebun secara manual.

3. Mengalihkan Perhatian
Dalam situs Health Portal, dr. Emmons menyatakan bahwa cara menghilangkan stres dan depresi adalah dengan mengalihkan fokus. Jadi kita jangan terlalu memikirkan suatu keadaan rumit yang dapat membuat stres.

Untuk mengalihkan perhatian ini memang tidak mudah, namun jika ada keyakinan dan niat maka kita mampu terhindar dari stres. Tanamkan rasa optimis pada diri sendiri bahwa masa depan itu masih panjang dan penuh harapan indah.

4. Melakukan Gerakan Fisik
Setiap orang membutuhkan aktifitas yang baru agar tidak terjebak dengan rutinitas yang itu-itu saja. Untuk memulihkan stres dan beban pikiran maka Anda bisa melakukan latihan seni beladiri, berteriak, memukul dan menendang.

Anda tidak perlu malu dan takut meskipun sudah berusia lanjut. Hal ini bisa Anda lakukan secara rutin, terutama kepada penderita stres tingkat berat yang sering mengalami rasa gelisah dan susah tidur.

4. Mendengarkan Musik
Jenis musik yang cocok untuk meredakan tingkat stres adalah yang berirama lambat, salah satunya adalah musik instrumental karya-karya Mozart. Dengan musik yang mengalun syahdu dan tenang maka secara lambat laun dapat menghilangkan stres dan beban pikiran serta menjadikan tubuh rileks dan jantung stabil.

Mendengarkan musik ini tidak hanya terpaku pada nyanyian dan lagu saja. Bagi Anda yang ingin mendengarkan orang mengaji al-Quran juga tidak apa-apa. Intinya, dengarkanlah musik favorit yang disukai karena itu bisa menyembuhkan stres dan depresi.

5. Tersenyum
Senyum memang identik dengan orang yang senang dan bahagia. Tapi tidak ada salahnya Anda mencoba tersenyum saat sedang ditimpa masalah dan terbebani masalah yang berat. Hal ini harus dilakukan dan dilatih untuk menghilangkan stres dan beban pikiran.

James Laird PhD dari Clark University pernah melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa kegiatan senyum dapat merangsang sel kebahagiaan di otak. Jadi, saat Anda memiliki beban masalah yang berat maka temuilah sahabat atau orang-orang tercinta dan tetaplah tersenyum.

6. Refreshing / Rekreasi
Rutinitas yang tinggi kerapkali sangat membosankan dan menjadikan pikiran penat sehingga dapat menimbulkan stres. Luangkanlah waktu 1 atau 2 hari dalam seminggu untuk bersantai bersama orang-orang terdekat. Anda bisa bersenang-senang atau jalan-jalan ke pantai atau objek wisata di akhir pekan. Dengan cara ini stres dan pikiran penat akan direfresh sehingga menjasi segar kembali.

7. Istirahat
Ada sebagian orang yang mengalami stres akan tidur sepanjang waktu. Tidur juga merupakan termasuk cara menghilangkan stres pikiran yang sangat efektif dan berguna untuk mencharge stamina untuk esok hari sehingga produktifitas akan semakin meningkat.

8. Minum Air Putih
Ada banyak para pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa minum air putih secara cukup dapat membantu mood seseorang bisa menjadi lebih baik. Kebutuhan hidrasi tubuh tidak boleh di pandang sepele, karena selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga dapat meredakan tingkat stres seseorang.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa minum air putih di pagi hari maka dapat berdampak positif untuk meningkatkan perasaan bahagia seseorang hingga siang dan malam harinya. Untuk itu, dalam setiap aktifitas dan rutinitas yang Anda lakukan, jangan lupa selalu membawa bekal air putih.

9. Positive Thingking
Selalu berpikiran positif terhadap semua hal yang terjadi dalam hidup. Ini membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri agar bisa termotivasi menjadi lebih baik.

10. Melakukan Yoga
Yoga merupakan gerakan relaksasi tubuh yang dapat membantu melancarkan aliran darah dan juga mengatur pernafasan. Kegiatan yoga ini juga dapat mengobati stres tingkat tinggi karena semua gerakan dalam yoga dapat mengkondisikan pikiran yang kalut menjadi tenang dan damai.

Tarik nafas dalam-dalam dan buang secara perlahan dengan konsentrasi penuh seperti saat sedang meditasi. Ini membantu meningkatkan hormon endorfin yang dapat membuat pikiran tenang. Untuk melakukan yoga ini, carilah tempat yang sepi dan sejuk agar proses yoga bisa berjalan dengan khusyuk.

11. Meditasi
Meditasi merupakan cara terbaik untuk menurunkan hormon stres yang berlebihan. Manfaat meditasi ini berguna untuk meringankan beban pikiran dan juga membuat pikiran bisa berpikir secara jernih. Selain itu, meditasi juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah menjadi normal dan pernafasan jadi lebih baik.

12. Melakukan Hobi
Bagi Anda yang punya hobby tertentu, maka kegiatan tersebut bisa dijadikan penghilang rasa jenuh dan stres. Seperti hobi memasak, membaca, menulis, memancing, berpetualang, main game, nonton film dan yang lainnya. Kegiatan yang disukai tersebut dapat mengusir kejenuhan dalam rutinitas sehari-hari, jadi setidaknya luangkan waktu pada akhir pekan untuk melakukan hobi yang disukai.

13. Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman
Makanan sehat yang efektif untuk menenangkan pikiran adalah ikan laut dan coklat hitam. Dan jenis buah-buahan yang diyakini mampu untuk menghilangkan stres dan depresi adalah yang mengandung potassium yang tinggi seperti buah pisang dan alpukat.

Untuk sayuran hijau ada wortel dan daun seledri. Minuman yang juga berguna untuk meredakan hormon stres adalah teh hijau, jahe hangat, yogurt dan susu.

14. Olahraga
Olahraga secara teratur dipercaya merupakan cara yang paling efektif untuk meringankan stres dan depresi. Terutama Anda yang disibukkan oleh rutinitas pekerjaan yang penuh resiko dan menantang. Lakukanlah olahraga ringan sebelum berangkat kerja ke kantor selama 30 menit agar suasana hati lebih nyaman dan bahagia.

Ada sebuah studi yang menyimpulkan bahwasanya olahraga dapat meningkatkan hormon bahagia sehingga dapat mood menjadi lebih baik. Secara keseluruhan, olahraga tidak hanya dapat mengatasi tingkat stres yang berlebihan tetapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga : Cara Mencegah Penyakit Diabetes Secara Alami Dan Cepat

15. Lakukan Pijatan
Cara menghilangkan stres pikiran bisa dengan melakukan pijatan secara lembut pada tubuh, khususnya di area pundak dan leher. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memijat bagian tersebut, khususnya orang-orang terdekat yang memiliki ikatan emosional.

Melakukan pemijatan disertai dengan obrolan ringan yang penuh motivasi maka dapat mengembalikan gairah hidup dan menghilangkan rasa khawatir dan beban yang dipikul selama ini.
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
4.2K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan