c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Silat Beksi Adopsi Dari Gerakan Wing Chun, Yang Menjadi Andalan Bruce Lee




Gong xi fa cai, untuk kalian yang merayakannya jangan lupa angpao buat TS ya emoticon-Big Grin.



Thread kali ini saya sebenarnya tak ingin bicarakan tentang imlek, tapi saya hanya terkesan dengan wing chun, sebuah ilmu beladiri yang memiliki gaya khas yang berbeda dengan kung fu pada umumnya.

Gaya kungfu yang berbeda dengan bertarung jarak dekat dengan menggunakan kekuatan dan kecepatan, wing chun menjadi terkenal.



Apalagi seorang guru legendaris dari seorang murid yang terkenal di layar kaca, guru ip man yang menjadi pendekar hingga akhir hidupnya mengajarkan seni bela diri ini, murid yang terkenal di layar kaca itu adalah Bruce Lee.



Wing Chun sendiri adalah sebuah bentuk seni bela diri yang sangat unik, spesialisasi pada pertarungan jarak dekat, memakai pukulan cepat dan tendangan dengan pertahanan yang ketat serta ketangkasan gerak kaki untuk mempercepat gerak maju. Wing Chun yang efektif dapat dicapai dengan kordinasi antara serangan dan pertahanan yang serentak dan serangan balik.



Praktisi Wing Chun harus belajar untuk melontarkan jumlah energi yang tepat dengan keadaan santai. Guru Wing Chun yang baik akan mengajarkan muridnya untuk mengatasi serangan dengan mengatur posisi dan struktur tubuh daripada menghadapi langsung. Gaya Wing Chun meliputi tendangan, menangkis, serangan beruntun, tinju, menjebak dan mengontrol teknik sebagai bagian dari pertarungan.



Dari karakteristik Wing Chun, yang melegenda ternyata mirip dengan Silat Beksi asal Betawi, memang aliran beksi ini bukanlah asli budaya lokal karena awalnya silat ini diajarkan oleh keturunan tionghoa yg dulu tinggal di daerah Dadap Tanggerang sekitar tahun 1928, bernama Lie Cheng Ok (1854 – 1951).

Terdapat banyak pendapat mengenai asal istilah Beksi, namun menurut peneliti silat G.J. Nawi istilah itu perubahan dari kata aslinya Bhe Si, yang dalam bahasa Hokkien berarti 'kuda-kuda'.



silat Beksi maksudnya adalah pertahanan dari empat penjuru. Selain itu silat “Beksi” juga adalah singkatan yang dapat diartikan 'berbaktilah engkau kepada seruan Ilahi” dan juga 'berbaktilah engkau kepada sesama insan'. Ini sebagai seruan aplikasi perbuatan baik yang wajib di jalani setelah seseorang belajar Beksi.



Seni bela diri Beksi adalah merupakan ilmu bela diri yang memadukan antara seni, keindahan, ketepatan dalam mencapai sasaran, kekuatan, kecepatan serta kedinamisan dalam gerak dan olah pukul yang serta sikut yang keras. Keseluruhan dari ilmu serta seni di atas terangkum dan tertata secara apik melalui dimensi gerak, pukulan serta sikut yang keras yang merupakan ciri khas tersendiri yang membedakan ilmu bela diri “Beksi” dengan ilmu bela diri lainnya.



Jadi antara Wing chun dan Beksi memang ada kemiripan, wajar saja awalnya juga dari tanah seberang.

Dan kita juga tak bisa pungkiri banyak budaya betawi adopsi dari banyaknya budaya negeri orang di masa lalu, begitulah wilayah betawi ini dengan adanya beksi menambah variasi jenis silat di Indonesia.



Semoga artikel ini menambah wawasan bagi kalian yang belum tahu adanya budaya tionghoa di ranah betawi, monggo seruuupuutt dolo kawan...

emoticon-coffee



Referensi

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Silat_Beksi




anasabila
tien212700
tien212700 dan anasabila memberi reputasi
2
16.4K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan