Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nyairaraAvatar border
TS
nyairara
Memperlambat Perizinan, Jokowi Jengkel: Kalau ada Saya Gaplok


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Presiden Joko Widodo menceritakan kejengkelannya terkait ‎proses Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), yang memakan waktu hingga hitungan minggu.
Hal tersebut disampaikan Jokowi saat peresmian pembukaan rapat kerja kepala perwakilan RI dengan Kementerian Luar Negeri‎, dimana saat itu dirinya masih menjadi Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta.
‎"SIUP itu hanya 1 lembar, nama, alamat, modal, nama perusahaan, gitu aja, saya cek langsung ke kantor perizinan, coba saya minta SIUP, tidak sampai 5 menit," tutur Jokowi, Jakarta, Senin (12/2/2018).
"‎Lah kok bisa hitungan minggu, kenapa? Yang di sini cepet pak, yang tandatangan yang bikin lama, bisa dua minggu, saya naik ke atas, saya cari kepala kantornya, saya naik ke lantai 3, untuk tidak ada (kepala kantor), kalau ada saya gaplok, jengkel sekali," kata Jokowi.
Proses perizinan yang cepat harus dilakukan disetiap instansi pemerintah pusat maupun daerah, terlebih saat ini Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sudah menerapkan satu pintu dan hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk beberapa izin.
"Dulu BKPM bisa bertahun-tahun, berbulan-bulan, nyata‎nya sekarang bisa 3 jam jadi 9 izin, nyatanya bisa tapi harus diinjak dulu dan dikontrol terus biar jadi kebiasaan," papar Jokowi.
‎Selain itu, Jokowi pun minta kepala perwakilan Indonesia untuk mempercepat administrasi perizinan bagi warga negara Indonesia yang berada di luar negeri.
"‎Saya masih dapat keluhan dari WNI kita di luar negeri, jangan sampai ngurus-ngurus izin yang berkaitan dengan visa atau paspor, jangan sampai ngurus itu pakai yang namanya minggu apalagi bulan, udah tidak zaman," ujar Jokowi.

emoticon-Motret emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss

Awas lho pak, bisa dilengserkan bapak kalo keras-keras sama aparat emoticon-Marah emoticon-Marah
0
1.9K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan