Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yviciantikaAvatar border
TS
yviciantika
3 Penyebab Gatal Ketika Olahraga
Olahraga itu memang sangat penting untuk tubuh kita agar tetap fit, tapi masalahnya ada yang mengalami rasa gatal saat berolahraga.

Quote:


Rasa gatal kadang memang bisa diabaikan, tapi juga kadang mengganggu kita sehingga membuat kita malas untuk melanjutkan olahraga karena sibuk menggaruk.
Seperti yang dilansir dalam https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...at-berolahragadirangkum dari sejumlah seumber, terdapat 3 penyebab gatal saat olahraga yaitu kondisi kulit kita yang kering, alergi pada pakaian olaraga yang dipakai atau produk perawatan yang baru dan pelepasan histamin saat olahraga

Quote:


1. Kulit kering
Kulit yang kering, cuacana panas dan kelembaban rendah ternyata bisa membuat kulit kita terasa gatal saat berolahraga emoticon-MatabeloMeskipun cuaca hujan, tapi saat panas, udara benar-benar terasa kering. Udara panas dan keringlah yang membuat kulit kita juga menjadi kering.

Quote:

 

2. Baju olahraga

Saat olahraga memang paling pas menggunakan pakaian khusus yang bisa menyerap keringat dengan cepat dan tentunya memiliki sirkulasi udara yang baik jadi kulit kita pun bisa mudah bernapas emoticon-surprised
Tapi, menurut Yan Isabel Zhu sebagai ahli kulit, rasa gatal bisa muncul dari sisa bahan kimia pada pakaian yang masih baru, pakaian yang tidak dicuci atau sisa pelembut baju setelah mencuci. Sebagian orang bisa memiliki reaksi alergi terhadap bahan pakaian yang bisa melar dan bisa digunakan untuk pakaian olahraga.
Quote:

 Ia menyarankan agar kita mencuci pakaian olahraga yang baru dibeli dengan sabun dan juga tanpa pelembut. Tapi jika tidak mempan, mungkin kalian bisa beralih menggunakan pakaian yang terbuat dari 100% kapuk alami daripada bahan sintesis seperti polyester, spandex atau lycra.

3. Pelepasan histamin

Akhir-akhir ini banyak yang mengatakan bahwa rasa gatal disebabkan karena pelepasan histamin atau yang dikenal dengan vasolidator.  Histamin membuat pembuluh darah melebar dan bisa meningkatkan aliran darah pada daerah yang terluka atau terinfeksi sehingga membantu sistem imun menjalankan tugasnya.

Dilansir dari Outside Online, studi di Jepang menunjukan bahwa histamin bisa dilepaskan selama kita berolahraga untuk membantu tubuh melawan rasa lemas atau kelelahan saat olahraga. Tapi nih sayangnya histamin juga mengirim sinyal gatal pada otak kitaemoticon-Cape deeehh

Untuk mereka yang baru saja mulai olahraga rutin atau mengubah intensitas olagaraha, rasa gatal bisa muncul ketika tubuh sedang beradaptasi. Kalau gatal terus terasa seriing berjalannya olahraga rutin, mungkin bsia istirahat selama beberapa hari emoticon-Cape d...dan mulai lagi lalu lihat apakah ada perubahan. Nah biasanya para atlet mengonsumsi antihistamin buat mencegah reaksi gatal.

Sekarang sudah pada tau kan gan apa penyebab gatal waktu kita olahraga, mungkin itu salah satu jawabannya emoticon-Jempol


0
2.6K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan