Halo, Juragan dan Sista!
Tahukan ya, pemasaran itu apa 
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pemasaran dan penjualan merupakan garda terdepan dari sebuah bisnis agar tetap bertahan dalam era yang kompetitif ini. Bisa dikatakan jika tidak ada pemasaran, maka usaha tersebut dapat gulung tikar termakan kompetitor yang gencar melakukan pemasaran
Quote:
Secara teoritis (William J. Stanton), Pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis atau usaha yang dimulai dari perencanaan, penentuan harga barang atau jasa, promosi, hingga pendistribusiannya kepada konsumen.
Nah, untuk marketing communicationnya sendiri itu tidaklah jauh dari bidang marketing. Namun kali ini lebih spesifik dengan fokus terhadap pesan yang disampaikan melalui metode marketing terpadu dan terintegrasi ya teman Bhinaya!
Penasaran apa saja yang termasuk dalam bidang Marketing Communication ini?
Quote:
ADVERTISING
Sumber Gambar : londonamb.com
Iklan bentuk komunikasi non personal mengenai perusahaan, produk, jasa atau ide yang dibayar (paid) oleh perusahaan terhadap space (ukuran) atau waktu penyampaian pesan tersebut. Biasanya, cara ini yang dipakai oleh masyarakat dalam mengiklankan produk atau jasanya.
Saat ini, iklan juga dapat diletakan dalam beragam space, diantaranya media konvensional maupun digital dengan harga yang variatif pula.
Quote:
DIRECT MARKETING

Sumber Gambar : dwsassociates.com
Pemasaran langsung adalah sistem pemasaran dimana pemasar langsung berkomunikasi dengan calon konsumennya untuk menghasilkan respon langsungnya (direct response) Dalam hal ini, pasti gansis pernah ditelepon oleh sales produk tertentu untuk dapat mencoba produk dan jasanya bukan?
Nah, itulah sedikit gambaran bagaimana direct marketing dikerjakan oleh para marketeer di dunia.
Quote:
DIGITAL (Internet & Social Media)

Sumber Gambar : t2online.com
Dunia digital yang didapuk sebagai masa depan pemasaran dan bisnis ini memang perlu dimanfaatkan gansis. Mulai dari website ataupun media sosial, sebuah usaha yang semula kecil dapat menjadi besar dari sini loh gan. Terlebih biaya yang dikeluarkan untuk promosi dalam media digital ini relatif rendah dibandingkan dengan media konvensional. Namun perlu dimaintenance secara benar dan kontinu sehingga hasilnya juga sesuai dengan ekspektasi.
Quote:
PROMOSI PENJUALAN (Sales Promotion)

Sumber Gambar : dealtrackersf.com
Pernahkah mendapatkan promo dari sebuah brand yang terlampau tinggi hingga mencapai 50% + 20%? Dapat dikatakan bahwa strategi tersebut merupakan salah satu cara brand untuk mendapatkan penghasilan dengan cepat. Cara ini sering digunakan untuk menarik customer baru menjadi pelanggan tetap, begitupula pelanggan tetap akan menjadi semakin mencintai brand tersebut.
Mungkin agan sista perlu ketahui bersama bahwa ada dua pembagian dalam sales promotion diantaranya,
- Promosi penjualan berorientasi konsumen: ditargetkan untuk konsumen (pengguna) dalam bentuk kupon, sampling, hadiah, diskon, kontes dll
- Promosi penjualan berorientasi dagang: ditargetkan untuk penyalur, pengecer atau distributor dalam bentuk bonus, harga khusus, kontes penjualan dll
Quote:
PUBLISITAS DAN HUMAS (Publicity & Public Relations)

Sumber Gambar : jobmarketfair.blogspot.com
Umumnya publisitas disampaikan dalam bentuk berita, editorial atau pengumuman. Publisitas tidak dibayar oleh perusahaan, melainkan oleh media massa. Sedangkan humas sendiri mengupayakan citra positif dari sebuah brand dengan cara memaintenance segala aspek internal maupun eksternal sehingga selaras dan harmonis.
Quote:
PENJUALAN PERSONAL (Personal Selling)

Sumber Gambar : ardencoaching.com
Penjualan personal lebih mengacu pada komunikasi pihak ketiga yang membantu atau menawarkan konsumen untuk membeli produk atau jasa perusahaan. Seperti yang setiap hari kita jumpai seorang SPG ataupun SPB yang menawarkan produk tertentu secara langsung kepada pelanggan. Kegiatan penjualan ini lebih intensif dan interaktif dibanding cara yang lain.
Quote:
ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM)

Sumber Gambar : customervaluecreation.com
Konsumen akan membeli produk yang direkomendasikan oleh kenalannya karena menanggap bahwa informasi produk tersebut terpercaya dan personal. Word of mouth dianggap lebih persuasif dibandingkan pemasaran melalui iklan.
Nah, sudah tahukan? beberapa sub bidang marketing communication. Mau tahu lebih dalam dan konsultasi tentang dunia marketing communication dengan ahlinya? Kunjungi website kami di www.bhinaya.co.iduntuk tahu lebih dalam ya teman Bhinaya 
Yuk, sharing di kolom komentar tentang pendapat Gan Sis tentang Marketing Communication bareng kami 