Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

noctics12Avatar border
TS
noctics12
Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengeluhkan gajinya yang kecil
Maap nih ane ga tahan buat nge share berita ini..
Soalnye kagak masuk di akal ane..
emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)



Jakarta - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengeluhkan gajinya yang kecil dan meminta Presiden Joko Widodo menaikkan gaji kepala daerah untuk menekan tingkat korupsi kepala daerah. Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menuturkan perlu ada standardisasi baru gaji pejabat negara.

"Dulu pernah saya sampaikan bahwa struktur gaji para pejabat negara maupun aparatur negara ini memang harus dibuat standardisasi yang baru. Jadi permasalahannya bukan kurang atau kecil atau cukup atau permasalahannya setuju atau tidak setuju," kata Taufik saat dihubungi, Rabu (21/2/2018).

Ia memandang saat ini terlihat ada ketimpangan gaji antara pejabat negara dan pejabat direksi BUMN. Pasalnya, dikatakan Taufik, gaji pejabat direksi BUMN bahkan melebihi presiden.

Baca juga: Gubernur Sulut: Gaji Kami Cuma Rp 5,8 Juta


"Dulu saya menyampaikan, di antara struktur pegawai pemerintahan, kemudian di antara para pejabat publik, kemudian juga para aparatur kita, baik Kepolisian maupun TNI-Polri, itu apabila dilihat dalam posisi yang sekarang ini terjadi ketimpangan take home pay yang masih sangat jomplang dengan para pejabat direksi BUMN," tuturnya.

"Ada direksi BUMN itu gajinya di atas Rp 300 juta per bulan, ada juga Rp 400 juta. Belum nerima tantiem bonusnya tiap tahun. Sehingga bahkan gaji presiden saja kalah jauh secara struktur gajinya ya yang resmi dibandingkan dengan kepala direksi BUMN," sambung Taufik.

Wakil Ketua DPR bidang ekonomi dan keuangan ini pun berharap Menteri Keuangan Sri Mulyani segera merestrukturisasi standar gaji secara menyeluruh. Tak hanya pejabat negara, sebut Taufik, tapi juga standar gaji pejabat direksi BUMN.

Olly Dondokambey (Nur Indah Fatmawati/detikcom)


"Ya secepatnya (perlu direstrukturisasi). Karena sekarang kalau tidak segera direstrukturisasi gaji sesuai dengan standar yang terbaru, yang pasti terjadi ketidakadilan antara pejabat. Saya minta restrukturisasinya juga harus menyeluruh sebagai bendahara negara di Kementerian Keuangan," ujar Waketum PAN itu.

Meski begitu, Taufik tak menyebut restrukturisasi standar gaji dapat mengurai kasus korupsi di tingkat kepala daerah. Namun standar gaji yang tak kunjung diperbarui membuat sistem gaji menjadi semrawut.

Baca juga: Gubernur Sulut Keluhkan Gaji, Mendagri: Korupsi Tak Berkaitan Gaji


"Semua dari anggota DPRD, pegawai golongan tingkat I, golongan II, semuanya direstrukturisasi. Jadi saya tidak mengatakan ini dapat mengurai korupsi atau tidak, tapi ya karena itu semuanya semrawut," sebut Taufik.

Sebelumnya Olly meminta Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menyampaikan pesan kepada Presiden Jokowi untuk menaikkan gaji kepala daerah untuk menekan tingkat korupsi kepala daerah. Ia juga menjamin, jika gaji gubernur naik, tak ada kepala daerah yang melakukan korupsi.

"Alangkah baiknya apabila bisa melalui Ibu Basaria Panjaitan selaku Wakil KPK RI bisa menyampaikan pesan kepada Presiden Jokowi apabila gaji kepala daerah besar, Olly Dondokambey selaku kepala daerah Sulawesi Utara jamin kepala daerah dan kepala daerah kabupaten lainnya tidak ada lagi ditemukan praktik korupsi," beber Olly.



https://news.detik.com/berita/d-3878...da-ketimpangan

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengeluhkan gajinya yang kecil dan meminta kenaikan ke Jokowi. Pimpinan DPR menyebut ada ketimpangan standarisasi gaji pejabat.

Monggo dah yang mau corat coret, tapi inget ya jangan ampe kena UU MD3..emoticon-Blue Guy Cendol (S)
emoticon-Betty (S)emoticon-Betty (S)emoticon-Ngakak (S)

0
1.7K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan