CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a31cc1d89b0916148b4569/clean-anda-bertanya-sufisalik-menjawab---part-1

[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 378 dari 511
Quote:


Jd poligami ini dibenci atau di cinta mas?
Quote:


Poligami adalah perintah Tuhan...ada Di Alquran...dan bukan budaya...


Gk usah loe dengerin,kata kata ngawur diaemoticon-Cape d...
Quote:


Sama-sama mas emoticon-Smilie

Quote:


“Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kimpoiilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kimpoiilah) seorang saja.”(QS. An-Nisa : 3)

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.”(QS. Ali Imran : 14)

Poligami adalah ujian keimanan baik bagi suami maupun bagi istri

Tidak akan suami mampu adil sampai cintanya hanya untuk-Nya

Dan hanya istri yang cintanya hanya untuk-Nya yang ikhlas dipoligami

Jika suami masih membagi cintanya maka ia belum bisa adil dan sebaiknya jangan berpoligami

Karena poligami adalah ujian untuk menguji apakah benar hanya Allah yang ada di hati suami maupun istri emoticon-Smilie




Quote:


yakin lo? emoticon-Cape d...
Quote:


Mau bagaimanapun manusia mustahil selalu berbuat adil, meskipun cuma 1 istri. Menurut gw ayat poligami tsb adalah perintah untuk berusaha adil sebaik2nya thd semua istri. Perlakuan tdk adil pasti trjdi, tp selalu diperbaiki & diusahakan sebauk2nya.

Semua memang ujian. Menikah juga ujian, tp menikah adalah ibadah, dan poligami adalah sunnah. Jadi secara teori poligami seharusnya semakin mendekatkan seseorang kpd Allah. Jika poligami justru menjauhkan seseorang dr Allah & membuat seseorang semakin cinta pada dunia dunia, maka untuk apa berpoligami?
kesan yg gue tangkep malah:

uclim yg keliatan taat = munafik/peres (palsu/dibuat buat)

muslim yg biasa aja = malah taat yg sebenarnya emoticon-Ngakak
Quote:

Biar Allah saja yg menilaiemoticon-Big Grin

Jawaban sudah diberikan rimung.
Skarang kita bersihkan hati kita, jiwa kita
Sehingga segala keputusan bukan didasari hawa napsuemoticon-Big Grin
payah cuma segitu doang emoticon-Ngakak
Poligami bukan perintah. Poligami itu adalah pilihan untuk melihat siapa yang takut akan peringatan Tuhan dan siapa yang tidak.

“Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kimpoiilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kimpoiilah) seorang saja.”(QS. An-Nisa:3)

“Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”. (QS. An-Nisaa:129)

Perintahnya:
Jika takut tidak mampu berlaku adil maka nikahi satu saja

Peringatannya:
kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian

Implikasinya sudah jelas.
Al-Qur'an sudah memperingatkan bahwa kita tidak akan mampu berlaku adil, sehingga orang yang memperhatikan peringatan ini akan menikahi satu saja.

Orang yang berpoligami adalah satu di antara yang berikut:
1. Orang bodoh/orang yang tidak tahu mengenai peringatan Allah di An-Nisaa 129.
2. Orang lalai yang tahu mengenai peringatan Allah di An-Nisaa 129 tapi memilih untuk mengabaikannya

Apabila ada orang bodoh atau lalai yang sudah terlanjur poligami, tapi kemudian datang pengetahuan/ketaatan kepadanya, maka perintahnya adalah bukan untuk untuk menceraikan istri-istrinya sampai tersisa satu, tapi perintahnya adalah:
- berusaha semampunya untuk tidak terlalu cenderung kepada salah satu
- untuk senantiasa mengadakan perbaikan, karena sudah terlanjur terjadi kerusakan akibat ketidakadilan yang sudah pasti terjadi dalam poligami
- memelihara diri, jangan berbuat kerusakan yang lebih besar (menambah istri lagi berarti menambah potensi berlakunya ketidakadilan)

Tidak ada perintah Tuhan untuk poligami bagi yang belum berpoligami.

Silakan bawa ke ABQM kalo mau diskusi lebih jauh.

Quote:


Diubah oleh jf00112
dopost.
Diubah oleh jf00112
Quote:


Intinya,poligami bukanlah budaya...

Dan,argumen ody tentang poligami adalah budaya...sebuah kesalahan fatal..sangat sangat fatal

Pantesan,nih trit sepi banget,cuma jd tempat rumpi bocah bocah.....

Penjawab nya aja gak bermutu....ilmu masih dikit,dah sok sok paling tau...paling suci emoticon-Najis
Quote:


berubah ubah omongan lo gue liat emoticon-Big Grin





baru juga mau gue katain mending jedotin lg jidat lo ke ubin siapa tau hilang ingatan soal jodoh supaya ga setres lg....

udah kabur aja tuh belatung nexflon emoticon-Ngakak
Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Lucu coeg emoticon-2 Jempol

Pinter lawak nih emoticon-Malu
Quote:

Nah lu utk apa berpoligami?emoticon-Smilie
Quote:

Lahh catatan sejarah memang menyatakan demikian kokemoticon-Bingung
Beristri banyak itu sudah menjadi budaya sejak jaman dahulu sebelum Muhammad datangemoticon-Embarrassment

Itu sejarah peradaban manusia di planet bumi ya
Ndak tau kalo lu ternyata hidup di planet namecemoticon-Ngakak (S)
Quote:

Dan,poligami tetap eksis...karena ada di AlQuran...dan,AlQuran,jelas bukan budaya...

Macem,naik unta,pake sorban,pake cadar dll


Dalam Islam
Itu bukan budaya...tp,pilihan dan perintah...

Itulah kesalahan loe
Quote:

Sebelum Alquran turun, laki2 beristri banyak sudah terjadi belum?
Atau baru terjadi setelah alquran turun?

A. Sudah
B. Belum

Jawab yg tegas yaemoticon-Big Grin
Quote:

sudah...

jadi....?
Quote:

Lah ya sudah berarti itu artinya poligami. memang budaya yg telah mengakar sejak jaman dahulu kala.

Alquran turun MENGAKULTURISASI budaya yg telah mengakar kuat tsb tapi memberikan rambu2 dan arahan, misal:
1. Arahan utk punya 1 bini aja karena manusia ndak mungkin utk adil
2. Kalopun berpoligami jangan banyak2 deh, maks 4
3. Kalopun terlanjur berpoligami ya sudah jangan nambah2 terus deh PELIHARALAH DIRI

ini sama saja seperti perbudakan.
Sudah menjadi budaya yg mengakar. Alquran MENGAKULTURISASI budaya tsb dengan memberi arahan dan rambu2.
BUKAN ARTINYA ISLAM PERINTAHIN PERBUDAKAN KARENA ADA DLM ALQURAN

lantas poinnya apa yg ingin gw sampaikan?
Bahwa model dakwah rasulullah itu penuh hikmah dan juga MENGAKULTURISASI budaya setempat agar menjadi lebih baik secara BERTAHAP. Bukan main salah2in orang, porak porandakan tempat dan main tebas2 ajaemoticon-Leh Uga

Itu kalo lu sanggup menarik benang merah dari apa yg didebatkan
Kalo ndak sanggup yo weis lahemoticon-Big Grin
Quote:


budaya,seorang bapak menikahi anak tiri adalah sebuah aib....

di tepis dengan tegas oleh Allah...

Dan (ingatlah), ketika kamu berkata kepada orang yang Allah telah melimpahkan ni`mat kepadanya dan kamu (juga) telah memberi ni`mat kepadanya: “Tahanlah terus isterimu dan bertakwalah kepada Allah”, sedang kamu menyembunyikan di dalam hatimu apa yang Allah akan menyatakannya, dan kamu takut kepada manusia, sedang Allah-lah yang lebih berhak untuk kamu takuti. Maka tatkala Zaid telah mengakhiri keperluan terhadap istrinya (menceraikannya), Kami kimpoikan kamu dengan dia supaya tidak ada keberatan bagi orang mu`min untuk (mengawini) isteri-isteri anak-anak angkat mereka, apabila anak-anak angkat itu telah menyelesaikan keperluannya daripada isterinya. Dan adalah ketetapan Allah itu pasti terjadi.
Al-Ahzab:37

lalu,tentang WANITA YANG DALAM Budaya ARAB DIANGGAP SAMPAH...

di muliakan oleh Islam...


ITU SEMUA BUKAN AKULTURASI....TP SECARA TEGAS DI ATUR....
Diubah oleh coegshot
Halaman 378 dari 511
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di