fanssupersoccertvAvatar border
TS
fanssupersoccertv
Usia Cuma Sekadar Angka Bagi Buffon
emoticon-Bolaemoticon-Bola emoticon-Bola

Berapakah usia rata-rata pesepak bola saat harus gantung sepatu? Kebanyakan para pemain profesional akan mengakhiri kariernya di usia 35 hingga 37 tahun. Meskipun ada juga yang harus pensiun saat masih muda, karena beberapa alasan, cedera atau sakit, misalnya. Tapi sepertinya usia hanyalah berupa angka bagi sosok Gianluigi Buffon.



Pada 28 Januari lalu, kiper Juventus ini berulang tahun yang ke-40. Lalu apakah Buffon memberikan tanda jika dia akan pensiun? Ternyata tidak. Bahkan dalam beberapa wawancara dengan media, Buffon mengaku masih ingin bermain paling tidak dua tahun lagi.

Buffon membuat debut profesionalnya saat masih berusia 17 tahun bersama Parma. Debut Buffon muda pun berjalan sangat baik. Melawan juara bertahan Serie A, AC Milan, Buffon mampu menjaga gawangnya dari kebobolan. Padahal ketika itu Buffon harus melawan deretan penyerang kelas dunia seperti George Weah dan Roberto Baggio.

Ada satu hal menarik di balik karier Buffon sebagai penjaga gawang nomor wahid. Ternyata, kiper bukanlah posisi Buffon saat masih menimba ilmu di tim junior Parma, melaikan seorang gelandang. Tapi suatu kali semua kiper tim junior Parma mengalami cedera, Buffon yang memiliki postur cukup mumpuni, ditunjuk untuk mengawal gawang.



Sudah bermain selama kurang lebih 23 tahun, sangat banyak penyelamatan-penyelamatan gemilang yang dilakukan oleh pria kelahiran Carrara ini. Salah satunya mungkin saat dirinya menepis sundulan Filippo Inzaghi pada partai final Liga Champions 2002-03. Meskipun ketika itu Buffon dan Juventus harus kalah dari AC Milan melalui babak adu penalti.

Buffon muda yang tampil apik bersama Parma mendapat kepercayaan untuk mengisi skuat di Tim Nasional Italia. Kemudian kesempatan untuk bermain untuk Gli Azzurri benar-benar datang pada Oktober 1997. Di laga play-off Piala Dunia, Buffon masuk menggantikan Gianluga Pagliuca saat bertamu ke markas Rusia. Di laga itu, Italia bermain imbang 1-1.

Setelah era Pagliuca dan Francesco Toldo, praktis pos penjaga gawang Timnas Italia menjadi milik Buffon. Tercatat sejak Piala Dunia 2002, semua turnamen besar yang diikuti Italia, akan ada nama Buffon di bawah mistar gawang. Dan puncaknya, Buffon berhasil mengantar Italia menjadi Juara Dunia pada 2006.



Selain kemampuan saat menjaga gawang, satu hal lagi yang patut dicontoh dari sosok Buffon, yakni kesetiaan. Bukti nyatanya terlihat ketika Juventus harus terdegdrasi ke Serie B karena kasus Calciopoli. Di saat para pemain lain memilih untung hengkang dari Juventus, Buffon bersama beberapa legenda klub lainnya memilih untuk setia bersama Si Nyonya Tua.

Dengan usia yang sudah tak lagi muda, Buffon sudah memiliki sederet gelar bergengsi. Namun hanya satu yang kurang, yakni trofi Liga Champions. Tiga kali tampil di final, tiga kali pula Buffon harus rela melihat Trofi Si Kuping Besar diangkat oleh kapten tim lawan.

Tahun ini, Buffon masih memiliki kesempatan untuk menjuarai Liga Champions dan juga berjuang untuk menggondol gelar Serie A ketujuh secara beruntun, atau ke-31. Agan Sista bisa menyaksikan perjuangan Buffon di setiap pekan dengan berlangganan SuperSoccer TV. Kalian bisa menyaksikan aksi Buffon, baik di Serie A dan Liga Champions

0
6.4K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan