c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Supersaurus, Hewan Terbesar Di Bumi ??.


Hewan paling besar di muka bumi ini adalah para Dinosaurus, dan yang memiliki bobot yang paling besar adalah Supersaurus.



Supersaurus sendiri adalah sejenis sauropoda diplodocid yang hidup di Amerika Utara dan Portugal selama akhir Periode Jurasik.Ia merupakan salah satu jenis dinosaurus sekaligus vertebrata .terbesar yang diketahui hingga kini, bersama dengan Argentinosaurus, Mamenchisaurus, Diplodocus, dan Futalognkosaurus.



Bahkan Anatomi Supersaurus memiliki kemiripan dengan Apatosaurus dan Brontosaurus, namun dengan tulang leher yang kurang kekar tetapi lebih memanjang, membuatnya menjadi salah satu sauropoda yang memiliki leher paling panjang, dimasa kini mungkin seperti jerapah.



Perlu di ketahui bagi kalian dalam studi fosil dinosaurus terbesar, Supersaurus, ternyata hewan purba berleher panjang ini memiliki kantung udara di dalam tulang mereka. Keberadaan kantung ini meringankan bobot mereka serta menjaga tubuh runtuh seiring pertumbuhan tubuh mereka yang kian meraksasa.

Ya spesies terbesar dari Supersaurus yang bobotnya setara 45 ton atau setara 7 gajah Afrika ini, juga punya kemiripan lain dengan burung. Supersaurus punya paru-paru yang sangat efisien, sehingga pernafasan dan perubahan panas hewan ini bisa lebih baik dan pada akhirnya mendukung pertumbuhan tubuh raksasa mereka.



Selain itu, dikutip dari Viegas, hewan purba yang bertelur dan bisa mereproduksi dengan relatif cepat telah menguntungkan hewan purba ini untuk bertumbuh kian raksasa.

Saat ini ukuran tubuh hewan modern memang makin mengecil dibanding hewan purba, tapi masih ada hewan modern yang tubuhnya setara bahkan melebihi dinosaurus. Nah hal ini dikutip dari Switek, hewan yang dimaksud yakni paus biru yang panjangnya bisa mencapai 27 sampai 29,8 meter, dan bobotnya bisa melebihi Supersaurus, yakni bisa mencapai 150 ton.

Paus biru itu hidup dengan koloni kecil dan mengikuti arus dalam air, hal ini tentunya menguntungkan buat paus biru. yakni meningkatkan daya apung mereka. Kondisi inilah yang berkontribusi membuat paus biru bisa mengalahkan ukuran Supersaurus, dan hewan purba itu bukanlah hewan terbesar yang ada di muka bumi.



Paus biru ini sungguh menakjubkan. Walaupun mempunyai bobot yang besar, paus biru masih bisa menyelam ke dasar laut hingga kedalaman 1000 meter lalu muncul lagi ke permukaan untuk bernapas, karena ikan paus memiliki rongga dan berbeda pada ikan pada umumnya.

Bahkan kenapa paus biru dapat membesar hingga melebihi dinosaurus, para peneliti masih belum yakin sebabnya, tapi mereka meyakini secara pasti bahwa sebesar apapun dinosaurus di masa lalu, mereka tak pernah mencapai ukuran sebesar paus biru. Karena inilah makhluk paling besar yang pernah hidup di planet bumi, merupakan raksasa yang kasat mata dan termasuk hewan mamalia dan menyusui dan masih hidup hingga saat ini.



Namun secara akal dan nalar secara logika, alasan penting mengapa paus biru bisa mencapai ukuran besar adalah mereka mempunyai ruang hidup yang besar dan luas, lautan memang kawasan yang besar untuk bergerak dan menjelajah. Lebih dari 70% planet bumi terdiri dari lautan, dan salah satu mahluk bumi terbesar ada di lautan dan bumi ini.

Masihkah kita sombong terhadap kehidupan ?? Masih banyak hal yang tak diketahui tentang mahluk di lautan oleh manusia, bahkan hewan-hewan terdalam yang berada di sana.

Bagaimana menurutmu kawan ?? Serupuutt dolo gan...

emoticon-coffee



Referensi

Berbagai sumber.

https://juaranews.com/berita/15700/16/06/2016/paus-biru-raksasa-purba-yang-masih-ada






Diubah oleh c4punk1950... 13-02-2018 02:28
0
29.8K
150
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan